Last Updated on

Tempat Wisata Anak di Jogja ada begitu banyak. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan beragam jenis lainnya dapat ditemukan dengan mudah di Jogja. Jogja memang memiliki cukup banyak daya tarik yang menjadikan para wisatawan berbondong-bondong untuk datang ke sana, terutama pada saat musim liburan tiba. Jika anda bingung dengan destinasi pilihan tempat-tempat wisata populer untuk memanjakan anak, berikut kami berikan beberapa list tempat wisata populer di Jogja.

1. Taman Pintar

Tempat Wisata Anak di Jogja yang satu ini merupakan salah satu taman yang sangat cocok untuk tempat bermain anak. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan anak yang sangat menarik. Diantaranya terdapat area playground, dinding berdendangan, pipa bercerita, dan masih banyak berbagai wahana lainnya. Di lokasi Taman Pintar ini anak-anak tak hanya diajak untuk menikmati liburan dengan bermain saja, namun bereka akan diajak untuk bermain sambil belajar di taman sederhana ini. Anak-anak dapat berkunjung ke ruang sains dan teknologi ataupun ruang profesi untuk mencoba memperagakan berbagai macam profesi yang akan mengasah imaginasi mereka mengenai cita-citanya ketika dewasa nanti.

2. Kebun Binatang Gembira Loka

Foto Oleh: IG @10tourtravel

Sudah bukan rahasia, jika hampir semua anak-anak menyukai binatang. Bagi anak-anak mengenal langsung jenis-jenis binatang akan lebih berbekas dan menarik dibandingkan hanya melihatnya melalui gambar di buku atau di televisi. Nah bagi anda yang sayang anak, dan ingin menambah wawasan anak anda, tidak ada salahnya mengajak mereka mengunjungi tempat wisata kebun binatang gembira loka. Tempat ini memiliki aneka ragam koleksi jenis binatang dari berbagai belahan dunia.

3. Jogja Bay Waterpark

Jika anak-anak suka akan permainan air, anda dapat mengajak mereka saat liburan sekolah ke Jogja Bay Waterpark. Tempat wisata ini berada di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman. Tempat ini baru diresmikan pada tahun 2015 namun sudah berhasil menduduki sebagai salah satu wisata anak populer di Jogja. Daya tarik utama dari tempat ini adalah adanya 19 wahana permainan air yang sangat mengasyikkan. Salah satu jenis wahanan terbaiknya adalah how to survive in tsunami anda earthquake.

4. Sindu Kusuma Edupark

Tempat Wisata Anak di Jogja selanjutnya  yang dapat anda jadikan destinasi pilihan lokasi liburan anak adalah Sindu Kesuma Edupark. Tempat ini snagat populer karena film dengan format 8D-nya yang etrbaru yang membuat banyak orang penasaran. Tak hanya itu saja, ada banyak daya tarik lainnya yang dimiliki lokasi liburan ini. Di tempat ini anda dapat menemukan berbagai wahana permainan anak yang cukup menyenangkan untuk dicoba. Selain itu tempat ini juga memiliki Ferris Wheel dengan ketinggian mencapai sekitar 50 meter yang menjadi salah satu ikon wisatanya.  Tak hanya itu saja, terdapat pula berbagai macam atraksi yang dapat dicoba di lokasi ini, mulai dari kereta gantung, mobil kuno, segway, dan lai sebagainya.

5. Museum Dirgantara

Tempat lainnya yang tak boleh anda lewatkan untuk menambah wawasan untuk anak anda adalah mengunjungi Museum Digantara. Meski namanya tak cukup populer, namun tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini anda dapat menemui banyak pesawat terbang dari berbagai bentuk dan desain. Tempat ini sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki cita-cita menjadi pilot ataupun menjadi pramugari. Di Museum Digantara ini anak-anak dapat mencoba masuk ke dalam pesawat dan melihat ruang kokpit pesawat. Museum ini telah ada sejak tahun 1969 dan termasuk ke dalam salah satu tempat yang legendaris di Yogyakarta.

6. Taman Pelangi Monjali

Tempat Wisata Anak di Jogja tak hanya dapat anda temukan pada siang hari, pada malam hari pun ada banyak tempat liburan menarik yang tak kalah menyenangkan. Salah satunya adalah Taman Pelangi Monjali. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan warna-warni lampu lampion bak pelangi yang muncul pada malam hari. Ada banyak hal menarik di taman pelangi ini yang dapat anda tunjukan pada anak-anak anda, yaitu melihat berbagai ragam model lampion yang beraneka warna dan berbagai bentuk yang menyerupai hewan, tumbuhan, tokoh kartun dan juga dapat pula menyerupai wajah-wajah para pemimpin. Di kawasan ini juga tersedia banyak pilihan wahana hiburan seperti perahu dayung, bola air, becak mini, trampolin dan lain sebagainya.

7. Museum Gunung Merapi

Jika anda ingin mengenalkan sejarah pada anak, maka destinasi wisata Museum Gunung Merapi dapat menjadi salah satu pilihan tepatnya. Di museum ini anak-anak akan diajak menonton film yang berhubungan dengan meletusnya gunung berapi. Tak hanya anak, anda pun dapat belajar mengenai sejarah dan mengenai kegagahan dari gunung-gunung merapi yang masih aktif di sini.

8. Benteng Vredeburg

Jika anda ingin menikmati suasana jantung Jogja dari sudut yang berbeda, maka lokasi wisata anak Benteng Vredeburg dapat menjadi pilihan tepatnya. Di sini anda dapat mengajak anak-anak untuk menikmati tampilan aneka diorama sejak perang Diponegoro hingga peristiwa terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu di kawasan ini juga terdapat area playground yang sangat luas untuk anak-anak.

9. Museum De Mata dan De Arca

Foto Oleh: IG @jackdurandt

Tempat wisata anak satu ini yakni Museum De Mata Trick Eye merupakan satu-satunya museum 3D yang ada di Yogyakarta bahkan untuk kawasan Jawa Tengah. Museum ini menampilkan lukisan tiga dimensi sebanyak 120 buah dan menjadikan museum ini sebagai museum 3D terbesar di dunia. seluruh lukisan yang dipajang seakan nyata yang akan menipu mata, hal ini tentunya akan membuat anak-anak penasaran dan menyukainya. Sedangkan museum De Arca merupakan museum yang menampilkan replika dari orang-orang terkenal dunia. Di sini anak-anak dapat ebrfoto dengan pahlawan kesayangannya. Begitu anda menginjakkan kaki di museum De Mata dan De Arca ini tentunya anda akan melupakan kesan wisata monoton dengan suguhan yang menakjubkan. Museum ini terletak di kawasan pasar seni XT-Square.

10. Kids Fun

Foto Oleh: IG @kids_fun_yogyakarta

Kids Fun berlokasi di Jl, Wonosari KM 10, Kab Sleman Yogyakarta. Kawasan ini dipenuhi dengan berbagai wahana permainan anak, diantaranya Aquasplash, Magic Castle, Mini Wheel, Wall Climbing, Gokart, dan Zyclon Coaster. Terdapat pula berbagai kolam renang yang dilengkapi dengan wahana-wahana khas waterboom. Jika anda mengajak anak anda untuk mengunjungi tempat ini pada saat akhir pekan, anda juga dapat menyaksikan pertunjukan opera yang sangat menarik dan edukatif di kawasan kids fun ini.

Itu dia beberapa Tempat Wisata Anak di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama sang buah hati. Tempat-tempat wisata populer tersebut tak hanya memberikan pengalaman menyenangkan untuk anda dan si buah hati, namun juga dapat menambah wawasan sehingga anak-anak anda menjadi lebih cerdas.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments