Traveling tentu akan terasa semakin menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan, bukan? Merencanakan jalan-jalan ke tempat yang anti-mainstream nyatanya juga membuat hati ikut bahagia. Apakah kamu sudah siap berlibur bersama pasanganmu?

Yuk, intip bagaimana tips travelling bersama pasangan supaya kamu tetap produktif sambil menikmati keindahan alam. Berikut ini checklist yang perlu kamu siapkan sejak sekarang.

1. Diskusikan Rencana Perjalanan Dengan Rinci

Pasangan akan merasa tidak dihargai saat semua keputusan diambil sendiri. Misalnya kamu mengadakan rencana liburan ke suatu tempat, namun ia tidak mengetahui hal tersebut. Alangkah lebih baik kalau diskusikan rencana perjalanan dengan rinci hal apa saja yang menjadi pertimbangan.

Mulai dari perlengkapan pribadi, budget, lama hari, destinasi, penginapan, dan banyak hal lainnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa membawa vacuum bag untuk menaruh pakaian kotor, sehingga tidak tercampur dengan baju yang masih bersih. Kamu bisa mengenakan pakaian ganti dengan penuh percaya diri.

2. Menentukan Destinasi

Menentukan destinasi wisata merupakan bagian terpenting dalam perencanaan kamu bersama suami/istri, kerabat, saudara, sahabat, atau partner kerja. Agar bisa mengabadikan moment liburan yang sebenarnya. Apalagi kalau membagikan kepada orang-orang tersayang.

Jika salah satu pasangan tidak menyukai kedua tempat yang didiskusikan, maka kamu bisa memilih wisata dengan alam bebas. Karena kalau pasangan seorang pekerja kantoran yang hampir setiap hari berteman dengan polutan, pasti membutuhkan solusi refreshing yang oke banget. Mungkin, tempat rekreasi yang cocok buat kamu, yaitu mengeksplore alam bebas.

3. Mengatur Waktu Perjalanan

Mengatur waktu perjalanan adalah salah satu tips travelling bersama pasangan yang akan menjadi inspirasi keluarga harmonis. Kamu harus memikirkan waktu luang bersama dia agar memiliki jadwal perjalanan yang tepat.

Misalnya, kamu bisa menambahkan ke dalam list daily saat weekend sebagai moment refreshing di taman wisata dekat rumah. Karena mempunyai waktu yang terbatas. Namun, saat liburan sekolah, memanfaatkan jadwal panjang tersebut untuk plesiran ke tempat yang jauh dan menyenangkan.

4. Packing Bersama-Sama

Jika kamu memutuskan berwisata bersama pasangan, perlengkapan pribadi yang akan dibawa sangat banyak. Namun, ada beberapa cara packing bersama-sama secara efektif, yaitu:

  • Catat barang apa saja yang akan kamu bawa bersama pasangan karena hal ini membantu mengecek seusai dari tempat liburan. Apalagi kalau kamu merupakan orang yang pelupa.
  • Ransel atau koper menjadi pilihan untuk menentukan berapa hari di tempat wisata.
  • Saat memasukan baju ganti yang multifungsi, kamu bisa menggulungnya.

Kamu juga wajib membawa barang yang sangat penting dalam perjalanan bersama pasangan. Seperti ponsel, kamera digital, travel bag berisi make up atau dokumen penting, peralatan sekaligus perlengkapan mandi yang mini, dan adaptor universal.

5. Merancang Itinerary Bersama

Merancang itinerary bersama sangat dibutuhkan agar liburan kamu sukses. Itinerary yaitu rancangan kegiatan dan total biaya selama perjalanan ke tempat wisata. Sehingga daftar destinasi, lama liburan, akomodasi yang tepat, kendaraan, makanan yang akan dicicip dan lain sebagainya menjadi lebih rapi.

Kamu harus mencari informasi yang sudah masuk itinerary sedetail mungkin. Karena akan membantu menyesuaikan tabungan liburan yang ada. Cara membuatnya, menggunakan print out dan soft file yang tersimpan di email. Sehingga, data perjalanan tersimpan dengan aman.

6. Merencanakan Budget Dan Terbuka Pada Ketersediaan Budget

Tabungan khusus untuk liburan menjadi keutamaan tips travelling bersama pasangan dengan jangka waktu yang panjang. Kamu juga bebas menentukan tempat yang paling diburu banyak wisatawan. Sehingga berswafoto dengan latar tempat rekreasi sangat menyenangkan.

Kamu harus merencanakan budget dan terbuka pada ketersediaan budget untuk menghindari konflik dengan pasangan. Mulai dari biaya transportasi, makanan, hotel, oleh-oleh, dan lainnya. Sehingga komunikasi untuk membagi uang pengeluaran dan pemasukan bisa teratur dengan baik. Bagaimana, siap mendiskusikan budget liburan bersama pasanganmu sekarang?

7. Mencari Akomodasi Yang Sesuai Dengan Budget

Mencari akomodasi yang sesuai dengan budget akan memudahkan perjalanan ke tempat yang kamu sukai. Terkadang, para penikmat liburan tidak mengetahui harga transportasi dan penginapan, justru kehabisan uang saat perjalanan. Lalu meminjam teman melalui chatting untuk meminjam biaya. Tidak ingin hal buruk seperti itu terjadi, bukan?

Beberapa aplikasi tour and travel menyediakan layanan yang seimbang. Misalnya, salah satu wisata pelabuhan di Tanah Air memberikan harga akomodasi di bawah satu juta rupiah. Karena penginapan yang bergaya homestay memang memiliki tarif sangat terjangkau.

Bahkan, destinasi yang disediakan terkesan sangat mewah. Seolah-olah alam yang sedang dinikmati milik kamu bersama pasangan. Atau, memilih penginapan di dalam kapal selayaknya beristirahat di hotel berbintang lima. Namun, terpenting dalam menentukan penginapan, harus sesuai antara harga dan tempat pelayanan jasa.

8. Mempersiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Jika kamu dan pasangan ingin liburan ke luar negeri maupun luar pulau, harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Khususnya dokumen visa sangat penting menjadi tanda bahwa kamu masuk ke negara lain secara resmi.

Cara membuat visa pun cukup mudah, paspor, foto dua lembar, tiket pesawat, print out penginapan selama berlibur, lampiran itinerary, dan lain sebagainya. Namun, masing-masing negara tujuan wisata memiliki persyaratan yang berbeda.

Sama halnya kamu berlibur ke luar pulau selama beberapa hari, harus membawa kartu identitas, kartu debit dan kredit, surat konfirmasi daerah tempat wisata kepada pemerintah setempat. Biasanya, orang asing yang menginap di rumah saudara pada daerah tertentu harus lapor kepada perangkat desa untuk keamanan.

Kecuali, kamu melakukan perjalanan bersama pasangan dan menginap di hotel, hanya membutuhkan kartu identitas asli dan kartu debit. Karena pihak penginapan sudah mendata identitas secara jelas.

9. Gunakan Paket Liburan

Gunakan paket liburan untuk menghemat budget hingga enam puluh persen. Salah satu agen perjalanan, menawarkan paket wisata romantis ke Korea Selatan. Sangat cocok untuk pasangan muda yang baru menjalani rumah tangga. Biasanya, paket tersebut memberikan fasilitas cukup lengkap. Seperti, berbagai macam olahraga air di sekitar pantai.

Paket tersebut sudah dilengkapi beberapa wisata dari agen, jadi kamu tidak akan terlalu bingung menentukan lokasi yang tepat. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan biaya hotel dan tiket pesawat untuk liburan ke luar negeri, karena sudah satu paket.

Tentu saja ada paket spesial untuk honeymoon di aplikasi tertentu. Selain itu, ada beragam pilihan wisata yang menarik, sekaligus praktis. Transportasi udara yang profesional membuat kamu merasa aman dan nyaman.

Mengapa masih berpikir panjang untuk menentukan jadwal keberangkat buat liburan? Toh, tips travelling bersama pasangan akan membantu kamu menyiapkan kebutuhan secara tepat. Membagikan momen bahagia atau buruk selama wisata kepada orang-orang sekitar melalui unggahan foto di sosial media. Sehingga, mereka ikut merasakan kebahagiaan yang sebenarnya.

Bagaimana, sudah bersiap melakukan checklist traveling di atas?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments