Sebagai salah satu kota terbesar yang ada di Jawa Tengah, tidak dipungkiri bahwa ada banyak tempat wisata terpopuler di sekitar Semarang. Mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi maupun arena permainan dengan banyak fasilitas menarik. Para pengunjung yang datang dapat bersantai maupun berburu spot foto cantik sambil serta aktivitas seru lainnya. Berikut 15 rekomendasi tempat wisata populer yang ada di ibu kota Jawa Tengah ini.

 

Daftar tempat wisata terpopuler di sekitar Semarang

  1. Lawang Sewu

Objek wisata Lawang Sewu merupakan salah satu yang terpopuler di kota Semarang. Gedung yang memiliki nilai sejarah ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1904. Keunikan gedung tiga lantai ini bisa ditebak dari keunikan namanya yaitu ‘lawang sewu’ yang berarti pintu seribu. Bangunan ini unik dengan banyak jendela dan pintu, namun meski namanya seribu, tapi jumlah pintu yang ada sebenarnya tak sampai 1.000, hanya 429 pintu. Di area wisata tersebut juga terkenal dengan beberapa spot angker seperti penjara bawah tanah, sumur tua, ruang penyiksaan tawanan, hingga penjara berdiri.

  1. Klenteng Sam Po Kong

Tempat wisata di Semarang satu ini dapat menjadi objek wisata gedung unik dengan beberapa anjungan megah di dalamnya, seperti bagian klenteng besar untuk pemujaan utama serta gua Sam Po Kong. Selain itu juga ada banyak area lain menarik lainnya seperti Kyai Jangkar, klenteng Tho Tee Kong, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng. Tempat ini sendiri dulunya merupakan tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho yang beragama Islam sehingga objek wisata ini juga sering jadi destinasi wisata religi.

  1. Kota Lama Semarang

 

Kota Lama Semarang menyimpan banyak spot-spot menarik untuk foto dengan banyak deretan bangunan tua khas Eropa klasik. Di sini ada beberapa gedung bagus yang banyak dikunjungi seperti gedung Blenduk dengan atap berbentuk kubah, Taman Srigunting yang lokasinya persis di depan gereja dan sebagainya. Tidak hanya berburu spot foto, di sini juga dapat wisata kuliner seru di Kafe Spiegel dengan bangunan klasiknya. Anda juga dapat berfoto ria di sana. Selain Kafe Spiegel juga ada kafe lainnya dengan suasana ala jaman kolonial Belanda seperti Tekodeko, Kafe Nuris dan Retro Café.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Sedang mencari objek wisata Kabupaten Semarang yang menyimpan nilai religi? Coba tengok Masjid Agung Jawa Tengah yang mempunyai Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Museum ini letaknya ada di lantai 2 dan 3 tower Asmaul Husna. Tidak hanya Anda bisa menambah pengetahuan tentang perkembangan Islam, tapi di sini juga menyajikan pemandangan menawan untuk spot foto serta wisata kuliner yang dengan resto di lantai 18 yang menyajikan pemandangan cantik kota Semarang. Masjid Agung juga dijadikan tempat ibadah yang dapat menampung kurang lebih 16 ribu jamaah.

  1. Simpang Lima

Simpang Lima telah lama menjadi ikon kota Semarang yang hingga kini banyak dikunjungi baik warga Semarang maupun wisatawan luar kota. Lebih ramai dikunjungi di malam hari dan di sekitarnya juga terdapat banyak pusat perbelanjaan seperti Ramayana, Plaza Simpang Lima, Matahari mall, dsb. Tidak hanya mall, tapi banyak sekali PKL yang menjual aneka macam barang dengan harga murah hingga kuliner terjangkau.

  1. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco berupa taman wisata dimana Anda dapat meikmati berbagai macam miniature tempat-tempat wisata serta rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Hampir mirip seperti yang ada di TMII Jakarta. Di sini juga banyak disajikan miniatur beserta hasil industri dan kerajinan tiap daerah. Contoh-contoh tempat yang ada seperti Masjid Menara Kudus, Candi Borobudur, Masjid Mantingan, dan masih banyak lagi. Tidak hanya melihat-lihat miniatur, namun tempat ini juga menawarkan fasilitas bermain lainnya seperti kereta gantung, komidi putar hingga fasilitas hiburan kolam renang.

  1. Brown Canyon

Brown Canyon bisa jadi tempat wisata terpopuler di Sekitar Semarang saat ini, pasalnya objek wisata alam ini menawarkan pemadangan yang hampir mirip dengan Grand Canyon yang ada di benua Amerika. Lokasinya terletak di Rowosari, Tembalang dan dulunya area Canyon ini merupakan bekas penambangan tanah yang kini jadi lokasi wisata populer dengan bukit-bukit tebing yang cukup curam. Tidak hanya menikmati pemandangan alam, tapi juga sering dijadikan spot foto Instagramable yang keren dan sering juga dijadikan background foto pre-wedding.

  1. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang adalah pantai eksotis dengan air laut agak kecoklatan. Pantainya sendiri tergolong pantai kecil yang letaknya tidak jauh dari kawasan perumahan warga. Namun, pemandangan yang ditawarkan sangat memukau dan sering dijadikan destinasi wisata untuk menikmati sunset. Tidak hanya itu, banyak juga orang yang datang ke pantai ini untuk sekedar jogging atau lari pagi. Di sekitar pantai terdapat banyak pepohonan hijau serta fasilitas seperti kolam renang, ski air, speed boat dan taman bermain anak.

  1. Ayanaz Gedong Songo

Ayana Gedong Sengo menawarkan aneka macam spot foto kece, ada sekitar 35 spot menarik yang bisa dijadikan background. Lokasinya sendiri dekat dengan Candi Gedong Songo dan jika ingin masuk harus membayar Rp 20 ribu per orang dewasa dan Rp 10 ribu per anak. Ada beberapa spot foto gratis, namun juga yang harus membayar seperti spot foto gelembung dan spot foto balon. Pemandangan sekitar juga sangat indah dan ada beberapa fasilitas seperti ruang santai tengah kolam, tempat duduk unik, kursi santai, hammock, dll.

  1. Candi Gedong Songo

Wisata Semarang Ungaran ini lokasinya memang ada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl. Tidak heran jika candi ini menawarkan pemandangan megah yang memanjakan mata. Ada mata air mengandung belerang, area hutan pinus hingga berbagai macam keindahan alam lainnya. Candi Gedong Songo yang punya arti Sembilan ini dulunya dibangun pada abad ke-9 Masehi dan menyimpan banyak nilai sejarah.

  1. Taman Bunga Celosia Gedong Songo

Juga menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di sekitar Semarang, tepatnya di Ungaran, taman wisata ini menawarkan hamparan bunga Celosia sesuai namanya. Saat memasuki area ini, pengunjung ini akan disambut jalan setapak dihiasi pensil raksasa berwarna-warni. Hamparan bunga hebras merah juga ada di sini, sehingga tak heran tempat ini jadi spot untuk hunting foto trendi yang ramai dikunjungi. Selain itu, tersedia beberapa spot landmark berbagai Negara seperti patung merlion, Menara eifel, dsb.

  1. Rawa Pening

Rawa Pening merupakan danau alam di Kabupaten Semarang seluas 2.670 Ha tepatnya berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan Gunung Telomoyo. Lokasinya banyak ditumbuhi tanaman enceng gondok. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini seperti menikmati pemandangan, berfoto ria, naik perahu, hingga berwisata kuliner. Di sini pengunjung juga dapat melihat aktivitas warga sekitar yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan.

  1. Umbul Sido Mukti

Umbul Sido Mukti adalah salah satu tempat wisata terpopuler di sekitar Semarang yang menyajikan pemandangan alam dan spot foto ada cantik. Di sini panorama alamnya sungguh eksotis serta ada banyak fasilitas menarik yang dapat dilakukan seperti flying fox, rapelin, marine bridge, dan wahana lainnya. Salah satu daya tarik wisata ini terdapat 4 buah kolam bertingkat dengan air jernih dan pengunjung dapat memilih kedalaman yang diinginkan.

  1. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah taman rekreasi keluarga yang didirikan di area seluas 18 Ha dan memiliki lebih dari 20 wahana yang dibagi ke dalam 4 zona. Zona-zona yang ada antara lain zona Segara Prada, Zona Pesisir, Zona Ararya dan Zona Balalantar. Di sini terdapat wahana permainan untuk memicu adrenalin serta wahana edukasi untuk menambah pengetahuan. Selain itu juga ada tempat kuliner untuk makan-makan.

  1. Museum Kereta Ambarawa

Daya tarik museum ini adalah punya kereta api uap kuno yang dapat dinaiki oleh pengunjung. Datang ke museum ini serasa berada di masa lampau dan bahkan masih ada kereta api yang digunakan hingga saat ini seperti kereta api lokomotif B 5112 dari jaman Belanda. Kereta ini dapat dinaiki untuk berkeliling daerah di sekitar Ambarawa. Harga tiket masuknya juga murah, hanya Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata terpopuler di sekitar Semarang yang tidak boleh terlewatkan ketika sedang berlibur ke Semarang dan sekitarnya. Selamat berlibur bersama keluarga atau teman!

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.60 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp