Bandung merupakan kota wisata paling populer yang ada di Jawa Barat. Tidak hanya populer di kalangan wisatawan domestik saja, Bandung bahkan sering menjadi tempat tujuan wisata para pelancong dari mancanegara.

Daya tarik Bandung sangat banyak, mulai dari kulinernya, bahasa daerahnya, adat dan istiadatnya hingga tempat wisata alamnya. Mereka yang sudah pernah mengunjungi satu saja tempat wisata alam khas Bandung, akan terpanggil untuk datang kembali. Sebut saja Tangkuban Perahu dan Kawah Putih, bahkan saking populernya kedua tempat wisata tersebut seringkali dijadikan sebagai latar tempat di berbagai film Indonesia.

10 Spot Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Punya agenda wisata ke Bandung selama beberapa hari dan ingin mengunjungi tempat-tempat wisata alam terbaiknya. Mungkin rekomendasi ini bisa membantu Anda:

1. Tangkuban Perahu

 

Liburan ke Bandung tidak afdol bila tidak pergi ke Tangkuban Perahu. Tempat wisata ini sangat populer di kalangan milenial di samping unsur legenda rakyat setempat yang melekat erat di sana.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan Gunung dengan ketinggian 2.084 meter berada persis 20 km dari Bandung Utara dan hingga saat ini masih dalam kondisi yang aktif. Dalam legenda rakyat yang berkembang dikatakan jika Gunung Tangkuban Perahu terbentuk karena ulah Sangkuriang.

Sangkuriang yang digambarkan jatuh cinta pada Dayang Sumbi alias ibunya sendiri meresa kecewa karena gagal mempersuntingnya. Maka ditendangnyalah perahu yang telah dibuatnya hingga mendarat terbalik dan terbentuk menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

2. Kawah Putih

Sedang liburan di sekitar Ciwidey? Maka jangan lewatkan kesempatan emas untuk berkunjung ke kawah putih. Tempat wisata alam ini punya pemandangan alami yang sangat asri.

Kabarnya, Kawah Putih terbentuk dari hasil letusan sebuah gunung yang kemudian berubah menjadi sebuah danau. Ada pun gunung yang dimaksud adalah Gunung Patuha. Jadi, jangan heran jika di sekeliling kawah kita biasa mencium aroma belerang.

Salah satu daya tarik alam dari kawasan wisata ini adalah air kawah yang berwarna putih kehijauan. Dan terkadang, air kawah tersebut bisa berubah-ubah warnanya. Karena termasuk tempat wisata terpopuler di Bandung, tempat ini hampir setiap hari dikunjungi oleh wisatawan.

3. Situ Patenggang

Masih berupa wisata danau dan sama-sama terletak di Ciwidey adalah Situ Patenggang. Bedanya, pemandangan di Situs Patenggangg tampak lebih hijau dan asri bila dibandingkan dengan Kawah Putih yang berwarna putih.

Danau ini tampak sangat asri dan eksotik karena hamparan kebun teh yang sengaja ditanam dan dipelihara oleh warga sekitar. Setelah Anda liburan di Kawah Putih, pastikan untuk ke tempat ini. Jaraknya sangat dekat, hanya memakan waktu 10 menit atau setara 7km.

4. Tebing Kraton Dago Atas

Ingin melihat ciptaan tuhan yang sangat indah dan menghirup udara yang sangat bersih saat liburan di Bandung maka pilihlah tempat ini. Tebing Kraton Dago Atas merupakan tempat wisata hutan dan perbukitan yang menampilkan panorama hutan yang sangat asri.

Tidak jarang kita akan menemukan satu atau beberapa fotografer yang mengambil foto pemandangan di kawasan wisata alam ini. Karena gambaran keindahan sunrise dan sunset di Tebing Kraton Dago Atas memang tak ada duanya.

5. The Lodge Maribaya

Jika tempat tujuan liburan adalah Bandung Barat, maka kunjungi tempat wisata alam The Lodget Maribaya ini. Konsep wisata yang sengaja dibangun di tempat ini adalah wisata Instagramable yang cocok untuk mengabadikan momen-moment unik dan menantang.

Pada mulanya, tempat wisata ini sebenarnya adalah lahan yang berada persis di patahan Lembang. Namun, suatu hari ada seorang pengusaha Garut yang tertarik untuk membangun villa di lahan tersebut hingga jadilah villa yang indah.

Sayangnya, villa yang indah tersebut lebih sering kosong daripada digunakan. Jadi daripada keindahannya tersembunyi dan tidak bisa terjamah, pengusaha tersebut memutuskan untuk membuka The Lodge Maribaya.

6. Grafika Cikole

Jejak piknik Anda di Bandung harus menjajaki salah satu kawasan yang ada di Cikole, Lembang yakni Grafika Cikole. Tempat ini dikena sebagai tempat wisata hijau yang berada di lahan seluas 9 hektar tepatnya di kawasan perbukitan. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas pemandangan yang tersaji di tempat wisata ini sudah pasti sangat asri.

Fasilitas yang diberikan sudah cukup lengkap seiring dengan bertambahnya pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Jika Anda tertarik untuk refreshing otak ke tempat yang menenangkan dengan aroma hutan pinus yang menyegarkan. Maka Grafika Cikole wajib dimasukkan dalam agenda perjalanan wisata Bandung Anda.

7. Floating Market

Wisata di Bandung belakangan ini terus dikembangkan baik oleh pemerintah maupun oleh usaha para pengusaha asal Bandung dan sekitarnya. Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling diserbu di momen-momen liburan adalah Floating Market.

Tempat wisata ini populer karena menghadirkan nuansa wisata alam inovatif yang belum tentu ditemukan saat berkunjung ke kota lainnya. Karena semakin banyak orang yang berkunjung, fasilitas di Floating Market mengalami banyak peningkatan. Pelanggan tidak hanya memiliki kesempatan untuk belanja di pasar kuliner terapung, tapi juga bisa menikmati sensasi makan ala café.

Daripada berkunjung sendiri, ke Floating Market memang paling pas bila dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Karena anak-anak pun dijamin akan sangat menyukai pemandangan dan suasana yang tersaji di tempat wisata ini.

8. Farm House

Namanya saja sudah Farm House jadi sudah bisa dibayangkan apa tokoh utama yang sangat mencolok dari tempat wisata ini. Farm House merupakan taman hiburan dengan konsep modern tradisional Eropa. Setidaknya dengan mengunjungi Farm House bisa memenuhi keinginan Anda yang tidak bisa berlibur ke luar negeri.

Selain mengusung konsep Eropa, Farm House juga menawarkan fasilitas Rumah Kurcaci Taman Bunga. Keindahan dari taman bunga yang tersaji indah akan membuat Anda terhipnotis bahkan tidak sadar akan berpose di sekelilingnya. Setelah puas mengelilingi taman bunga, pastikan untuk melihat-lihat rumah hobbit yang ada di sana.

Untuk menghibur pelanggan anak-anak, Farm House menyediakan fasilitas kebun binatang. Di mana terdapat beberapa hewan yang jinak seperti iguana, kuda, kelinci, burung dan masih banyak lagi. Anak yang rewel karena kelelahan bisa diajak ke tempat ini agar kembali tenang dan riang.

Satu lagi daya tarik dari Farm House adalah jembatan cintanya. Tidak mau kalah dari Namsan Tower yang ada di Seoul, Farm House turut menyediakan fasilitas gembok kunci. Konon, pasangan yang mengukir nama mereka di atas gembok lalu mengunci gemboknya akan menjadi pasangan yang abadi.

9. Situ Cileunca

 

Anda yang belum pernah ke tempat ini, sangat direkomendasikan untuk mampir. Karena meskipun merupakan danau buatan, keindahan dari Situ Cileunca tidak kalah indahnya dari danau alami ciptaan tuhan.

Danau ini memang sengaja dibuat untuk kepentingan PLTA, di mana aliran listriknya nanti akan dimanfaatkan oleh pabrik teh sekaligus menerangi kota Bandung tepatnya di zaman penjajahan beberapa ratus tahun silam.

Keunikan dari tempat ini adalah sejarahnya, Situ Cileunca sebelum dibangun menjadi danau adalah hutan belantara. Namun, karena kebutuhan listrik yang sangat mendesak pemerintah memutuskan untuk membabat habis hutan tersebut dan menjadikannya sebagai danau buatan.

Nikmati pemandangan danau yang sangat luas, potretnya sangat indah bahkan hampir menyerupai lukisan tangan pelukis terkenal.

10. Ranca Upas Ciwidey

Suka berkemah? Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata perkemahan masyarakat Bandung Selatan dan sekitarnya. Selain menyediakan fasilitas perkemahan, Ranca Upas Ciwidey turut menawarkan fasilitas menarik lainnya. Di mana, pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan rusa yang tinggal di dalam penangkaran.

Bila yang ingin menguji adrenalin bisa memanfaatkan fasilitas outbound yang tersedia atau lebih tertarik untuk mandi di pemandian air panasnya. Bisa dibilang jika fasilitas yang ada di Ranca Upas Ciwidey sangatlah lengkap. Tidak heran jika tempat wisata ini menjadi langganan study tour anak sekolah atau tempat wisata keluarga.

Itulah kesepuluh tempat wisata alam menarik yang selalu bisa Anda kunjungi saat berada di Bandung. Ketika mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut dijamin otak Anda akan kembali segar dan tubuh menjadi lebih rileks. Pekerjaan yang selama ini membelenggu secara otomatis akan terlupakan dengan segera setelah menyaksikan keindahan alamnya.

 

 

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.40 out of 5)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp