Ada banyak sekali kuliner legendaris di Semarang yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi. Semarang sendiri terkenal dengan lumpianya jadi tidak heran jika banyak orang yang menyebut kota ini sebagai kota Lumpia. Namun di Semarang tidak hanya terdapat lumpia, masih banyak berbagai macam makanan dan masakan khas yang dapat dicoba. Berikut rekomendasi 10 macam kuliner terpopuler di Semarang beserta tempat-tempat yang harus Anda datangi.

Daftar 10 kuliner legendaris di Semarang

  1. Lumpia Gang Lombok

Kuliner pertama tentu saja lumpia yang merupakan panganan paling populer di Semarang. Banyak sekali orang-orang yang berlibur ke Semarang pasti pulang membawa panganan satu ini sebagai oleh-oleh Semarang. Salah satu yang paling banyak dicari adalah lumpia Gang Lombok.

Memang ada banyak para penjual lumpia di Semarang, namun lumpia Gang Lombok merupakan generasi tertua yang menjual panganan ini. Jika mau ke sana, maka kiosnya sendiri berlokasi di dekat klenteng tertua di Semarang yaitu Klenteng Tay Kak Sie. Tepatnya ada di Jalan Gang Lombok No. 11, Semarang. Di sini bisa dibeli baik lumpia basah maupun yang sudah digoreng. Biasanya lumpia tersebut diberi isi telur, rebung, daging ayam dan ada juga yang dicampur dengan udang.

  1. Tahu Gimbal H. Edy

Makanan satu ini juga harus masuk ke dalam daftar 10 kuliner legendaris di Semarang yang harus dicoba. Memang mencari tahu gimbal di Semarang sangatlah mudah karena ada banyak yang jual, Anda bahkan dapat menemukan di beberapa warung tenda yang biasanya dibuka dari sore sampai malam. Sedangkan tahu gimbal H. Edy ini berlokasi di shelter Taman Menteri Supeno.

Lebih tepatnya Anda bisa mengambil arah dari Tugu Tunas di Jalan Pahlawan dan warung H. Edy ini letaknya di Jalan Pandanaran II atau sebelah kanan Taman Menteri Supeno. Usaha tahu gimbal ini sudah buka dari tahun 1970, jadi sangat legendaris. Seporsi tahu gimbal diisi potongan lontong, tahu, rempeyek udang, telur ceplok, taoge dan irisan kubis.

  1. Bebek Goreng Pak Thori

Hampir di semua kota besar terdapat bebek goreng, termasuk di Semarang. Nah, salah satu warung yang menyajikan masakan satu ini yaitu Bebek Goreng Pak Thori. Wisata kuliner kota Semarang, Jawa Tengah ini lokasinya bisa ditemukan di Jalan raya Gunungpati Km 15, Semarang.

Bebek goreng yang disajikan di warung ini mempunyai tekstur yang sangat empuk dan rasanya gurih, tak bau amis dengan aroma rempah-rempah yang kuat. Saat pesan, bebek goreng biasa disajikan dengan nasi putih dan lalapan serta sambal hijau atau merah. Pengunjung sendiri dapat bebas pesan sambal apa saja.

  1. Asem Asem Koh Liem

Jika ingin mencicipi masakan dengan cita rasa khas, maka silahkan datang ke Asem Asem Koh Liem. Di sini ada berbagai macam menu masakan yang disajikan termasuk Asem Asem yang paling terkenal dan laris manis.

Kuliner asem asem sendiri sebetulnya hampir sama dengan garang asem, cuma bedanya jika garang asem disajikan dengan daging ayam maka asem asem ini dibuat menggunakan daging sapi yang dicampur kuah segar bercita rasa asam manis. Kuah ini sendiri dimasak dari campuran potongan tomat dan belimbing wuluh.

Lokasi warung Asem Asem ini ada di Jalan Karanganyar Blok C-4 no. 28, Semarang. Menu Asem Asem sangat cocok dijadikan kuliner semarang siang yang enak di waktu panas ataupun malam hari di waktu hujan.

  1. Mie Slang Kie

Jika Anda tertarik mencicipi kuliner Chinatown Semarang maka silahkan datang ke Mie Slang Kie. Bagi para pengunjung non-muslim dapat mencicipi mie pangsit dengan isian daging babi lezat beraroma unik. Rasa mienya semakin terasa nikmat karena dicampur dengan kuah kaldu yang gurih ditambah pangsit daging babi serta sawi rebus.

Kedai Mie Slang Kie sendiri sudah ada sejak jaman Belanda dan lokasinya ada di Gang Lombok no. 10, Kawasan Pecinan, Semarang. Salah satu menu yang sering dipesan adalah mie pangsit rebus atau godok. Seporsi mie ini disajikan dengan daging ayam, kekian, telur dadar suwir dan pangsit rebus.

  1. Soto Ayam Bangkong

Sebagai salah satu kota di Jawa, Semarang juga punya kuliner berupa soto. Tapi salah satu kuliner legendaris di Semarang yang sangat terkenal yaitu Soto Bangkong. Soto ini sudah ada sejak tahun 1950 dan dulunya sering dijajakan dengan cara dipikul berkeliling kota sebelum pada akhirnya menetap di Jalan Brigjen Katamso (dulunya nama jalan ini adalah Jalan Bangkong). Ada juga cabangnya di Jalan Setia Budi no. 229, Semarang.

Soto Bangkong ini disajikan dengan kuah kental yang gurih dengan suwiran ayam kampung, bihun dan taburan bawang goreng merah. Rasanya sendiri sangat unik dan beraroma rempah-rempah kuat. Mencicipi soto ini hangat-hangat saat cuaca sedang dingin pastinya amat nikmat.

  1. Pisang Plenet Pak Subandi

Pak Subandi sudah berjualan pisang planet sejak tahun 1975, jadi tidak heran kalau kuliner ini juga menjadi kuliner legendaris di Semarang. Diberi nama planet karena pisangnya sendiri dibuat dengan cara dibakar di atas tungku panggangan, kemudian ketika sudah matang diangkat kemudian dipenet-penet atau diplenet. Pisangnya sendiri nanti diberi isian macam-macam seperti selai nanas, isian gula dan mentega.

1 porsi pisang plenet terdiri dari 4 biji pisang kapok atau 4 tangkep pisang yang dibungkus dengan daun pisang. Harganya sangat murah hanya sekitar Rp 12 ribuan untuk semua jenis isian pisangnya. Ketika dicoba rasanya manis dan enak. Lokasi kuliner pisang plenet ini dapat ditemukan di Jalan Pemuda, Pandansari, Semarang dan biasanya pak Subandi mangkal mulai tiap hari mulai dari jam 14.00-24.00 WIB.

  1. Angkringan Kemebul

Anda bisa datang di sore hari untuk menikmati angkringan ini, Angkringan Kemebul buka setiap hari (kecuali hari Senin) dari pukul 18.00-24.00 WIB. Di sini banyak sekali orang-orang yang datang tidak hanya mencicipi kulinernya, tapi juga nongkrong sambil bermain WIFI hingga menikmati live music atau nobar.

Menu di angkringan ini sangatlah beragam, ada berbagai macma menu lauk pauk untuk menemani nasinya yang dibungkus dengan daun pisang. Bahkan ada juga beberapa camilan yang dijajakan juga. Anda bisa membeli bermacam-macam gorengan atau tusuk sate seperti usus, nugget, telur puyuh, dan sebagainya.

  1. Leker Palmo

 

Mau mencicipi kuliner tradisional yang tidak kalah dengan pizza atau krepes? Ada kuliner legendaris di Semarang berupa Leker Palmo yang sudah memiliki banyak pelanggan. Ada berbagai macam isian dan rasa leker yang dapat dipesan. Contohnya bagi Anda yang suka dengan cita rasa manis, maka dapat memesan leker dengan isian coklat atau pisang. Sedangkan Anda yang suka dengan cita rasa gurih atau asin, maka dapat memesan leker dengan isian keju atau sosis mozzarella.

Harga Leker Palmo sangatlah bervariasi, tapi tetap terjangkau dan murah dan harga tergantung pilihan isiannya. Jika Anda ingin mencari lokasi dari Leker Palmo maka silahkan pergi ke Jalan Karang Anyar no.37, Brumbungan, Semarang. Leker ini sendiri sudah lama dibuka sejak tahun 1993, awalnya dibuka di daerah Karanggeneng sebelum pada akhirnya memutuskan pindah ke tempat sekarang.

  1. Es Puter Cong Lik

Untuk wisata kuliner legendaris satu ini sangat cocok dinikmati di waktu panas. Anda bisa menyantap es segar di Es Puter Cong Lik yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan A no.11. Es puter ini menyediakan berbagai macam pilihan isian, seperti leci kopyor, cokelat, kelengkeng, sirsak, alpukat, blewah, durian dan kacang. Dapat dipilih sesuai dengan selera Anda. Seporsi es puter biasanya disajikan dengan 1-2 scopp es krim segar dan enak. Harganya sendiri sangat terjangkau, masih di kisaran Rp 10 hingga 12 ribuan saja.

Nama Cong Lik sendiri asalnya dari kata ‘Kacung Cilik’ atau pembantu kecil karena dulunya sang pemilik es puter ini yaitu Sukimin pernah menjadi pelayan bagi orang Jepang. Pada akhirnya Sukimin berjualan es puter dari nol sampai sekarang hingga dikenal oleh banyak orang di Semarang.

Itulah berbagai macam rekomendasi kuliner legendaris di Semarang yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini. Selamat menikmati

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp