Sekarang ini travelling atau berliur sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Selain untuk menghilangkan penat, menjauh dari hingar bingar kegiatan travelling memberikan banyak manfaat, seperti mendapatkan pengalaman baru, mendapatkan teman baru, mengetahui perilaku dan budaya masyarakat setempat, menambah wawasan.

Perlengkapan liburan setiap orang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tapi ada beberapa persiapan dan perlengkapan travelling yang sifatnya wajib dibawa. Misalnya, tas ransel atau koper, pakaian, perlengkapan mandi, dan sejenisnya.

Berikut ini beberapa tips persiapan travelling atau travel check list agar perjalanan mu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Menentukan Jadwal Travelling Dan Packing

Persiapan pertama yang tidak boleh tidak adalah menentukan jadwal travelling. Pilihlah waktu yang tepat sesuai dengan jadwal kamu. Namun sebaiknya hindari travelling saat high season dan peak season karena biasanya harga tiket perjalanan, akomodasi, hotel menjadi lebih mahal.

Travelling yang nyaman dimulai dari persiapan/packing yang sempurna. Jika kamu sudah menentukan jadwal keberangkatan, tentukan juga waktu untuk packing. Jangan packing di waktu yang berdekatan (mepet) dengan jadwal berangkat.

Butuh waktu untuk packing agar tidak terburu-buru dan tidak ada barang penting yang tertinggal. Packing pun ada seninya. Seperti mengemas dan menyimpan barang-barang agar menjadi lebih efisien. Misalnya teknik melipat pakaian yang diselang-seling dengan baju lain bisa dipilih selain digulung. Simpan barang yang paling dibutuhkan di bagian atas ransel atau koper.

Manfaatkan ruang kosong tas untuk menyimpan benda kecil. Atau kamu bisa memanfaatkan barang kecil di dalam sepatu. Cek ulang travel check list  apa saja yang sudah ada dan belum disiapkan. Jangan simpan barang berharga, seperti: uang, smartphone, dokumen di dalam tas yang akan masuk ke dalam bagasi. Gunakan tas selempang kecil yang bisa dibawa ke manapun untuk menyimpan benda-benda tersebut.

2. Destinasi Yang Akan Dikunjungi

Sebelum berangkat, buatlah Itinerary atau daftar perjalanan terlebih dahulu agar lebih efisien dan terarah. Cobalah susun tempat destinasi yang akan dikunjungi, berapa hari/minggu waktu liburan dan berapa banyak destinasi yang akan kamu kunjungi.

Destinasi wisata yang lokasinya berdekatan bisa dibuat daftar terpisah agar bisa dikunjungi sekalian. Jangan lupa susun rute dari satu tempat destinasi ke tempat yang lain secara berurutan. Hal ini membantu melakukan perjalanan secara terarah dan tidak bolak-balik.

3. Nomor Penting Mengenai Destinasi

Nomor telepon destinasi dan no darurat sangat penting dan harus disimpan di kontak handphone mu. Nomor-nomor tersebut bisa dihubungi untuk meminta bantuan atau pertolongan jika terjadi hal-hal darurat. Misalnya: terjadi bencana alam, kecelakaan, kebakaran, atau tiba-tiba pingsan di jalan.

Selain tempat destinasi, catat juga nomor tempat kamu menginap, rumah sakit, kantor polisi, keluarga atau orang terdekat. Jangan hanya mencatatnya di handphone saja, tulis juga di kertas/note yang kamu bawa. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka orang lain yang menolong bisa menghubungi nomor kontak keluarga atau orang terdekat.

4. Perlengkapan Mandi Dan Sanitasi

Biasanya perlengkapan mandi sudah disediakan di hotel/ penginapan. Tapi jika kamu lebih nyaman menggunakan perlengkapan mandi milik pribadi, tidak ada salahnya dibawa. Apalagi biasanya produk mandi cocok-cocokan. Berikut ini daftar perlengkapan mandi yang harus disiapkan:

  • Sabun mandi
  • Sikat gigi
  • Pasta gigi
  • Deodoran
  • Sampo/conditioner
  • Pembersih wajah
  • Sisir dan peralatan makeup (bagi wanita)
  • Handuk kecil
  • Lotion/tabir surya

Jangan lupa bawa pakaian secukupnya dan sesuai dengan cuaca di tempat tujuan. Gunakan juga alas kaki yang cocok.

5. Perangkat Elektronik (Travel Charger, Headset, Atau Powerbank)

Perlengkapan berikutnya yang tidak boleh sampai lupa terbawa adalah perlengkapan elektronik, seperti handphone, charger, powerbank, kamera dan headset. Buat kamu yang tidak memiliki kamera, jangan khawatir kamu bisa mendokumentasikan momen selama travelling menggunakan handphone yang dilengkapi kamera. Tapi sebelumnya simpan atau hapus data-data agar memorimu tidak penuh. Gunakan juga memori tambahan dengan kapasitas yang mumpuni.

Handphone menjadi benda yang esensial selama travelling, tapi tidak akan berguna jika kehabisan baterai. Untuk menjaga baterai tetap penuh, siapkan powerbank untuk mengisi daya dimanapun dan kapanpun. Bawalah powerbank yang kapasitas listriknya cukup besar, sesuaikan juga dengan lamanya waktu melakukan travelling.

6. Uang Tunai Dan Kartu ATM/Kredit

Biasanya uang tunai menjadi masalah, terutama bagi kamu yang mengandalkan kartu untuk pembayaran. Namun destinasi tujuan ternyata mempengaruhi apakah sebaiknya membawa uang atau ATM. Jika kamu berlibur ke dalam negeri sebaiknya siapkan uang tunai agar tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM. Ingat tidak semua bisa menggunakan kartu kredit atau Debit. Apalagi jika tempat destinasi yang dikunjungi jauh atau tidak ada fasilitas mesin ATM tentu kamu akan repot.

Sedangkan jika kamu pergi ke luar negeri sebaiknya siapkan keduanya. Bawalah uang yang sudah ditukarkan dengan mata uang negara tujuan dan bawalah secukupnya. Uang tunai bisa kamu gunakan untuk makan dan transportasi, sedangkan kartu ATM bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

7. Obat Pribadi

Jangan abaikan jika kondisi tubuh tidak enak, karena kesehatan merupakan hal penting selama travelling. Siapkan pada waktu packing obat-obatan penting, seperti obat sakit kepala, obat flu, demam, masuk angin, kayu putih, obat merah dan obat-obatan pribadi jika kamu memiliki penyakit bawaan.

Jangan lupa bawa vitamin atau suplemen untuk menjaga kondisi tetap sehat dan bugar selama perjalanan.

8. Dokumen Mengenai Data Diri Dan Perjalanan

Travel check list berikutnya adalah menyiapkan dokumen data pribadi dan perjalanan, seperti SIM, KTP, Visa dan Paspor (jika mau travel ke luar negeri), tiket perjalanan, bukti sudah melakukan reservasi hotel dan dokumen penting lainnya. Jika perlu, buatlah salinan dan simpan di tempat terpisah. Atau scan terlebih dahulu dan simpan di drive.

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, jangan menyimpan dokumen penting di tas ransel atau koper. Simpanlah di tas selempang yang selalu kamu bawa ke manapun.

Poin Penting Lainnya

Nah setelah tiba waktu keberangkatan datanglah lebih awal ke bandara atau stasiun. Maksimal kamu harus sampai 1 atau 2 jam sebelum keberangkatan. Pertimbangkan waktu dan jarak ke bandara atau stasiun dan resiko terjebak kemacetan. Lebih baik menunggu dari pada terlambat.

Saat perjalanan atau di lokasi wisata, kamu bisa lakukan live tweet atau update status di akun media sosialmu. Beri keterangan lokasinya, hal ini dilakukan bukan tujuan pamer tapi penting terutama buat kamu yang travelling sendirian. Jika terjadi sesuatu atau kamu tidak bisa dihubungi, orang-orang terdekat tahu ke mana harus mencari. Bisa dengan cara memberi tahu anggota keluarga dan teman dekat ke mana kamu pergi.

Demikian informasi berupa tips travel check list, selama melakukan perjalanan berhati-hatilah dan nikmati setiap waktunya. Jika pembaca ada yang memiliki pengalaman seru atau menegangkan selama travelling bisa berbagi di sini. Dengan mengenai tips dan trik yang berhubungan dengan travelling yang mungkin belum seluruhnya kami bahas, yuk tuliskan saja di kolom komentar yang sudah kami sediakan ya.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments