Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak disukai orang sejak beberapa tahun terakhir. Aplikasi ini diumpamakan sebuah album digital yang mana isinya merupakan sekumpulan foto dan video pilihan yang diposting pengguna pada akun masing-masing.

Ada banyak tema foto/video yang menarik untuk diposting. Bisa sesuatu yang berhubungan dengan dunia kecantikan, kuliner, home decor, landscape, objek wisata dan sebagainya. Ngomong-ngomong soal objek wisata, Indonesia bukan negeri yang kekurangan panorama indah. Salah satu tujuan wisata yang punya banyak tempat-tempat keren adalah Jogjakarta.

Jika kamu berwisata di Jogja, jangan lupa abadikan 10 tempat instagramable berikut ini dengan kamera kesayanganmu.

1. Bukit Panguk Kediwung

Panguk Kediwung Jogja

Bermula dari postingan beberapa pengguna di sosial media, nama Bukit Panguk Kediwung mulai menjadi sorotan sekitar tahun 2016 silam. Secara keseluruhan, tempat ini menghadirkan pesona alam yang mengagumkan. Selain untuk menikmati sunrise dari posisi tertinggi bukit, alasan lain yang membuat wisatawan ramai datang ke sini adalah berburu spot-spot foto keren.

Jika kita berfoto di bukit saat matahari belum terbit sepenuhnya, maka kita bisa menyaksikan kabut tebal melingkupi area kaki bukit. Suasana seperti itulah yang akan membuat fotomu seolah-olah sedang berada di negeri di atas awan. Bukan hanya itu, masih ada hutan pinus, sungai, kebun buah, dan seluruh spot-spot lain di Bukit Panguk Kediwung yang sayang dilewatkan begitu saja.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Rutenya sangat mudah diingat. Dari Kebun Buah Mangunan yang terkenal itu hanya butuh 3 kilometer lagi saja menuju Bukit Panguk Kediwung.

2. Jurang Tambelan
Jurang Tembelan Kanigori Bantul Yogyakarta

Foto Oleh: IG @roh_kyt

Tempat lain di Jogja yang instagramable adalah Jurang Tambelan. Mendengar kata jurang mungkin sedikit horor bagi yang phobia dengan ketinggian. Namun percayalah, tempat ini sungguh memukau untuk tempat berfoto. Apalagi bagi mereka yang hobi memotret landscape. Dijamin hasilnya bikin follower takjub dan ingin datang ke sini juga.

Hal yang paling menyenangkan di Jurang Tambelan adalah memotret sunrise, terutama di musim kemarau. Sebab, saat musim kemarau kita bisa menghasilkan foto dengan latar gumpalan-gumpalan awan serta kabut pagi yang lebih jelas. Beda ketika musim hujan, awan turun dan kabut yang terlihat tipis. Sehingga foto yang dihasilkan terkesan kurang “wah”.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Jogja. Dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 1 jam saja. Rutenya sangat informatif. Dari kawasan Kebun Buah Mangunan atau Gardu Pandang, kita tinggal mengikuti papan-papan petunjuk yang tersedia menuju Jurang Tambelan.

3. Hutan Pinus Pengger

Pinus Pengger Bantul

Foto Oleh: IG @yayaclaraa

Semenjak bukit Panguk Kediwung booming, semakin banyak tempat-tempat wisata baru yang instagramable di Jogja, khususnya di kawasan Bantul sekitarnya. Opsi lain yang wajib dituju jika kebetulan berada di Jogja adalah Hutan Pinus Pengger.

Meski disebut hutan, namun sama sekali tidak terkesan mengerikan. Malah pengelola tempat ini sangat kreatif menambahkan ornamen-ornamen khusus sebagai objek pendukung bagi yang ingin berfoto-foto. Contohnya seperti ornamen tangan raksasa dan rumah Indian yang keren banget dijadikan tempat foto kala malam hari.
Untuk lokasi, Pinus Pengger termasuk dalam wilayah administratif Dusun Sendang Sari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Rutenya dimulai dari Jalan Wonosari Jogja menuju Bukit Bintang. Selanjutnya tinggal 4,5 kilometer lagi ke Dlingo dari perempatan Pathuk.

4. Bukit Lintang Sewu

Foto Oleh: IG @gunawanwicaksana28

Selain hutan pinus, di Dlingo juga ada hutan kayu putih yang diberi nama Bukit Lintang Sewu. Tempat ini tak kalah menyedot perhatian wisatawan. Sebab, background alamnya sungguh epic untuk diabadikan lewat kamera.
Bukit Lintang Sewu bukan hanya seru dinikmati pada pagi atau siang hari. Pada malam hari, paling asyik memandang langit lepas bertabur bintang dari atas gardu pandang atau rumah pohon.

Ayo, jangan lewatkan pengalaman seru ini. Lokasinya berada di Dusun Karangasem, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja untuk sampai ke sini.

5. Seribu Batu Songgo Langit

Foto Oleh: IG @seribubatusonggolangit

Dari namanya saja sudah terdengar unik. Dalam Bahasa Indonesia, Seribu Batu Songgo Langit berarti 1.000 batu penyangga langit. Jadi jelas bahwa di sini kita akan melihat banyak sekali batu-batu raksasa bertebaran.

Untuk membuat objek wisata ini jadi lebih menarik dan instagramable, pihak pengelola menambahkan spot-spot khusus untuk berfoto seperti rumah The Hobbit. Rumah The Hobbit merupakan rumah-rumah kecil yang dibuat murni dari kayu sebagai bahan utama. Juga, jembatan kayu yang tampak sederhana tapi keren untuk difoto.

Rute terbaik yang disarankan menuju lokasi Seribu Batu adalah dari Jalan Sisingamangaraja, Yogyakarta. Sekitar 11 km ke depan, kita akan menjumpai perempatan. Arahkan kendaraan ke kiri lalu susuri jalan Bakulan Imogiri sejauh 1 km. Sampai di titik ini, tinggal ikuti papan petunjuk yang terdapat di bahu jalan menuju ke Dlingo. Dijamin tidak nyasar selama mengikuti petunjuk tersebut.

6. Candi Ijo

Foto Oleh: IG @rizkakhadafi

Tempat lain di Jogja yang intragamable adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan candi yang letaknya paling tinggi dibanding candi-candi lain di Jogja. Lebih kurang 410 Mdpl. Mungkin karena jauh di keteinggian itulah yang membuat nama Candi Ijo belum terlalu terkenal.

Padahal, pemandangan di sekitar candi ini sangat mempesona. Terlebih saat sore hari, dimana sinar matahari senja mengguyur tiap bagian-bagian candi. Pancaran sinar alami inilah yang akan membuat hasil foto kita jadi spektakuler.
Kita dapat mengakses Candi Ijo dari Jalan Prambanan-Piyungan menuju Istana Ratu Boko. Dari istana belok kiri dan selanjutnya tinggal mengikuti papan petunjuk arah di bahu jalan.

7. Pantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Jogja juga terkenal dengan wisata pantainya. Pantai Timang contohnya. Daya tarik utama dari pantai ini terletak pada air lautnya yang bening serta hamparan pasir putih berbutiran halus. Saking eloknya, banyak pengguna instagram yang memosting foto mereka saat datang ke sini.

Selain memotret keindahan alamiah pantai, kita juga bisa berselfie ria di atas gondola kayu. Gondola ini disediakan untuk wisatawan yang ingin menyebrangi laut menuju ke Pulau Karang. Sayang sekali bila pengalaman seru ini tidak diabadikan dengan kamera, bukan?

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Timang, rutenya dimulai dari pusat kota Jogja – Wonosari – Pantai Baron — Pantai Siung—Pasar Dakbong. Sampai di Pasar Dakbong kita tinggal mengikuti plang petunjuk arah menuju Pantai Timang.

8. Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru Jogja

Mari kita merapat ke Kulonprogo. Di sini ada suatu tempat yang sangat estetik. Kalibiru namanya. Sama seperti spot-spot keren sebelumnya, secara keseluruhan Kalibiru mengusung pemandangan alam nan indah berupa bukit dan Waduk Sermo. Selain tempat yang asyik untuk kegiatan fotografi outdoor, Kalibiru juga cocok untuk pengunjung ingin melakukan outbond maupun camping.

9. Mangrove Kadilangu

Foto Oleh: IG @santi_ardiyaningrum

Masih seputaran kawasan Kulonprogo, ada lagi spot yang instagramable yakni Mangrove Kadilangu. Mangrove Kadilangu merupakan kawasan hutan bakau yang berada di sisi aliran sungai Bogowonto. Uniknya, pengelola membangun beberapa jembatan dengan bentuk yang bervariasi agar pengunjung bisa menjelajahi hamparan hutan mangrove yang luas dari atas. Selain itu, ada juga tower berbentuk kerucut yang bisa dinaiki serta gardu pandang bagi pengunjung yang ingin melihat view yang lebih luas lagi.

Lokasi Mangrobe Kadilangu terletak di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulon Progo atau sekitar 15 menit dari Pantai Cogot. Bisa diakses dari jalur utara atau selatan Yogyakarta.

10. Istana Air Tamansari

Foto Oleh: IG @risqiadinda

Terakhir, spot instagramable di Jogja yang tak kalah apik adalah Istana Air Tamansari. Sangat mudah diakses karena terletak di pusat kota Jogja dan dekat dengan keraton Ngayogyarta Hadiningrat atau sekitar 15 menit dari dari alun-alun utara keraton.

Sebelum dibuka untuk umum, dulunya Istana Air Tamansari merupakan benteng pertahanan dan tempat rekreasi keluarga kerajaan. Tak heran jika suasana serta arsitektur tempat ini sangat khas dan bernilai seni tinggi.
Istana Air Tamansari dibangun di atas tanah seluas 10 hektare. Saking luasnya, ada 57 bangunan artistik di dalamnya. Masing-masing bangunan tentu menampilkan keindahan masing-masing. Yang pasti semua tempat keren sekali dijadikan background foto.

Itulah 10 tempat yang instagramable di Jogja. Semoga ulasan di atas menambah khazanah pengetahuan kita tentang objek-objek wisata di Indonesia, khususnya Jogja.

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments