Hasrat untuk berlibur pastinya selalu ada di benak kamu, bukan? Bagaimana tidak, liburan bisa memberikan banyak manfaat untuk kita semua. Namun ke mana ya liburan yang asyik dan bisa memberikan banyak momen indah? Jangan jauh-jauh dulu, kamu bisa tunjuk Jogja sebagai destinasi utamanya. Kenapa harus Jogja? Apa istimewanya liburan ke sana?

Sesuai dengan nama pemerintahannya, Jogja atau DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) memang terbilang memiliki keistimewaan. Hal itu pastinya berlaku untuk yang sudah pernah ke sana. Namun untuk yang belum pernah sekalipun, kamu dijamin bisa tertarik dengan suasana dan seisinya dari kota berjuluk “Kota Pendidikan” tersebut. Setidaknya ada 7 alasan yang membuat kamu harus berkunjung (kembali) ke Jogja.

Wisata Alam, Budaya, Sejarah Lengkap

Setiap lokasi tentunya memiliki keunggulan dari segi tertentu, termasuk salah satunya wisata alam. Hal itulah yang dimiliki oleh Jogja. Kota yang khas dengan kuliner gudeg ini memiliki ragam wisata alam yang memukau. Tidak hanya itu, ragam wisata alamnya pun terbilang banyak, yang bisa kamu jelajahi satu persatu.

Sebut saja yang terbaik ada Jembatan Pantai Timang, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Pengilon, Tebing Watu Mabur, Bunker Kali Adem, Kalibiru, Air Terjun Lepo, dan tentunya masih banyak lagi.

Tentunya Jogja tidak hanya memiliki wisata alamnya saja yang mempesona, melainkan juga dengan budaya serta sejarahnya. Wisata kebudayaan yang terdapat di Jogja bisa memberikan banyak manfaat, yakni untuk pengetahuan yang luas. Di sana kamu bisa menikmati Keraton Jogja, Museum Sonobudoyo, Taman Sari, Kota Gede, Masjid Gedhe Kauman, Benteng Vredeburg, Kampung Pecinan Ketandan, dan tentunya dua candi besar yang menjadi andalan Jogja dan indonesia, yakni Borobudur dan Prambanan.

Biaya Makan Dan Penginapan Murah

Jika kamu berwisata, tentunya tidak akan lengkap jika tidak sekalian menikmati sajian kuliner autentik setempat dan bermalam. Di Jogja kamu tidak usah khawatir akan kedua hal ini karena kamu akan disajikan beragam kuliner dan penginapan unggulan. Yang lebih menyita perhatian lagi adalah ragam harganya yang terbilang murah untuk ukuran perkotaan.

Jika kamu lapar atau hanya ingin mencicipi aneka sajian kuliner andalannya, cobalah untuk mencicipi Gudeg Pawon yang sudah melegenda. Kamu pun bisa mencicipi kuliner lainnya yang melegenda, seperti Oseng Mercon Bu Narti yang pedas bukan kepalang. Lalu bisa juga Sego Koyor Bu Parman yang gurih sedap. Namun jika tidak ingin makan berat, cobalah juga Angkringan Lik Man, dengan kopi joss sebagai minuman andalannya.

Mencari penginapan di Jogja pun bukan perkara sulit, terlebih jika ingin mencari yang bertarif murah. Penginapan berharga murah memang terbilang banyak di sana. Tidak hanya murah, fasilitas yang diberikannya pun terbilang memuaskan, seperti TV di kamar, AC, dispenser, kamar mandi di dalam kamar. Lantas berapa tarif per malamnya? Jangan kaget karena kamu bisa bermalam dengan hanya mengeluarkan uang 50 ribu – 100 ribu saja.

Banyak Pilihan Transportasi (Pesawat/Kereta/Bus/Travel)

Perjalan liburan saat ada di Jogja akan dimudahkan dengan cukup banyaknya aneka transportasi. Mulai dari transportasi yang terjangkau seperti delman, becak atau bus, bisa kamu naiki, untuk bisa sampai ke tempat tujuan, atau hanya sekadar keliling kota. Pun dengan transportasi yang terbilang mahal sekalipun, seperti pesawat terbang atau kereta bisa kamu naiki pula.

Pelayanan transportasi tersebut memang cukup membantu untuk kamu dalam menikmati suasana di kota Jogja ini. Bahkan kemudahan itupun kini didukung dengan tersedianya transportasi online. Kamu bisa menggunakannya setiap saat, setiap waktu karena bisa disewa hanya dengan menggunakan ponsel pintarnya.

Selalu Muncul Spot-spot Baru Buat Dikunjungi

Menikwati wisata yang ada di Jogja memang selalu membuat jatuh hati dan selalu ingin kembali lagi. Namun banyak juga wisatawan yang merasa bosan berkunjung ke suatu lokasi karena hanya itu-itu saja yang disajikannya. Semua itu tidak berlaku jika kamu ada di Jogja. Kenapa? Karena di lokasi yang memiliki banyak pantai ini kerap muncul spot baru, yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Yang cukup menarik perhatian adalah seribu batu songgo langit. Tempat ini memang sedang banyak dibicarakan di kalangan wisatawan karena menjadi tempat wisata unik dan menarik. Di sana banyak spot foto yang bisa kamu pamerkan di media sosial. Deretan spot foto yang unik, yang dibuat dengan bahan alami, menyatu dengan alam menjadikan tempat ini banyak diburu oleh pecinta selfie.

Ada lagi yang terbilang baru, yakni Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark jika kamu sedang ingin main air. Kawasan waterpark ini diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia. Di dalam area yang bertema bajak laut ini menyajikan 12 wahana air serta tujuh buah tempat makan. Semua wahana itupun bisa kamu nikmati dengan puas.

Banyak Travel Agent Yang Melayani Paket Wisata

Alasan apa lagi yang bisa menolak kamu untuk tidak berkunjung ke Jogja? Semuanya tampak diberi kemudahan, termasuk jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi sekalipun. Kamu hanya perlu menyiapkan uang tunai serta ponsel pintarnya saja. Lalu kamu pun bisa menghubungi travel agent yang menjamur di internet, untuk bisa membawamu menikmati suasana indah kota Jogja.

Selain sudah banyaknya layanan aplikasi travel yang memberikan banyak kemudahan, kamu pun bisa memakai jasa tour & travel di dekat kamu. Mereka pastinya akan menyajikan banyak paket wisata selama ada di Jogja. Kamu bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti menginap 1-2 hari taua hanya keliling 1 hari.

Travel agent tersebut memberikan banyak pilihan paket yang menarik ke banyak tempat wisata terbaik di Jogja. Fasilitas yang diberikan pun beragam tentunya, sesuai dengan harga yang bisa kamu ambil. Bahkan banyak juga travel yang menyediakan sewa kendaraan, jika kamu ingin berkeliling sendiri di sana.

Nostalgia Zaman Kuliah

Dari beberapa alasan yang membuat kenapa Jogja harus dikunjungi adalah karena melekatnya kenangan. Hal itu tidak salah, terlebih untuk kamu yang sudah dewasa dan melewati masa sekolah dengan melakukan kunjungan ke kota tersebut. Sekolah dan Jogja memang sangat indentik, bahkan telah berlangsung dari tahun ke tahun. SMA dan masa kuliah adalah masa sekolah yang biasanya melakukan kunjungan ke Museum Sonobudoyo, Kota Gede, keraton, Candi Prambanan dan juga Borobudur, Malioboro, dan membeli bakpia sebagai oleh-oleh andalannya.

Tentunya itu bisa membuat nostalgia masa sekolah, bukan untuk kamu jika kembali berkunjung ke sana, setelah sekian tahun?

Orangnya Ramah-Ramah

Sebagai kota yang masih kental dengan budayanya, masyarakat di sana terbilang cukup ramah, khususnya dengan pendatang. Dengannya, kamu pun tidak akan segan berinteraksi dengan mereka.

Hal itu juga dipengaruhi oleh kesopanan dan keramahan yang diturunkan oleh leluhurnya. Juga dengan adanya keraton, membuat warga Jogja mengutamakan kesopanan. Karena di keraton sudah kebiasannya sopan santun diutamakan, yang bisa kamu lihat dengan adanya unggah ungguh.

Jadi bagaimana, kamu sudah rindu dengan suasana di Jogja?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments