Bisa dibilang Bali adalah trade mark Indonesia. Berkat pesona alam yang eksotis serta kebudayaan masyarakatnya yang begitu khas, nama Bali mendunia. Pantas saja jika pulau ini banyak dikunjungi turis asing. Bahkan, hampir di seluruh spot wisata Bali kita bisa menemukan turis-turis asing.

Jika kamu berencana liburan ke Bali, jangan lupa menyinggahi spot-spot terindah berikut ini.

  1. Danau Batur Kintamani

Foto Oleh: IG @diarynusantara

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu dari empat danau terkenal di Pulau Bali dan menjadi yang terbesar di antara keempatnya. Terletak di daerah Kintamani, tepat di lereng Gunung Batur. Luasnya mencapai 16 kilometer dengan kedalaman rata-rata 50,8 meter.

Keindahan yang tiada tara serta hawa sejuk pegunungan membuat wisatawan betah berlama-lama saat berada di sini. Airnya jenih dan ombaknya cukup aman. Kita bisa mengelilingi danau dengan perahu dayung ataupun kapal sewa. Selain itu yang hobi memancing dapat menyalurkan hobinya di danau ini.

  1. Danau Beratan Bedugul

Foto Oleh: IG @mr_jared_martin

Masih seputar objek wisata danau, di Bali juga ada yang namanya Danau Beratan Bedugul. Danau ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat asri. Daya tariknya semakin bertambah dengan adanya sebuah Pura Ulun Danu yang bediri di tepi danau.

Objek wisata ini dapat dijangkau sekitar 6 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Lokasi yang tidak terlalu terpencil membuat wisatawan banyak berdatangan ke sini.

  1. Pantai Kuta

Foto Oleh: IG @arifdenkerdeck

Kalau yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga. Bahkan, hal pertama yang diketahui oleh turis asing tentang Indonesia adalah pantai Kuta. Letaknya tak terlalu jauh dari Denpasar sehingga tak membutuhkan effort lebih untuk mencapainya.

Pantai Kuta menawarkan background pemandangan alam yang sungguh eksotis dan mampu mengimbangi pantai-pantai ternama di luar negeri. Selain sebagai destinasi wisata yang selalu ramai, Pantai Kuta juga sering dijadikan lokasi syuting film, pemotretan, ataupun resepsi pernikahan.

  1. Pantai Padang-padang

Foto Oleh: IG @adhyannayhda06

Pantai Padang-padang memang tak sepopuler Pantai Kuta. Namun keindahan yang ditawarkannya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pantai ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kbaupaten Badung Bali. Dari Bandara Ngurah Rai hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja untuk bisa sampai di sini.

Pantai Padang-padang termasuk pantai kecil dan tersembunyi di balik bukit. Dilatarbelakangi oleh pemandangan berupa tebing-tebing tinggi. Air lautnya bersih, pun ombaknya cukup bersahabat. Jadi aman untuk siapa saja yang surfing ataupun berenang.

  1. Pantai Lovina

Foto Oleh: IG @abazsukidhirg__

Pantai Lovina berada di Bali Utara, dekat dengan Kota Singaraja. Selain untuk menikmati pesona alamnya yang aduhai indah, kita juga bisa mengarungi laut lepas dengan perahu atau kapal sewa sembari menyaksikan secara langsung kawanan lumba-lumba yang melompat ke permukaan air tanpa dikomandoi. Di perairan ini memang terkenal banyak ikan lumba-lumbanya. Asalkan tidak terlalu banyak suara, pasti lumba-lumba akan sering muncul.

  1. Pantai Jimbaran

Foto Oleh: IG @balipedia

Pantai Jimbaran nyaris tak pernah sepi didatangi pengunjung. Apalagi bagi penikmat kuliner khas laut, maka di sinilah tempat yang paling asyik. Karena letaknya tak jauh dari pusat pelelangan ikan, pantas beragam olahan seafood tersedia di sini.

Pihak pengelola sengaja menyediakan kursi-kursi serta meja di pinggir pantai agar pengunjung bisa menyantap seafood sembari menikmati embusan angin laut dan suara debur ombak. Jika ingin suasana yang lebih romantis, datanglah pada sore atau malam hari.

  1. Pantai Pandawa

Foto Oleh: IG @dwiniea

Sama halnya dengan Pantai Padang-padang, letak Pantai Pandawa juga tersembunyi di balik perbukitan. Namun uniknya, ada sebuah jalan tembus yang dibuat dengan cara mengeruk bukit itu sendiri agar dapat dilalui.

Karena memliki latar belakang perbukitan, dari atas bukit pantai ini kita bisa melakukan aktivitas paragliding dari atas bukit. Namun, bagi yang takut ketinggian, bisa memilih aktivitas seru lainnya seperti bermain kano, berenang, atau berjemur.

  1. Pura Ulun Danu Batur

Foto Oleh: IG @jeromeganta

Bali juga memiliki banyak situs wisata religi. Contohnya seperti Pura Ulun Danu Batur. Pura ini berada di kawasan Kintamani dan menjadi salah satu pura terpenting di kalangan umat Hindu.

Meski usia Pura Ulun Danur Batur hampir 100 tahun, namun bangunannya masih terlihat kokoh. Di dalam areal pura terdapat 285 paviliun serta candi-candi kecil. Dan, yang paling menyita perhatian adalah Meru 11 tingkat yang oleh umat Hindu dianggap sebagai tempat paling suci.

  1. Pura Besakih

Foto Oleh: IG @balistalker

Pura Besakih menjadi pura yang paling diagungkan di Bali, khususnya di kalangan umat Hindu. Sekaligus induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Sebagian besar upacara keagamaan Hindu dilakukan di sini.

Di dalam komplek Pura Besakih terdapat 18 pura pendamping Menurut kepercayaan umat Hindu, di sinilah Hyang Rsi Markandya menerima wahyu dari Tuhan dan menjadi cikal bakal agama Hindu Dharma di Bali.

  1. Pura Tanah Lot

Foto Oleh: IG @xenospastic

Pusat perhatian utama di Tanah Lot tertuju pada sepasang pura yang dibangun di atas sebuah batu karang besar yang dikelilingi air laut. Di pura inilah biasanya umat Hindu melakukan pemujaan terhadap dewa laut.

Apabila air pasang, sulit bagi kita mencapai pura. Sebab sebagian besar badan karang pasti tertutupi air. Begitu air surut, biasanya banyak ular-ular laut yang menempel di dinding-dinding batu namun tak membahayakan. Konon, ular-ular tersebut merupakan utusan dewa untuk menjaga laut.

  1. Pura Uluwatu

Foto Oleh: IG @dani_indie

Mirip seperti Pura Tanah Lot, Pura Uluwatu juga dibangun di atas sebuah batu besar di tepi laut. Dari atas batu tempat pura ini berdiri, kita bukan hanya bisa melihat keindahan pura dalam jarak dekat, tapi juga menjadi saksi mata atas keindahan laut dari ketinggian serta menikmati sunset di penghujung hari.

  1. Garuda Wisnu Kencana

Foto Oleh: IG @gmontadaro

Garuda Wisnu Kencana merupakan landmark Bali yang menjadi favorit para wisatawan. Lokasinya berada di Tanjung Nusa Dua, sekitar 41 kilometer ke arah selatan Denpasar.

Ketika menginjakkan kaki di sini, Anda pasti terkagum-kagum melihat mahakarya berupa patung garuda setinggi 18 meter. Kabarnya, kelak akan dibuat pula patung Dewa Wisnu berukuran raksasa, lengkap dengan tunggangannya.

  1. Monkey Forest

Foto Oleh: IG @biancagranieri

Sebuah hutan di kawasan Ubud turut menarik perhatian wisatawan. Pasalnya, hutan ini dihuni oleh banyak kera liar. Konon, kera tersebut bukan kera biasa. Melainkan kera-kera keramat jelmaan dewa atau orang-orang yang mendapat kutuk.

Meski demikian, kera-kera ini termasuk ramah pada pengunjung. Jadi kita bisa menyatu dengan kehidupan mereka di alam lepas tanpa takut celaka. Disarankan membawa pisang atau kacang kalau ingin beriteraksi lebih akrab dengan monyet-monyet.

  1. Bali Bird Park

Foto Oleh: IG @gillard_lancett

Jika di Monkey Forest kita bisa melihat monyet-monyet liar, di Bali Bird Park kita bisa melihat berbagai jenis spesies burung. Taman burung terbesar di Indonesia ini berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Gianyar-Bali. Setidaknya ada sekitar 1.000 unggas dari 250 spesies yang dipelihara dengan sangat baik di sini. Sebagian besar telah jinak sehingga bisa pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan burung-burung tanpa penghalang apapun.

  1. Tanjung Benoa

Foto Oleh: IG @yezub

Destinasi terakhir yang sayang dilewatkan adalah Tanjung Benoa. Lokasi wisata bahari ini berbatasan dengan Nusa Dua dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja dari Bandara Ngurah Rai. Air lautnya jernih dan cukup tenang. Alhasil sering dipilih sebagai tempat kegiatan-kegiatan watersport seperti scuba diving, jetski, waterski, dan sebagainya. Selain itu, kita bisa sekalian mengunjungi penangkaran penyu di Pulau Penyu yang letaknya tidak jauh dari Tanjung Benoa.

Demikian ulasan mengenai daftar 15 destinasi wisata favorit di Bali. Semoga ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Selamat berlibur.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments