Pangandaran termasuk salah satu kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini sangat terkenal karena keindahan alamnya. Ada banyak pesona Pangandaran yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata, terutama buat kamu yang sangat menyukai keindahan alam nan eksotis. Kamu tertarik untuk mengunjungi Pangandaran? Berikut ini 15 destinasi wisata di Pangandaran super eksotis yang wajib kamu kunjungi untuk menghilangkan penat.

1. Green Canyon

Green Canyon berlokasi di Jalan Raya Cijulang, Kertayasa, Pangandaran. Lokasi wisata ini menawarkan pemandangan tebing, air terjun, dan goa. Jika kamu sedang tidak ingin melakukan body rafting di sini, bsia juga hanya sekedar berperahu untuk menikmati keasrian alam di sini.

2. Citumang 

Citumang merupakan aliran sungai yang letaknya membelah hutan dengan aliran air sedang. Aliran air ini menuju ke sebuah goa. Keindahan alam Citumang yang sangat asri membuat pengunjung betah berlama-lama di sini, bahkan ketagihan ingin datang lagi ke sini. Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Citumang adalah body rafting dan arung jeram. Kamu dan keluarga atau teman-teman sekantor sangat pas datang ke sini karena di sini kamu dan sahabat, teman, atau keluarga akan belajar juga bekerja secara tim.

3. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran ini bisa kamu capai sebelum menuju ke Pantai Pasir Putih. Di kawasan ini masih banyak binatang liar seperti monyet ekor panjang, rusa, dan banteng karena kawasan ini menjadi semacam rumah buat mereka. Di cagar alam ini juga banyak terdapat goa-goa.

4. Pangandaran Sunset

Pangandaran Sunset terletak di lapang Boulevard pantai barat Pangandaran. Tulisan “PANGANDARAN SUNSET” dengan ukuran yang besar warna merah dan Orange membuatnya semakin terlihat terang dan mengkilau  bahkan dari kejauhan. Kawasan ini bisa kamu gunakan untuk berselfie ria.

5. Curug Taringgul

Tempat wisata yang termasuk 15 destinasi wisata di Pangandaran selanjutnya adalah Curug Taringgul. Curug Taringgul ini ada di Jalan Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Daya tarik destinasi wisata yang satu ini adalah air terjun dan aliran sungai yang airnya berwarna hijau kebiruan. Tempat wisata ini sering digunakan untuk body rafting.

6. Goa Sutra Reregan

Goa Sutra Reregan terletak di desa wisata selasari, Kampung Salakambang Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.  Goa ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pangandaran dan berbatasan dengan Desa Bangunkarya dan Cintaratu di Selatannya.

Di goa ini banyak terdapat stalaktit dan stalakmit yang masih alami. Stalaktit dan stalakmit inilah yang jadi daya tarik bagi pengunjung. Sejak dibuka pengunjung goa ini sangat ramai. Apalagi pada weekend dan hari libur.

7. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas terletak di jalan Batu Karas, Cijulang Pangandaran. Pantai ini memberikan suasana yang sangat tenang dengan gelombang laut yang cukup bersahabat. Bukan hanya menikmati keindahan pemandangan pantai, di pantai Batu Karas kamu juga bisa berenang atau berselancar. Pantai ini sendiri merupakan adalah perpaduan antara pantai Pangandaran dan pantai Batu Hiu.

8. Pantai Batu Hiu

Pantai selanjutnya yang masih berlokasi di Kabupaten Pangandaran adalan pantai Batu Hiu. Jika ombak di pantai Batu Karas lebih aman, ombak di pantai Batu Hiu jauh lebih besar dan ganas sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang atau berselancar di sini. Jadi, kalau mau ke sini kamu hanya diperbolehkan menikmati keindahan alam laut di pinggir pantai atau dari ketinggian tebing yang ada di pantai ini.

9. Pantai Pananjung

Pantai lainnya yang ada di kawasan Pangandaran adalah Pantai Pananjung. Pantai Pananjung berlokasi di kawasan Cagar Alam Pangandaran. Selain berselancar, di pantai ini kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving untuk menikmati keidahan biota laut. Buat kamu yang hanya ingin bersantai-santai, bisa juga melakukan hunting foto. Banyak spot-spot foto di pantai ini yang instagramable, apalagi ketika sunset.

10. Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri terletak di Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Untuk mencapai lokasi ini kamu harus berjalan kaki melalui jalan aspal yang menanjak. Di pantai ini kamu bisa melihat Samudera India yang biru dari puncak bukit. Di sebelahnya ada hamparan sawah yang hijau. Pemandangan yang pas bukan. Di Lembah Putri juga kamu bisa melihat dan mendengar kicauan berbagai jenis burung liar seperti burung dudut, cangkurileung, perkutut, hingga burung puyuh.

11. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur berlokasi di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Jaraknya sekitar 30 KM dari pusat kota Pangandaran. Di Pantai ini terdapat spot untuk memancing, melihat sunset dan sunrise, menikmati pemandangan batu karang, hunting foto, maupun meditasi ataupun yoga.

12. Pantai Madasari 

Letak Pantai Madasari ada di desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Masyarakat sekitar menyebut panta ini dengan Bulak Benda. Berbeda dengan pantai lain di Pangandaran, di Pantai Madasari ini kamu akan melihat beberapa pulau kecil di pinggir pantai sebanyak enam pulau yaitu Batu Sebrotan, Batu Gedogan, Legok Gandu, Pandan Nyampai, Batu Leuit (Karang Seugeuh),  dan Cariuk. Buat kamu yang suka hunting background foto yang instagramable, tempat ini sangat recommended. Selain foto-foto dan  menikmati keindahan alam, di sini kamu juga bisa camping dan mancing.

13. Pantai Solok Timun

Pantai Solok Timun terletak di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Pantai ini adalah pantai landai dengan hamparan terumbu karang di pinggir-pinggir pantainya. Tapi pantai ini tidak bisa kamu gunakan untuk berenang atau snorkeling karena ombak di pantai ini cukup besar dan ganas. Kalau kamu ingin ke sini, cukup nikmati saja panorama pantai.

14. Pantai Pasir Putih 

Lokasi Pasir Putih Pangandaran tidak jauh dari cagar alam. Untuk mencapai Pantai Pasir Putih kamu harus melewati cagar alam baik itu yang ada di Timur maupun di Barat. Dengan demikian, kamu bisa menikmati keindahan cagar alam dulu sebelum mencapai lokasi. Di cagar alam ini kamu juga bisa melihat hewan-hewan liar yang berkeliaran seperti monyet ekor panjang. Pantai ini sendiri masih terjaga kealamiannya karena masuk ke dalam kawasan konservasi. Di Pantai Pasir Putih ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, bersantai, maupun berfoto di kawasan kapal karam.

 

15. Curug Citumang

Curug Citumah ada di Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi. Di sini kamu bisa melakukan kegiatan body rafting dan berenang. Tapi, kamu harus waspada karena bisa saja aliran sungai di sini mendadak deras.

 

Itulah 15 destinasi wisata di Pangandaran yang super eksotis dan bisa bikin stres kamu hilang dalam sekejap. Tiket masuk ke kawasan-kawasan ini juga sangat terjangkau. TIdak lebih dari Rp. 10.000 per orang. Bagaimana? Kamu berminat mengunjungi tempat-tempat ini?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments