Rekomendasi liburan anak dan keluarga di Bandung ini bisa membantu kamu memilih tempat wisata terbaik. Bagi beberapa keluarga, merencanakan liburan bersama sekali dalam setahun merupakan suatu kewajiban. Mau liburan ke pantai, kebun binatang atau bahkan ke luar kota tidak jadi persoalan asalkan semua direncanakan sematang mungkin dari jauh-jauh hari. Dan Bandung adalah salah satu pilihan terbaik tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Apalagi dengan beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut ini.

 

Daftar rekomendasi liburan anak dan keluarga di Bandung

1. Trans Studio Bandung

Hampir semua anak-anak suka sekali pergi ke Dufan, alternatif tempat hiburan yang sama dengan Dufan di Bandung adalah Trans Studio Bandung. Anak-anak bisa mencoba beberapa wahana dan melihat pertunjukkan yang sengaja disiapkan pengelola.

Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park terpopuler dan terbesar di dunia. Tempat wisata ini resmi dibuka Juni 2011 lalu. Luas lahannya mencapai 4.2 hektar yang kemudian menjelma menjadi taman hiburan dengan fasilitas paling komplit di Bandung.

Tempat ini sangat strategis, bisa dijangkau dengan mudah dari jantung kota Bandung. Dan tidak jauh dari taman hiburannya, kamu bisa mengunjungi Trans Studio Mall.

Lantas, apa saja wahana dan zona permainan yang ditawarkan oleh Trans Studio Bandung?

  • Studio central yang meliputi dunia anak, super heroes 4D the rides, sibolang the rides, Yamaha racing coaster dan lainnya.
  • The lost city meliputi empat atraksi kong climb, amphitheater, sky pirates dan jelajah.
  • Zona magic corner yang menyuguhkan 6 atraksi menarik termasuk pulau liliput, negeri raksasa, dragon raiders dan lainnya.

 

2. Kebun Binatang Bandung

Sebenarnya tidak sulit sama sekali menemukan satu atau dua tempat wisata hiburan keluarga yang cocok untuk anak-anak. Sebut saja kebun binatang ini, di sini ada banyak binatang yang bisa dilihat oleh anak-anak. Jadi, selain mengajak anak liburan orang tua bisa sekalian mengedukasi anak dengan mengenal nama-nama dan rupa hewan. Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Bandung sangat terjangkau bahkan untuk anak di bawah umur 3 tahun bebas biaya.

Tidak hanya melihat binatang, di sini juga tersedia wahana lain termasuk flying fox, kolam perahu dan taman bermain. Selain itu juga terdapat beberapa atraksi menarik dari hewan-hewan yang ada. Di kebun binatang ini sendiri mengoleksi kurang lebih 800 jenis satwa dan beberapa diantaranya bahkan merupakan satwa yang dilindungi. Inilah sebabnya kebun binatang Bandung menjadi tempat perlindungan dan pusat pelestarian aneka macam satwa.

3. Taman Superhero

Setiap anak memiliki dunia fantasi yang sama yakni ingin menjadi seorang superhero. Di Taman Superhero, kamu bisa mewujudkan impian si kecil dengan melihat potret para superhero dari dekat.

Berdasarkan sejarahnya, taman ini merupakan hasil revitalisasi dari megaproyek Pariwisata Bandung yang dipimpin langsung eksekusinya oleh Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Walikota Bandung. Dahulu sebelum direvitalisasi dan menjadi Taman Superhero, taman ini lebih populer sebagai Taman Anggrek. Sayangnya Taman Anggrek tidak diurus dengan baik sehingga tampak tidak terawat bahkan terkesan angker.

Lalu, apa saja superhero yang terdapat di Taman Superhero ini? Sangat banyak, anak-anak bisa melihat Batman, Superman, Spiderman dan Gatot Kaca. Untuk orang dewasa dan remaja, bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis dan perpustakaan atau mengajak anak belajar membaca setelah puas melihat ikon superhero.

4. Alun-alun Kota Bandung

Setiap berkunjung ke kota tertentu, tempat pertama yang dikunjungi biasanya adalah alun-alun tidak terkecuali saat liburan ke Bandung. Alun-alun Bandung berada sangat dekat dari Braga City Walk dan Masjid Raya Bandung.

Sebagai alternatif tempat hiburan, Alun-Alun Bandung disulap menjadi sangat menarik. Tak tanggung-tanggung pemerintah Bandung bahkan melakukan revitalisasi untuk mengubah alun-alun yang tak terurus menjadi bagus dan indah dengan rumput sintesis. Mau mengunjungi Alun-alun Kota Bandung pagi, sore atau malam hari semuanya sama bagusnya. Keindahan pemandangan lampu warna-warni menghiasi wajah alun-alun saat malam hari.

5. Kampung Gajah

Membawa anak-anak liburan ke Bandung bisa ke mana saja salah satunya adalah Kampung Gajah. Tempat wisata ini termasuk yang paling strategis di Bandung. Hadir dengan konsep hiburan lengkap dengan menyajikan lebih dari 20 wahana.

Nikmati petualangan seru dengan melakukan berbagai atraksi dan atraksi yang menantang adrenalin seperti mini ATV, horse riding, formula karta dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau bahkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Tempatnya juga sangat mudah untuk ditemukan.

6. Saung Angklung Udjo

Bermain angklung bukan hanya disukai oleh orang dewasa, anak-anak pun sangat menyukainya. Di Bandung, ada satu tempat terbaik yang bisa kamu tuju bila ingin belajar angklung atau melihat atraksi permainan angklung profesional yakni Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo memiliki visi dan misi untuk mengedukasi dan mengenalkan budaya secara lengkap. Tempat ini menghadirkan arena pertunjukkan, workshop khusus alat musik yang dibuat dari bambu dan pusat kerajinan bambu.

Melalui Saung Angklung Udjo, kamu bisa memperkenalkan angklung pada anak-anak sekaligus membantu mengembangkan dan melestarikan kebudayaan sunda. Bila anak tertarik untuk bermain angklung, tidak ada salahnya untuk menyalurkan minat mereka dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan.

7. Upside Down World

Bila yang kamu pikirkan adalah tempat rekreasi keluarga yang modern dan unik maka tempat ini akan menjadi pilihan yang tepat. Kehadiran Upside Down World sebenarnya bukan hanya berada di Bandung saja, beberapa kota lain turut menawarkan konsep hiburan yang sama.

Namun di Upside Down World Bandung, ada banyak ruangan unik dan menarik yang bisa kamu eksplorasi. Bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya, kamu bisa mengambil banyak foto yang menarik. Karena konsep utamanya saja sudah unik maka hasil foto yang dihasilkan akan sama uniknya.

Tempat wisata ini berada di Jalan H. Wasid No. 31, Kota Bandung, Lebakgede, Coblong, 40132. Untuk harga tiket masuknya memang tidak bisa dibilang murah mulai dari Rp. 50 ribu/ anak dan Rp. 100 ribu/ per orang dewasa.

Tapi pengalaman yang akan didapatkan dari mengunjungi Upside Down World Bandung tidak akan pernah terlupakan di benak anak-anak. Mereka merasa telah mendapatkan pengalaman dan dunia baru saat memasuki ruangan demi ruangan di sana.

8. Gedung Sate

Masing-masing bangunan memiliki histori, termasuk Gedung Sate Bandung. Gedung ini merupakan gedung peninggalan dari masa penjajahan Hindia Belanda yang menjadi identitas dari beberapa gedung di Kota Bandung.

Arsitek yang membangun Gedung Sate adalah Ir. J. Gerber yang bekerja sama dengan sang maestro yakni Dr. Hendrik Petrus Berlage seorang arsitek populer asal Belanda. Saat ini, Gedung Sate masih dipertahankan ciri khas bangunannya.

Bahkan beberapa arsitek modern menilai jika gaya arsitektur Gedung Sate sangat anggun dan mengandung unsur-unsur monumental. Bila diperhatikan lebih seksama, bangunannya memang mengadaptasi gaya Indonesia-Eropa.

Mereka yang sepakat menanggap Gedung Sate merupakan bangunan anggun dan menarik di antara adalah Jan Wittenberg dan Cor Pashier. Keduanya sama-sama arsitek berkebangsaan Belanda. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk mengusulkan nama Gedung Sate sebagai salah satu rekomendasi tujuan wisata keluarga selama di Bandung.

9. Taman Lalu Lintas

 

Mengenal tokoh masa lalu Ade Irma Suryani? Selain dikenal sebagai Taman Lalu Lintas, taman ini sering pula disebut sebagai Taman Ade Irma Suryani. Taman rekreasi ini memiliki sejumlah keunikan yang membuatnya selalu dipadati pengunjung terutama di weekend dan hari libur nasional.

Selain menawarkan edukasi lalu lintas, Taman Lalu Lintas juga menawarkan layanan naik kereta api, rumah pohon, kolam renang dan masih banyak lagi. Jadi setelah mengedukasi anak-anak terkait lalu lintas, kamu bisa mengajak mereka untuk piknik atau bahkan bermain.  Serunya lagi, tiket masuk ke Taman Lalu Lintas sangat terjangkau. Untuk masing-masing atraksi, kita hanya perlu membayar minimal Rp 5.000,-.

 

 

Agar liburan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, kamu membutuhkan tempat hiburan keluarga yang terbaik. Bila tidak memiliki ide sama sekali, 9 rekomendasi liburan anak dan keluarga di Bandung yang sudah kami berikan di atas akan menjadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp