Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan nuansa tropical Island bisa berkunjung ke Pulau Bintan di kepulauan Provinsi Riau. Di sini kamu bisa menemukan beragam destinasi wisata dengan pemandangan yang eksotis dan resort-resort yang mewah.

Berikut ini 13 destinasi wisata di Bintan yang super keren dan sayang jika dilewatkan saat kamu berkunjung ke Kepulauan Riau.

1. Lagoi

Lagoi merupakan kawasan destinasi wisata ekslusif dengan resort internasional. Banyak yang bilang Lagoi merupakan miniaturnya Singapura. Di sini kamu bisa menikmati berbagai fasilitas dan keindahan, seperti hotel dan resort di pantai dengan pasir putih, batu-batu granit, hutan bakau, Sungai Sebong hingga hewan-hewan liar di tepi sungai.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura menyediakan beragam fasilitas, seperti tempat hiburan, lapangan golf, spa dan resort.

2. Pulau Penyengat

Jika kamu mengunjungi ke Bintan rasanya belum lengkap bila tidak berkunjung ke Pulau Penyengat. Pulau ini terdapat situs-situs bersejarah peninggalan kerajaan Riau. Salah satunya adalah Masjid Sultan Riau yang arsitekturnya didominasi warna kuning dengan aksen warna hijau. Masjid yang dibangun tahun 1832 ini bagian dindingnya dibuat menggunakan kuning telur sebagai perekat.

Pulau yang tidak jauh dari Tanjung Pinang ini dapat ditempuh hanya dengan 15 menit menyebrang laut menggunakan perahu bermotor (pompong).

3. Pulau Senggarang

Pulau ini merupakan pemukiman keturunan etnis Chinese. Lokasinya bersebrangan dengan Tanjungpinang. Kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan dari negara Singapura yang tujuannya untuk beribadah karena sekitar pulau ini terdapat beragam peninggalan sejarah masyarakat Tionghoa, seperti patung-patung dewa dan kelenteng. Beberapa peninggalan sejarah tersebut diantaranya adalah Kelenteng Sung Te Kong, Kelenteng Tay Ti Kong, Kelenteng Marco, Kelenteng Anio, dan Kelenteng Beringin.

4. Crystal Lagoon

Objek wisata ini merupakan air laut buatan tebesar di Asia Tenggara dengan rancangan lengkap seperti layaknya di tepi pantai. Luasnya mencapai 6,4 hektare dan air yang dibutuhkan untuk mengisi air laut buatan ini sebanyak 115.060.000 liter. Air yang digunakan adalah air laut yang sudah diproses penyulingan sehingga warnanya sjernih. Di bagian tengah kolam beragam aktivitas air bisa dilakukan, mulai dari fly board, boat ride, kayak dan aktivitas olahraga air lainnya.

5. White Sand Island

Pulau beralas pasir dikenal sebagai White Sand Island, lokasinya berada di Teluk Bakau, Gunung Kijang Bintan.Pulau kecil tanpa penghuni ini memiliki spot yang cocok untuk kegiatan snorkeling dan driving. Ekosistem laut dan karang di kawasan ini terawat dengan baik. Suasana dan nuansa tropis beralaskan pasir menjadikan destinasi wisata di Bintan ini menjadi tujuan utama kegiatan island hopping. Para pengunjung bisa menghabiskan waktu liburan sepuasanya, mulai dari berkemah, menikmati keindahan bawah laut atau sekadar duduk-duduk di pinggir pantai.

6. Pantai Senggiling

Tidak banyak wisatawan yang tahu destinasi yang satu ini, karena tidak sepopular tempat wisata Lagoi Bay yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Senggiling. Karena tidak banyak pengunjung yang datang, kamu akan mendapatkan pemandangan dan nuansa alam yang natural. Pasir pantainya berwarna putih bak permata yang berkilau dan bebatuan besar semakin menambah kesan eksotis dan natural.

7. Pantai Trikora

Pantai Trikora terkenal dengan batuan granit di bibir pantai. Pantai ini sebetulnya merupakan rangkaian dari empat pantai, yaitu Pantai Satu, Dua, Tiga, dan Empat. Di Pantai Trikora satu dan dua kamu bisa melakukan aktivitas memancing atau duduk-duduk di gazebo dengan pemandangan pasir putih, pohon kelapa yang berjajar membuat liburan kamu semakin seru.

Sedangkan di pantai Trikora Tiga dan empat terdapat banyak batu batu granit yang ukurannya besar, bahkan ada yang berada di tengah laut. Panorama di atas dan di bawah laut sangat keren, cocok untuk kamu yang hobi diving dan snorkeling. Lokasinya di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang Pulau Bintan.

8. Danau Biru

Daftar 13 destinasi wisata di Bintan berikutnya adalah Danau Biru. Danau ini dulunya merupakan tempat penambangan pasir. Bekas galian pasir (cekungan) kemudian membentuk menjadi danau. Airnya jernih dengan warna dasar putih membuat permukaan danau berwarna biru karena terkena sinar matahari menjadi daya tarik warga dan wisatawan untuk berkunjung. Lokasinya di Kampung Sei Lepan, Kecamatan Serukual Lobam Bintan.

9. Bukit Pasir Busung

Berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini serasa sedang di gurun pasir Timur Tengah. Sebenarnya belum ada nama untuk lokasi ini, namun masyarakat lokal menyebutnya Bukit Pasir Busung karena berada di Desa Busung.

Dulunya bukit ini adalah bekas tambang aktif, namun akhirnya diberhentikan dan terbengkalai. Gundukan-gundukan pasir bekas galian menjadikan daya tarik tersediri yang unik. Dari jauh gundukan pasir yang mirip bukit terlihat halus, saat siang hari warna pasirnya terlihat merona. Lokasinya di Jalan Raya Busung, Seri Kualam Loban – Kabupaten Bintan.

10. Bukit Panglong

Area yang dulunya adalah bekas pertambangan ini berubah menjadi destinasi wisata yang eksentrik. Area bekas tambang granit berubah menjadi danau dengan air yang sangat jernih. Saking jernihnya saat maahari cerah permukaan air terlihat berwarna biru. Namun para pengunjung dilarang untuk berenang atau bermain air karena kelayakan air di danau Bukit Pangon masih dalam penelitan.

11. Pantai Pengundang

Akses menuju pantai pengundang cukup berliku dan terjal, jadi banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Air pantainya sangat jernih dan kamu bisa menemukan hewan laut, seperti: ubur-uubur, ketam, umang-umang dan gonggong. Di sekeliling pantai terdapat perbukitan dan hamparan ilalang. Di pinggir pantai terdapat rumah adat desa Pengudang yang terbuat dari bahan kayu.

Lokasinya cukup dekat dengan Kabupaten Bintan, hanya dengan 30 menit kamu sudah bisa sampai ke lokasi.

12. Serumpun Padi Mas Resort

Hotel yang cukup terkenal di Kepulauan Bintan ini cukup terkenal, lokasinya tepat di Pantai Trikora. Kamar-kamar terdapat balkon pribadi menghadap laut dengan fasilitas yang nyaman. Walaupun dekorasinya sederhana kesan mewah sangat melekat di resort ini.

13. Pantai Indah Bintan

Pantai Indah Bintan adalah resort yang merupakan bagian dari wisata Teluk Lagoi. Di Resort ini amu bisa menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan, seperti spa, layanan pijat, mankur pedikur, perawatan wajah, kolam renang pribadi di vila, dan fasilitas lainnya.

Banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari memanah, kayak, mendayung, trampolin, dan bersepeda. Tidak hanya itu, pemandangannya sangat mempesona menjdikan pegalaman liburan tidak terlupakan.

Demikian informasi 13 destinasi wisata di Bintan yang terkenal dengan berbagai objek wisata yang menarik dikunjungi saat liburan. Jadi, dari semua destinasi wisata di Bintan yang sudah dibahas, manakah yang kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburan?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments