Lelah menjelajah Jogja seharian harus ditutup dengan sesuatu yang menyenangkan. Seperti dengan mendatangi tempat menikmati sunset di seputar Jogja. Terkenal sebagai kota dengan pusat budaya jawa yang masih terjaga, Jogja juga menyimpan beberapa spot dengan pemandangan sunset terbaik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Jika tidak percaya, buktikan dan datang sendiri ke 10 tempat keren ini untuk menikmati saat si jingga perlahan turun dan menghilang ke peraduan.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang ini masih satu kompleks dengan tempat wisata Pantai Parangtritis. Setelah puas bermain pasir putih di bibir pantai, coba nikmati keindahan Parangtritis dari sisi yang lain. Salah satunya dengan datang ke spot Bukit Paralayang. Di sini, Anda akan melihat bagaimana sebuah sunset tidak hanya sekedar pemandangan namun juga ciptaan maha sempurna.

Banyak yang bilang jika sunset di Bukit Paralayang bagai sebuah lukisan tanpa cacat dari seorang maestro. Dari atas puncak bukit, pemandangan di sekitarnya tidak lain panorama alam yang sangat memukau. Berwarna hijau, biru dan jingga keemasan yang berasal dari sang surya tenggelam di ufuk barat. Siap-siap saja enggan pulang sebelum sunset benar-benar hilang dari hadapan.

Pintoe Langit Dahromo

Bukan hanya namanya saja, namun tempat wisata ini memang benar-benar memiliki pintu menuju langit. Ada beberapa titik yang dilengkapi pintu dan frame buatan yang menunjukkan Anda seperti sedang di depan pintu menuju langit. Atau Anda sedang berada di sebuah bingkai dengan latar belakang langit jingga saat matahari terbenam.

Lokasi Pintoe Langit Dahromo ini sejalan dengan Dlingu dan Kebun Buah Mangunan. Hanya saja tempat wisata ini berada di Lintang Sewu. Banyak pengunjung sengaja datang tidak hanya untuk menikmati sunset yang indah. Melainkan juga untuk mengabadikannya dalam foto instagramable. Berada di sini, benar-benar membuat Anda selangkah lagi menuju langit. Sangat keren!

Bukit Lintang Sewu

Lintang Sewu baru digarap pengembangannya pada tahun 2017 lalu. Namun popularitasnya segera menyebar dengan cepat dan membuat tempat wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung dari banyak tempat. Terutama kalangan muda yang merasa perlu mengeksplorasi tempat-tempat indah untuk meramaikan akun sosial medianya. Untuk pemburu sunset, Bukit Lintang Sewu akan menjadi pilihan tepat untuk singgah.

Ada banyak spot swafoto yang sengaja disediakan pengunjung. Namun di spot bintang dan gardu menjadi favorit terutama saat sore hari. Dari kedua spot ini, Anda dapat melihat pemandangan di bawah bukit yang indah. Saat sore hari, cahaya keemasan dari sang surya yang hendak pulang berpendar-pendar ke segala arah. Bahkan ke spot bintang yang membuatnya bersinar selayaknya bintang di angkasa.

Candi Ijo

Situs sejarah tidak hanya berisi hal-hal membosankan yang tidak banyak disukai anak muda. Justru Candi Ijo yang ada di Jogja, memiliki keunikan yang tidak banyak dimiliki situs sejarah lainnya. Para pengunjung yang datang, banyak mengenal Candi Ijo karena pemandangan alamnya yang indah. Terutama saat sunset datang dengan perlahan-lahan menyembunyikan sang surya.

Spot paling tepat untuk menikmati sinar matahari sore hari Candi Ijo adalah dengan mendatangi puncaknya. Anda harus berjalan melalui taman dan beberapa anak tangga. Sampai di puncak lebih tinggi, Anda akan melihat megahnya siluet candi dengan latar belakang warna keemasan dari sang surya. Sementara di bagian utara candi, ada siluet Merapi bersembunyi di balik terangnya warna jingga dari matahari tenggelam. Dijamin ketagihan datang ke sini.

Tebing Breksi

Bagi pemburu sunset, saat liburan ke Jogja wajib menyambangi Tebing Breksi. Kawasan geoheritage ini berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman. Pemandangan alamnya luar biasa indah. Ada Gunung Merapi nun jauh di sana, hingga latar belakang Candi Prambanan dan juga Ratu Boko untuk menghasilkan sebuah karya foto instagram yang fantastis.

Sementara di arah barat, Anda harus bersiap-siap menikmati indahnya sunset saat sore hari. Warna jingga keemasan yang menawan dari matahari hampir tenggelam, menjadikan Tebing Breksi ini terlihat sebagai tempat wisata luar bukan di Indonesia. Terutama di spot puncak tertinggi, menikmati pemandangan sunset ini akan terasa lebih mantap.

Embung Nglanggeran

Daerah Gunung Kidul bisa jadi terkenal sebagai daerah yang kering dan kekurangan air. Namun dibalik itu, tersimpan potensi alam yang luar biasa indahnya. Salah satunya ada pada tempat wisata Embung Nglanggeran. Embung yang menurut orang jawa merupakan sebuah tempat penyimpanan air yang sangat besar atau danau, juga dapat menjadi daya tarik wisata unik.

Embung Nglanggeran menjadi sangat unik karena lokasinya yang berada di atas bukit. Berdekatan dengan salah satu gunung api di Jogja, Gunung Api Nglanggeran. Karena letaknya yang berada di puncak bukit, datang ke sini menjadi lebih berbeda sensasinya. Anda dapat melihat ke pemandangan indah di bawahnya. Hingga sunset yang datang dari ufuk barat. Warnanya kuning, jingga keemasan yang menyinari embung dan direfleksikan dengan sangat menakjubkan.

Kraton Ratu Boko

Lokasi Keraton Ratu Boko ini masih satu kompleks dengan tempat wisata Candi Prambanan. Sering para wisatawan menggunakan tiket terusan Candi Prambanan Ratu Boko saat berkunjung. Saat sore hari, Keraton Ratu Boko akan sangat ramai dengan pengunjung. Apa pasalnya? Mereka adalah para pemburu matahari tenggelam yang sangat penasaran dengan sunset di Ratu Boko.

Letak Keraton Ratu Boko sendiri memang berada lebih tinggi dari Prambanan. Hal inilah yang menjadikan pemandangan sunset di sore hari menjadi lebih asyik dilihat. Tidak heran jika Ratu Boko justru lebih ramai di sore hari ketimbang siang. Dari mulai pukul 16.00, para wisatawan akan bersiap-siap menyambut sang surya perlahan ke peraduan. Semburat jingga keemasannya mampu membuat siapa saja menghela nafas takjub dengan keindahannya.

Pantai Kesirat

Destinasi yang satu ini dapat dibilang yang paling istimewa dari tempat-tempat lain di Jogja. Jika Anda selalu menemukan pantai memiliki kombinasi biru air laut dan pasir putih, tidak demikian dengan Pantai Kesirat. Justru pantai yang satu ini hadir dengan tepian berupa tebing-tebing curam yang indah namun juga cukup berbahaya jika Anda tidak berhati-hati.

Salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat datang ke Pantai Kisirat adalah menemani pulangnya sang matahari ke peraduan. Bagaimana menikmati sunset di antara tebing-tebing curam di pinggir pantai? Justru itulah hebatnya Pantai Kesirat. Disaat yang sama, tebing-tebing curam ini menyempurnakan pemandangan sunset yang penuh cahaya keemasan di seluruh pantai. Luar biasa menakjubkan!

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo hampir mirip dengan Kesirat. Hanya saja Wediombo memiliki tepian pasir putih yang menawan dan menggoda untuk menggelitik jari-jari kaki. Hanya di beberapa titik terdapat batuan dan tebing karang curam seperti Kesirat. Meski begitu, keindahan batuan karang ini berhasil menjadikan suasana Wediombo lebih unik dan berbeda dari pantai lainnya.

Selain bermain pasir putih dan memancing, para pengunjung dari kalangan anak muda hingga keluarga memiliki aktivitas favorit di Pantai Wediombo. Menunggu matahari tenggelam di spot terbaik Laguna Wediombo. Laguna alami ini berada di tepian pantai di antara batu-batuan. Deburan ombak yang masuk ke dalam laguna relatif aman, cocok untuk menemani Anda menyaksikan sang surya tenggelam ke peraduan. Dijamin membuat Anda terkagum-kagum!

Pantai Watu Lumbung

Jogja dipenuhi tempat-tempat wisata unik yang membuat kagum banyak orang. Namun diantara yang unik di Jogja, Pantai Watu Lumbung inilah yang paling unik. Tempat wisata ini memberi kesan hangat dan romantis begitu Anda menjejakkan kaki di bibir pantai. Meski tidak memiliki pasir putih seperti pantai kebanyakan, namun keindahan Watu Lumbung tidak tergantikan.

Gemuruh ombaknya yang cukup besar, membuat Watu Lumbung seringkali didatangi untuk surfing. Namun para wisatawan yang datang juga sengaja menunggu sore hari untuk mengantar matahari pulang ke peraduannya. Nuansa jingga dan emas yang semburat dari sang surya, membuat kombinasi karang dan lautan yang luar biasa indah. Watu Lumbung menjadi tempat menikmati sunset di seputar Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp