Tempat wisata di Magelang memiliki keberagaman yang membuatnya terkenal di kalangan pelancong lokal maupun mancanegara. Magelang sendiri merupakan salah satu daerah yang keindahan alamnya  terkenal di kota Yogyakarta. Jika Anda tengah mencari lokasi wisata untuk berlibur, Anda bisa mendatangi kota Magelang. Anda dapat mengunjungi berbagai objek wisata, mulai dari objek wisata bersejarah, wisata alam sampai dengan nuansa pegunungan.

Magelang memang terkenal dengan objek wisata Borobudur. Borobudur sendiri sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri saja, melainkan di mancanegara. Semua orang terpukau atas karya sejarah masa lalu yang digambarkan pada candi Borobudur. Namun, bila ditelusuri lebih jauh, objek wisata di Magelang tidak hanya Candi Borobudur saja, banyak objek wisata lain yang menawarkan keindahan alam dengan suguhan pemandangan Gunung Api di Magelang. Berikut daftar objek wisata yang dapat Anda kunjungi jika tengah berada di Magelang.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Wisata air terjun masih menjadi salah satu destinasi menawan yang seringkali dikunjungi saat musim berlibur. Di Magelang sendiri terdapat objek wisata air terjun grenjengan kembar yang berlokasi di dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis. Suasana curug ini begitu asri dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga sangat cocok bagi para pecinta alam. Lokasi curug ini juga bertepatan dengan hutan yang semakin membuatnya sangat alami dan asri. Adapun aliran air terjun tersebut berasal dari anak sungai cebong lereng Gunung Merbabu. Sekedar informasi, bahwa air terjun grenjengan kembar ini merupakan bagian dari Taman nasional Gunung Merbabu di wilayah Magelang. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung kesini, maka harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan demi merawat keasrian air terjun.

Little Ubud

Foto Oleh: IG @littleubud

Liburan bersama keluarga menjadi hal yang sangat dinanti bagi sebagian besar orang. Kegiatan berlibur bersama ini bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan antar keluarga satu sama lain. Salah satu tempat berlibur yang asik di kunjungi bersama keluarga di Magelang adalah Tubing. Wisata tubing ini merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Magelang. Tubing sendiri merupakan area wisata permainan air menggunakan media ban karet yang melewati sungai. Sensasi alam terbuka akan Anda rasakan secara bebas di Tubing ini, tentunya dengan arus aliran sungai Tubing.

Taman Kyai Langgeng

Foto Oleh: IG @zulfa_fitri_nursyifa

Tempat objek wisata Magelang selanjutnya adalah Taman Kyai Langgeng. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata taman bunga dengan luas sekitar 2,5 hektar. Taman ini diresmikan pada tanggal 15 September 1987. Berbagai tawaran wahana dan keindahan ditawarkan di taman ini, mulai dari gelanggang remaja, taman lalu lintas, rumah joglo, rumah apung, arung jeram, arena bermain, flying fox, dan lain sebagainnya. Dengan berbagai wahana yang ditawarkan ini tentu akan membuat liburan Anda semakin asyik.

Ketep Pass

Bagi Anda pencinta alam, mengunjungi objek wisata Ketep Pass yang ada di Magelang sangatlah di sarankan. Pasalnya objek wisata ini menawarkan hal yang sangat berbeda, yakni pemandangan Gunung berapi. Beberapa fasilitas terdapat tempat wisata  di Magelang ini, diantaranya Museum vulkanologi, bioskop mini, teropong, peralatan panca arga, dan gardu panjang. Segala hal terkait gunung api dapat Anda pelajari disini, selain berwisata Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan terkait Gunung Api. Adapun lokasi Ketep Pass ini berada di Puncak Bukit sawangan yang merupakan pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan atau hutan pinus kragilan ini memiliki panorama pohon pinus dengan panduan bukit di sampingnya. Bagi Anda yang hendak menghilangkan rasa penat dari aktivitas rutin sehari-hari maka wajib untuk mengunjungi Pinusan Kragilan ini. Selain sajian keindahan pohon pinus beserta bukit-bukit, berbagai wahana juga ditawarkan disini, seperti flying fox, gardu pandang, area selfie serta sajian makanan khas Magelang. Lokasi Pinusan Kragilan ini berada di Lereng Gunung Merbabu, lebih tepatnya lagi ada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Kedung Kayang

Foto Oleh: IG @atika_muth

Objek wisata air terjun ini berada di perbatasan Magelang-Boyolali sekitar Gunung Merbabu, lebih tepatnya di Desa Wonolelo, Sawangan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun kayang berada pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Bagi Anda yang berkunjung kesini, rasa sejuk akan langsung Anda rasakan dengan balutan aroma sejuk nan asri. Untuk menikmati air terjun ini Anda hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp. 4.000,- saja.

Air Terjun Silawe

Foto Oleh: IG @ayodolanmunggangsari

Bagi Anda yang tengah berlibur di Magelang, rasanya tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi air terjun Silawe. Air terjun ini masih terawat dan terlihat indah nan asri. Lokasi tepatnya berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Air terjun silawe ini juga berdekatan dengan Gunung Sumbing di sebelah selatan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.  Dengan ketinggian 50 meter Anda sudah bisa dipuaskan dengan suara jatuhan air, disisi lain ada pula air terjun singon dengan ketinggian 40 meter.

Air Terjun atau Grojogan Sekar Langit

Foto Oleh: IG @nui_col

Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Grabag, tepatnya di desa Telogorejo, yang berada di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi yang ada di  area Lereng Gunung Telomulyo membuat air terjun ini terasa asri dan indah. Di setiap sisinya terdapat berbagai macam pohon yang menjulang tinggi dengan hamparan rumput hijau. Selain datang untuk berenang atau menikmati pemandangan. Sebagian besar orang memanfaatkannya sebagai sarana berfoto untuk kenang-kenangan.

Punthuk Mongkrong

Foto Oleh: IG @noor3va

Punthuk memiliki arti tanah yang mawur namun tidak padat dan tidak bisa diurai seperti pasir, lalu di sekitarnya tumbuh rumput dan berbagai macam pohon. Objek wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Berada pada ketinggian 624 mdpl membuat Punthuk Mongkrong menjadi Punthuk tertinggi. Lokasinya berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa tengah. Dari arah Borobudur, Anda hanya perlu menempuh jarak 5 kilometer saja. Berkunjung ke sini akan membuat Anda merasakan keindahan yang tak pernah bisa Anda lupakan. Pemandangan indah bisa Anda dapatkan pada saat pagi dan senja.

Gardu Pandang Cepogo

Foto Oleh: IG @naffiz.azfar

Kawasan wisata gardu pandang cepogo sering kali dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat mengabadikan momen atau berfoto. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,- Anda sudah bisa menikmati berbagai pemandangan yang ada. Gardu ini termasuk ke dalam kawasan wisata Delimas yang terletak di daerah Girimulyo Magelang.

Demikian informasi terkait objek wisata yang ada di Magelang yang bisa Anda jadikan referensi sebagai tempat untuk berekreasi bersama keluarga dan kerabat Anda. Objek-objek wisata yang ditawarkan ini memang seputar keindahan alam di Magelang yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang ada di sekitar. Selain itu, sebagian besar objek wisata ini berhubungan dengan Gunung Api yang ada di Magelang.

Demikian tempat wisata di Magelang yang dapat Anda kunjungi saat berlibur, semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.80 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp