Berenang atau bermain wahana air bisa dilakukan di mana saja bukan hanya di danau, lautan maupun sungai. Buktinya, saat ini banyak orang yang lebih memilih berlibur ke waterpark yang memiliki fasilitas wahana permainan air lebih lengkap dengan keamanan yang lebih terjaga.

Tidak mau ketinggalan dari kota besar lainnya, Jogja juga memiliki beberapa waterpark terbesar dan megah yang difavoritkan pengunjung. Seluruh waterpark tersebut memiliki ciri khas dan keunikan yang membuat pengujung sulit berpaling.

Rekomendasi waterpark terfavorit di kota Jogja

Mencari tempat hiburan keluarga di Jogja sangat mudah, jika tidak pergi ke kebun binatang umumnya orang tua akan mengajak anak mereka ke waterpark. Di waterpark ada berbagai wahana permainan yang aman dan bisa dimainkan oleh anak-anak.

Berikut ini daftar waterpark terfavorit dan terbaik di Jogja:

1. Jogja Bay

Merupakan salah satu waterpark terfavorit di Jogja yang dikelola dengan sangat baik dan modern. Tempat ini bukan hanya ditunjukkan untuk orang lokal saja tapi juga dibangun untuk mengakomodasi pengunjung asing yang ingin merasakan pengalaman liburan di taman bermain air.

Waterpark ini tidak hanya diakui sebagai waterpark terbesar di Indonesia, tapi juga diakui sebagai waterpark termegah di Asia Tenggara. Untuk mendukung pelayanan dan fasilitas, pengelola Jogja Bay membangun waterpark ini di lahan seluas 7.7 hektar dengan total wahana permainan air sebanyak 19.

Konsep waterpark ini mengombinasikan antara pirates yang menjadi ikon mancanegara dengan tradisi khas Jogja. Tidak heran jika pengunjung Jogja Bay merasa betah berada berlama-lama di kawasan waterpark ini. Anda yang tertarik liburan ke Jogja Bay, wajib mengetahui apa saja wahana yang ditawarkan di sana meliputi:

  • Museum Air Water for Life

Merupakan sebuah museum yang secara umum akan mengedukasi pengunjung tentang fungsi air untuk tubuh manusia. Tidak hanya memberikan gambaran umum tentang fungsi air, museum juga memberikan tambahan pengetahuan sejarah tentang selokan Mataram.

  • Bekti Adventure

Pengunjung yang ingin mengelilingi kawasan wisata air Jogja Bay sangat dianjurkan untuk memanfaatkan fasilitas ini. Wahana ini akan mempermudah Anda mengeksplorasi seluruh area di Jogja Bay.

  • Volcano Coaster

Ingin melepaskan rasa penat dan stres di kepala, mengapa tidak mencoba wahana yang satu ini. Wahana ini dijamin akan membuat Anda bebas berekspresi bahkan berteriak tanpa dipandang aneh oleh orang lain.

2. Galaxy Waterpark

Di urutan kedua, kita akan menemukan Galaxy Waterpark yang merupakan taman bermain air paling favorit pengunjung dan warga lokal. Berbeda dari waterpark sebelumnya, tempat ini menggunakan konsep galaksi dengan miniatur roket yang bisa dilihat di gerbang masuk Galaxy Waterpark.

Meskipun luasnya masih kalah jauh dari Jogja Bay, hanya 2.5 hektar tempat ini mampu menampung berbagai wahana yang tidak kalah menariknya. Berikut ini beberapa wahana terbaik di Galaxy Waterpark:

  • Kolam Balita Water Playground

Di wahana ini, pengunjung bisa menikmati keseruan bermain perosotan lurus, jembatan tali, ember tumpah dan lainnya. Kola mini kedalamannya hanya 50 sentimeter saja merupakan tempat paling aman untuk anak-anak.

  • Kolam Remaja dan Dewasa

Seperti namanya, kolam ini memang diperuntukkan untuk orang dewasa dengan kedalaman mulai dari 2 meter. Atraksi permainan yang bisa dinikmati di kolam  ini tidak kalah banyaknya seperti raft slide dan body slide.

  • Kolam Arus

Bisa dibilang jika wahana ini merupakan tempat paling favoritnya pengunjung. Karena di sini, pengunjung bisa menikmati sensasi terbawa arus seperti di pantai atau lautan. Bedanya, di Kolam Arus Galaxy Waterpark pengunjung tidak perlu khawatir tenggelam atau tersapu ke dalam lautan.

  • Wahana Flying Fox

Atraksi terakhir yang tersedia di sini adalah permainan flying fox dengan total ketinggian sekitar 15 meter. Menariknya lagi panjang dari lintasan flying fox sendiri mencapai 80 meter. Bisa dipastikan jika adrenalin Anda akan terpacu ketika bermain di wahana ini.

3. Grand Puri Waterpark

Merupakan alternatif tempat rekreasi anak dan keluarga yang populer di Bantul dan Jogja. Tempat ini sebagaimana Galaxy Waterpark juga menyediakan 4 wahana utama yang bisa diakses oleh seluruh pengunjung:

  • Kolam Penerima

Di urutan pertama adalah kolam kecil yang luasnya tidak lebih dari 350 myang menawarkan sensasi menyenangkan bermain seluncuran dan wahana slider. Kedalamannya sekitar 60-90 sentimeter yang mana mampu menampung para pengunjung yang melakukan atraksi 4 water slider maupun 2 racer slider. Tempat ini biasanya yang paling disukai oleh orang dewasa yang tidak bisa berenang atau anak-anak, karena sangat aman.

  • Kolam Semi Olympic

Selanjutnya adalah kolam dengan luas lahan sekitar 280 m2 yang menjadi langganan permainan remaja dan orang dewasa untuk melakukan olahraga air. Kola mini kedalamannya tidak lebih dari 1.5 meter dengan berbagai jalur renang yang sengaja dibuat sebagai tempat racing. Salah satu jenis olahraga langganan yang sering dimainkan di kola mini adalah permainan polo air, pihak pengelola bahkan menyediakan gawang untuk memfasilitas permainan.

  • Kolam Batita

Kolam paling dangkal yang memang hanya diperuntukkan untuk para batita. Kolam ini kedalamannya tidak lebih dari 50 sentimeter dan menawarkan berbagai atraksi permainan menarik seperti mini slider, ember tumpah dan water playground. Anak-anak tampak sangat menyukai atraksi permainan air yang tersedia di sini.

  • Kolam Arus

Merupakan wahana permainan terakhir yang tersedia di Grand Puri Waterpark. Tempat ini kedalaman kolamnya sekitar 3 meter yang umumnya menjadi tempat peristirahatan orang dewasa setelah puas bermain di wahana sebelumnya.

4. Balong Waterpark

Liburan bersama keluarga dan para sahabat, tidak harus selalu dilakukan ke pantai atau piknik di kebun binatang. Di Jogja ada Bolang Waterpark yang sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Di Balong Waterpark tersedia beberapa wahana seru yang selalu difavoritkan oleh para pengunjung, wahana-wahana tersebut meliputi:

  • Water Coaster Slide

Spot utama yang seringkali menarik mata pengunjung saat menginjakkan kaki mereka ke Bolang Waterpark tidak lain adalah tempat ini. Kolam ini merupakan kolam khusus orang dewasa karena menawarkan seluncuran berkelok yang total panjang lintasannya mencapai 9-12 meter.

Jika Anda ingin menguji adrenalin dan menantang diri, tidak ada ruginya untuk mencoba atraksi yang satu ini. Namun, jangan memaksakan diri untuk mencobanya bila Anda memiliki masalah dengan jantung maupun pernapasan.

  • Ember Tumpah

Sementara water coaster slide digunakan untuk dewasa, maka ember tumpah menjadi pilihan menarik untuk pengunjung anak-anak. Di tempat ini tersedia kolam untuk menampung anak-anak yang ingin bermain air dan mencoba berdiri di bawah derasnya air yang tumpah dari dalam ember.

  • Gazebo dan Food Court

Bagi orang tua yang hanya menemani buah hatinya, dalam artian tidak benar-benar ikut masuk dan berenang maka tersedia gazebo dan food court. Orang tua bisa makan sambil sesekali memperhatikan putra dan putri mereka.

5. Sumber Water Byur Ponjong

Dan taman bermain air terakhir yang direkomendasikan adalah kolam renang Water Byur yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk mengakomodasi hobi berenang warga Jogja. Di waterpark ini tersedia dua jenis kolam renang:

  • Kolam renang pertama kedalamannya mencapai 1.5 Meter yang diperuntukkan untuk orang dewasa.
  • Kolam renang untuk anak kecil yang kedalaman airnya tidak lebih dari 50 sentimeter.

Kolam renang untuk anak tidak dibuat polos begitu saja, melainkan dilengkapi dengan atraksi perosotan. Jadi anak-anak bisa berenang atau bermain perosotan sepuasnya.

Sementara untuk fasilitas tambahan di kolam renang dewasa, pihak pengelola sengaja menambahkan saung bambu. Saung bambu ini dimanfaatkan untuk berteduh atau menyantap bekal makanan yang sengaja dibuat dari rumah. Lalu tidak jarang pula, para orang tua yang sengaja mengambil foto selfie mereka dengan latar belakang view Sumber Water Byur Ponjong yang unik dan berkarakter.

Masih ragu mau liburan ke mana pekan ini bersama anak dan anggota keluarga lainnya? Daripada bingung, mengapa tidak mencoba salah satu dari waterpark terfavorit di Jogja. Bila ingin mencoba lebih banyak dan mengeksplorasi lebih banyak wahana, dianjurkan untuk pergi ke Jogja Bay.

Namun, bila tujuan utamanya adalah berenang sambil menyenangkan hati buah hati maka cukup bawa anak ke waterpark lainnya. Karena dari segi fasilitas, Jogja Bay menawarkan fasilitas lebih lengkap dan beragam daripada keempat waterpark lainnya.

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp