Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata yang sayang jika tidak dikunjungi. Banyak tempat-tempat yang masih alami dengan suasana yang tenang. Salah satunya di Kepulauan Derawan yang letaknya di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Berikut ini 12 destinasi wisata di Derawan yang terkenal karena keindahannya.

1. Pulau Kakaban

Daftar 12 destinasi wisata di Derawan yang terkenal pertama adalah Pulau kakaban. Letaknya di pulau terluar Kabupaten Berau – Kalimantan Timur. Pulau ini didominasi oleh danau hingga 80% ketimbang daratan, salah satunya Danau kakaban yang akan dibahas di poin selanjutnya. Istimewanya air danau  berasal dari kucuran air hujan dan rembesan air laut. Keindahan pula ini tidak hanya topografinya saja, namun juga dari sikap masyarakat lokal yang menjaga lingkungan.

Pulau yang lokasinya di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Kalimanan Timur ini memiliki luas sekitar 774,2 hektare.

2. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku adalah sebuah gua yang letaknya di tebing pantai terpencil, dikenal sebagai danau tersembunyi. Karena di dalam gua terdapat danau yang airnya jernih, saking jernihnya terlihat berwarna biru.

Penamaan Gua Haji Mangku diambil dari penemu gua, yaitu Haji Mangku. Lokasinya berada di tengah hutan yaitu berada sekitar puluan meter dari bibir pantai Utara Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah siang hari karena cahaya matahari masuk menembus gua hingga ke bagian dalam sejauh 3 m.

3. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Keunikan Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo adalah airnya yang begitu jernih seperti biru langit dengan bebatuan alam di dasar danau. Saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar telaga menggunakan perahu padahal kedalamannya mencapai 3 – 15 meter.

Lokasinya ada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.

4. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai memiliki pemandangan yang begitu indah dengan luas sekitar 198.692 hektare. Di objek wisata alam ini kamu bisa menemukan beragam jenis flora dan fauna langka yang dilindungi. Seperti pohon ulin yang tercatat sebagai pohon terbesar dan tertinggi di Indonesia, bakau, cemara laut, kapur, 3 jenis raflesia, kantong semar, beberapa jenis anggrek dan tumbuhan langka lainnya.

Disana juga kamu bisa menemukan kelompok primata, seperti owa kalimantan, orangutan, kera ekor panjang, bekantan, beruk dan kukang dan hewan-hewan lainnya.

Secara administratif lokasinya berada di Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil di wilayah Kota Bontang. Dari Kota Samarinda menuju tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam. Sedangkan dari Balikpapan membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

5. Taman Batu Sembinai

Destinasi wisata di Derawan yang sayang jika tidak dikunjungi berikutnya adalah Taman Batu Sembinai yang memiliki benteng alam dengan hamparan hutan hijau nan luas dan bebatuan berwarna abu-abu. Menuju hutan batu borneo ini membutuhkan tenaga, kamu akan melewati jalan berkelok, trekking yang membutuhkan tenaga namun rasa lelah tersebut terbayar lunas ketika sampai dengan pemandangan yang indah tidak tara.

Lokasinya ada di Desa Kasungai Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

6. Danau Labuan Cermin

Diberi nama Danau Labuan Cermin karena airnya sangat jernih. Saking begitu jernihnya bayangan objek yang ada di atas danau bisa terlihat jelas. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Dua Rasa karena airnya memiliki rasa asin dan tawar. Untuk sampai ke Labuan Cermin pengunjung harus melewati sungai yang ditumbuhi pohon bakau yang lebat.

Lokasinya berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

7. Danau Kakaban

Danau Kakaban berada di Kepulauan Derawan, dikenal sebagai pulau ubur-ubur karena terdapat ribuan spesies ubur-ubur. Jika kamu berkunjung ke pulau ini ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan, seperti dilarang menggunakan krim apapun seperti sunblock karena dikhawatirkan dapat mencemari habitat ubur-ubur. Tidak boleh menggunakan kaki katak saat berenang karena bisa melukai ubur-ubur, tidak boleh melompat saat masuk danau dan tidak boleh memegang ubur-ubur.

8. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah tidak sebesar pulau lainnya, tapi keindahannya membuat  semua mata yang memandang terpesona. Saat berkunjung ke pulau ini kamu akan disuguhkan hamparan pasir putih dan pemandangan mercusuar menjulang tinggi. Keindahan pemandangan bawah lautnya tidak diragukan lagi. Di sekeliling pantai dihuni koral atau terumbu karang berwarna warni dan berbagai jenis ikan hias yang berenang di sela-sela terumbu karang

Dari kota Bontang menuju pulau ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan kapal Ketinting (dari Pelabuhan Tanjung Laut).

9. Pulau Maratua

Keindahan lanskap alam di Pulau Mertua membuat pengunjung terpesona. Karena keindahannya para penyelam menyebut pulau ini surga bawah laut. Terumbu karangnya berjenis fringing reefs, kamu bisa menemukan beragam jenis ikan langka, seperti ikan opkis, ikan tringger, juga ikan kakatua. Saat menjelang senja di bawah dermaga penyu, lion fish, ikan pari putih akan menampakkan diri.

Di pulau ini juga terdapat hutan bakau (Hutan Mangrove) yang didalamnya terdapat berbagai jenis pohon mangrove. Pohon ini tumbuh dengan pasang surut pantai dengan ekosistem yang khas karena iklim dan lingkungannya mendukung pohon ini tumbuh dan berkembang.

Letak Pulau Maratua di perbatasan perairan Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

10. Pulau Sangalan

Pulau Sangalan merupakan salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Maratua. Pulau-pulau kecil yang lainnya adalah: Pulau Andongabu, Pulau Semut, Pulau Sidau, Pulau Sangalan, Pulau Nusa Kokok, Pulau Bulingisan, Pulau Nunukan, Pulau Bakungan, Pulau Gosong Pasir, dan Pulau Pabahanan.

11. Pulau Manimbora

Pulau Manimbora ukurannya tidak terlalu besar. Untuk mengitari pulau tidak berpenghuni ini hanya membutuhkan waktu 10 – 15 menit saja dengan berjalan kaki. Di pulau ini ditumbuhi beberapa pohon kelapa mirip seperti bikin bottom spongebob. Itu sebabnya pulau ini disebut juga pulau spongebob Indonesia. Air lautnya sangat jernih berwarna biru menambah keindahan dan kesan eksotis.

12. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki merupakan kawasan konservasi penyu untuk bertelur dan melahirkan anak penyu (tukik). Kamu juga bisa melihat pelepasan penyu kecil yang baru menetas jalan menuju laut. Di pulau ini kamu akan disuguhi pemandangan laut berwarna biru dengan kekayaan hayati.

Garis pantai di sekitar Pulau Sangalaki begitu landai, cocok untuk snokeling di dekat bibir pantai, menyelam atau duduk-duduk menikmati keindahan laut lepas. Saat senja suasana pantai terasa begitu tenang dan romantis.

Menuju pulau Sangalaki bisa dari pulau lainnya di Kepulauan Delawan dengan menggunakan speed boat atau menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Batu, Berau.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Derawan Kalimantan Timur? Dari daftar 12 destinasi wisata di Derawan yang sudah dibahas manakah yang akan masuk ke dalam daftar jika kamu berkunjung ke Kalimantan? Silakan tulis di kolom komentar beserta alasannya ya. Jika kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu atau beberapa destinasi yang sudah dibahas, bisa berbagi pengalaman yang seru dan berkesan.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments