Yogyakarta atau lebih populer disebut Jogja merupakan kota pendidikan, kota budaya, sekaligus kota wisata. Kota ini juga berjuluk daerah istimewa karena latar belakang sejarahnya di nusantara. Anda bisa menjatuhkan pilihan untuk berlibur di Kota Gudeg ini sambil menikmati suasana malamnya yang indah.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tempat wisata malam di Jogja yang bisa membuat Anda ketagihan. Sekali mengunjunginya, Anda akan datang lagi di lain waktu, begitu seterusnya, karena daya tarik Jogja yang luar biasa. Berikut ini enam tempat yang bisa Anda kunjungi di malam hari.

  1. Jalan Malioboro

Foto Oleh: IG @hyperholistic

Tempat ini menjadi andalan wisata untuk kota Jogja. Di sepanjang Jalan Malioboro Anda dapat menjumpai banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangan khas Jogja. Suasana Malioboro dapat Anda nikmati di malam hari. Lampu hiasnya beserta keindahan tempatnya semakin memikat dan membuat Anda ingin berlama-lama di sini.

  1. Tugu Jogja

Foto Oleh: IG @viewjogja

Salah satu ikon daerah istimewa ini adalah Tugu Jogja. Bangunan yang sudah berdiri kokoh sejak zaman dulu ini terletak tepat di tengah-tengah perempatan jalan, salah satunya yang menuju Jalan Malioboro. Suasana di sekitar Tugu Jogja dapat Anda nikmati di malam hari. Dari tugu, Anda juga dapat berjalan kaki menyusuri trotoar menuju Malioboro. Suasana indahnya tidak akan membuat Anda menyesal berkunjung ke Jogja.

  1. Alun-alun Kidul

Foto Oleh: IG @photography_masbro

Tempat ini memang tepat dinikmati di malam hari. Namanya, Alun-alun Kidul. Disebut Alun-alun Kidul karena tempatnya di selatan keraton. Kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan. Ada satu lagi alun-alun namanya Alun-alun Lor karena letaknya di utara keraton. Lor dalam bahasa Jawa berarti utara. Di Alun-alun Kidul Anda bisa menikmati wisata malam seperti sepeda hias yang dihiasi lampu warna-warni. Tidak ketinggalan, Anda bisa menikmati wisata kuliner yang tersaji di sini.

  1. Kawasan Nol Kilometer

Foto Oleh: IG @kebelet_piknik

Tempat ini terletak di ujung selatan Jalan Malioboro. Di kawasan ini Anda akan menjumpai banyak bangunan kuno peninggalan Belanda. Pada malam hari, Kawasan Nol Kilometer biasa dijadikan tempat nongkrong anak muda. Kawasan ini juga sering kali menjadi tempat untuk menyelenggarakan acara seni yang tentu saja semakin memikat hati Anda saat berkunjung ke Jogja. Anda bisa menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata malam yang indah dan romantis.

  1. Monumen Jogja Kembali

Foto Oleh: IG @risa_fw

Di sebelah utara Jogja, Anda bisa mengunjungi Monumen Jogja Kembali atau terkenal dengan sebutan Monjali. Monumen yang terkenal ini bisa Anda nikmati suasananya di malam hari, apalagi di pelatarannya terdapat Taman Pelangi. Taman ini sangat semarak dan romantis dengan suguhan lampu warna-warni. Banyak lampion dengan berbagai macam bentuknya menambah indah Monjali di malam hari. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga, pacar, teman, atau kerabat dekat, dan merasakan sensasi indahnya Jogja di saat malam.

  1. Angkringan

Foto Oleh: IG @budizulitanjung

Jangan lewatkan angkringan jika Anda hendak menikmati tempat wisata malam di Jogja. Uniknya lagi, angkringan tersebar hampir di seluruh penjuru kota ini. Di malam hari, banyak warga Jogja maupun wisatawan nongkrong di angkringan untuk menikmati jajanan kecil, berupa makanan ringan maupun minuman penghangat tubuh. Di angkringan inilah awal mula sebutan sego kucing (nasi kucing) muncul dan terkenal hingga sekarang. Nasi bungkus dengan harga murah meriah ini bisa Anda nikmati sambil berwisata malam di Jogja.

Enam tempat wisata malam di Jogja tersebut bisa membuat Anda ketagihan dan selalu ingin kembali ke kota yang penuh kenangan ini. Masih banyak tempat lainnya yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda hendak menjelajahi banyak tempat di Jogja, Anda bisa bertanya langsung ke agen wisata Anda atau berselancar di dunia internet untuk menggali informasi lebih jauh tentang Jogja. Selamat berwisata di kota berhati nyaman ini.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments