Tiap kota memiliki jajanan kaki lima khas yang melegenda, bahkan bisnisnya telah dibangun sejak lama. Bertahannya jajanan kaki lima di zaman modern ini turut dirasakan oleh warga Jogja. Di kota pelajar ini terdapat banyak sekali jajanan kaki lima murah yang rasanya sangat lezat. Bahkan turis mancanegara pun tertarik untuk mencicipinya.

Daftar 7 jajanan kaki lima murah di Jogja

Kuliner di Jogja terkenal memiliki cita rasa manis, namun beberapa jajanan kaki lima ini juga menawarkan rasa gurih dan segar. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Lumpia Samijaya

Dari sekian banyak jajanan kaki lima yang direkomendasikan penduduk lokal adalah Lumpia Samijaya. Lumpia ini dibuat dengan isi dan rasa yang bervariasi seperti telur puyuh, bengkuang, ayam dan rebung. Pembeli bisa memilih isian yang sesuai dengan seleranya. Namun, lumpia yang paling populer adalah lumpia isi ayam.

Rasa lumpia yang gurih dan khas membuat Lumpia Samijaya sangat populer bahkan paling dicari terutama oleh wisatawan yang liburan di sekitar Jalan Malioboro. Selain dinikmati sebagai camilan, Lumpia Samijaya bisa dinikmati bersama nasi atau roti karena isiannya dibuat asin.

Meski sudah berdiri sejak 1970-an, rasa lumpia di tempat ini tidak berubah. Padahal bisnis ini telah dijalankan oleh generasi kedua. Penerus masih mempertahankan kesederhanaan dengan menggunakan gerobak sederhana untuk menjual lumpianya. Pembeli yang penasaran dengan lezatnya isi dan gurihnya rasa lumpia, bisa mengunjungi tempat ini sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

2. Onde Onde Gardena

Onde-onde merupakan jajanan kaki lima yang populer di seluruh nusantara terutama Jogja. Konsumen onde-onde yang sangat tinggi membuat beberapa orang tertarik untuk mengembangkan bisnis kuliner onde-onde. Salah satu yang paling terkenal adalah Onde Onde Gardena, disebut Gardena karena pedagang onde-onde berjualan tepat di pelataran Gardena Department Store.

Rasa onde-onde di tempat tersebut sangat lezat dengan isian kacang hijau lembut yang telah dihancurkan sampai lunak. Bila biasanya penjual onde-onde pelit untuk memberikan isian, di Onde Onde Gardena kamu akan mendapatkan isian kacang hijau yang sangat banyak. Taburan biji wijen di atasnya pun melimpah.

Bukan hanya terkenal lezat, onde-onde di Gardena juga populer karena harganya yang murah. Cukup jajan Rp 10.000 saja, kamu akan mendapatkan 5 onde-onde yang manis, gurih dan lezat di lidah. Onde-onde bisa dibawa pulang untuk dibagikan pada teman, keluarga atau disimpan di lemari es untuk dinikmati kembali.

3. Es Buah PK

Jajanan kaki lima istimewa ala Jogja berikutnya berada di Pakuningratan yang kemudian disingkat menjadi PK. Tempat ini sudah buka sejak sangat lama sekitar tahun 70-an. Tidak heran jika pelanggannya sangat banyak, baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Yang membedakan antara es buah lain dan Es Buah PK adalah cita rasanya. Di PK, mereka membuat sendiri sirupnya yang resepnya diracik oleh generasi pertama lalu diturunkan pada generasi berikutnya.

Es Buah PK dibuat dengan menggunakan cincau hitam, kelapa muda, sawo, nangka, blewah dan alpukat disajikan bersama es serut dan terakhir disiram susu coklat dan sirup resep rahasia. Minuman menyegarkan ini paling cocok dinikmati di siang hari saat udara sedang panas-panasnya.

Harga es buah di tempat ini super terjangkau, padahal irisan buahnya diberikan sangat melimpah. Untuk satu porsi sekitar Rp. 8.000. Jauh lebih murah daripada membeli minuman bersoda yang tinggi glukosa.

4. Lupis Mbah Satinem

Di Tugu Jogja setiap pagi hari selama dua jam kita akan melihat antrean pembeli Lupis Mbah Satinem menunggu untuk mengambil pesanannya. Mbah Satinem merupakan pedagang kaki lima yang namanya sangat melegenda terutama di kalangan penduduk lokal Jogja.

Jam bukanya mulai pukul 06.00 WIB, Mbah Satinem hanya buka selama 2 jam bahkan tidak jarang lupis sudah habis terjual pukul 07.30 WIB. Kamu yang tertarik untuk mencicipi lupis terpopuler ini, wajib datang lebih pagi dan mengambil nomor antrean. Menarik sekali, karena untuk jajanan kaki lima dibutuhkan nomor antrean untuk membuatnya tetap tertib.

Uniknya, lupis dikenal sebagai makanan basah tapi Mbah Satinem punya trik khusus untuk membuat lupisnya bertahan lama sehingga pembeli bisa membungkusnya untuk oleh-oleh. Biasanya, antara siraman gula merah dengan lupis ditempatkan dalam wadah yang berbeda.

Satu porsi Lupis Mbah Satinem terdiri dari gatot, cenil, lupis, tiwul yang dijual sekitar Rp. 5.000. Mbah Satinem juga menjual porsi besar dihidangkan di atas tampah dengan kisaran harga Rp. 150 ribu. Biasanya yang memesan ukuran besar untuk menjamu tamu di acara spesial.

5. Wedang Ronde Mbah Payem

Maestro lupis terpopuler di Jogja adalah Mbah Satinem, sementara untuk maestro ronde kita bisa menemukan Mbah Payem. Makanan ini juga melegenda di Jogja, kelezatannya sudah diakui oleh banyak orang. Tidak heran jika lapak Mbah Payem tidak pernah sepi dari pengunjung, setiap harinya Mbah Payem berhasil mendapatkan banyak keuntungan.

Konon, alasan pelanggan rutin datang menyambangi Wedang Ronde Mbah Payem karena ingin merasakan kehangatan ronde sekaligus mengingat kenangan manis. Karena lapaknya yang sederhana, pelanggan pun bisa saling berinteraksi dan berkenalan. Bisa menjadi peluang untuk mendapatkan banyak teman baru, apalagi jika kamu di Jogja hanya sebentar.

Mbah Payem berjualan Wedang Ronde sejak tahun 1965, bahkan ronde buatannya berhasil menarik selera Presiden Soeharto. Konon Presiden Ke-2 RI sering kali mengirimkan ajudannya untuk membeli wedang ronde yang kemudian akan disajikan dalam acara jamuan.

Meskipun dikenal sebagai minuman legendaris, Wedang Ronde Mbah Payem ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Minuman ini memang yang paling dicari terutama di saat musim hujan. Jahe yang dimasukkan ke dalam wedang ronde membuat minuman terasa hangat hingga ke sel-sel tubuh.

6. Sate Kere Beringharjo

 

Sate kere merupakan jajanan kaki lima yang paling populer terutama di kalangan mahasiswa Jogja. Karena harga sate yang murah sangat cocok untuk kantong para mahasiswa terutama mahasiswa rantau yang tipis. Sate kere bisa dinikmati sebagai camilan pengganjal perut atau teman makan nasi.

Berbeda dari sate umumnya yang dibuat dari daging ayam, kambing atau daging sapi. Sate kere diolah dari jeroan sapi yang kemudian disajikan selagi panas di atas daun pisang. Jangan kaget, jika aroma dari sate ini sangat wangi dan rasanya pun super lezat.

Di Sate Kere Beringharjo, selain menawarkan sate jeroan sapi juga menyediakan tempe gambus, lemak atau gajih yang beberapa dikombinasikan daging. Jangan lupakan bumbu kacang yang bisa dibuat manis, gurih atau pedas. Walau bukan murni dibuat dari daging, sate kere tetap berhasil menarik perhatian para pembeli. Bahkan pembeli rela untuk antre demi mendapatkan sate kere yang gurih dan lezat.

7. Angkringan KR

Makan kenyang dan enak bisa dilakukan di mana saja termasuk di Angkringan KR. Angkringan bagi pendatang maupun penduduk lokal merupakan tempat tujuan utama untuk mencari makanan di tanggal tua. Mengapa demikian? karena harga menu makanan di tempat ini sangat terjangkau, makanan yang dijual pun beragam.

Pembeli bisa menemukan nasi kikil, nasi sambal teri, nasi kucing, nasi langgi, nasi oseng tempe, nasi rica ayam dan lainnya. Untuk harganya dijual mulai Rp. 1.000. Bukan hanya menjual menu nasi, Angkringan KR juga menawarkan berbagai olahan sate. Sate yang paling populer adalah sate usus, sate bakso dan sate telur puyuh. Untuk menemani santap nasi dan irisan sate, Angkringan KR menyediakan es susu tape ijo. Rasanya tidak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti lezat dan gurih.

Uniknya, meskipun Angkringan KR rutin menjual makanan murah pelanggan tempat ini berasal dari berbagai golongan. Semua berkumpul dan berinteraksi tanpa mengenal pangkat dan golongan sosial. Mau makan menggunakan tangan, tidak akan ada yang mencela atau mengganggu.

Sudah pernah mencoba makan di salah satu tempat jajanan kaki lima yang telah disebutkan di atas? Jika belum pernah, jangan lewatkan kesempatan emas untuk kulineran murah sepuasnya selama liburan di Jogja. Makan di tempat-tempat di atas, tidak akan membuat kantongmu menipis bahkan ada beberapa makanan yang bisa dibungkus untuk oleh-oleh. Selain bisa mengenyangkan perut sendiri, kamu juga bisa berbagi dan mengenyangkan perut orang lain.

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp