Jika berbicara mengenai liburan, pastinya akan membuat semua orang kegirangan, bukan? Liburan yang asyik tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di indonesia pun memiliki cukup banyak destinasi menawan. Tidak percaya? Malah banyak traveller yang menyukai dan menjadi tempat-tempat di negeri ini sebagai tujuan liburannya.

Tidak heran memang mereka menjadikan negari kepulauan ini sebagai destinasi favoritnya. Indonesia memang memiliki segalanya untuk dijadikan tujuan liburan yang memukau. Selain cukup banyak destinasinya, banyak tempat yang menawarkan pesona alam yang memukau. Tidak hanya itu, banyak juga yang menawarkan aneka suku dan budayanya yang tidak ditemui di tempat lain.

Kalau sudah penasaran di mana saja destinasi yang jadi favorit para traveller, di sini ada 10 tempat yang jadi favoritnya.

  1. Bali

Foto Oleh: IG @magaroundtheglobe

Tidak salah jika Pulau Dewata ini ada di urutan teratas sebagai destinasi menawan bagi para traveller. Bali memiliki segalanya untuk didatangi para wisatawan, termasuk para wisatawan mancanegara. Selain memiliki tempat yang indah, alam yang masih asri dan penuh pesona, lalu memiliki juga budaya yang masih terjaga dengan baik, menjadi Bali sebagai tempat yang selalu ada di hati para wisatawan.

Kita mungkin bertanya, kenapa ya Bali selalu dijadikan destinasi favorit? Setidaknya alasan inilah yang melatarbelakanginya:

  • Bali menjadi tempat yang nyaman. Hal itu memang didukung dengan kenyataan karena Bali memiliki tempa yang nyaman dari berbagai sisi. Tengok saja alamnya yang memukau, pantainya yang indah, serta kondisi bawah lautnya yang masih terjaga. Berlibur ke Bali dijamin tidak akan membosankan. Kita pun bisa mengunjungi beberapa tempat terbaik, sebut saja
  • Banyak kuliner enak dan murah. Kuliner memang jadi tujuan lainnya di Bali yang menjadi andalan. Selain aneka sajian makanan laut yang menjadi andalan, kuliner tradisional di Bali pun turut menjadi andalan, sebut saja ayam betutu dan sate lilitnya. Untuk harga pun masih terhitung ramah. Kita hanya tinggal menentukan, mau kuliner yang murah atau yang mahal.
  • Mudahnya dalam menjalin teman baru. Sebagai tempat yang dikunjungi banyak orang, ternyata di sini akan cukup mudah berbaur dengan orang lain, salah satunya sesama traveller. Bahkan masyarakat Bali sendiri pun memiliki keramahan yang turut mendukung hangatnya berwisata ke pulau ini.
  1. Jogja

Foto Oleh: IG @viewjogja

Untuk kalangan para traveller, kota ini pastinya sudah tidak asing lagi. Ya Jogja sudah menjadi bagian dalam kehidupan para wisatawan, tidak hanya dari dalam negeri, juga tentunya dari mancanegara.

Ada banyak alasan pastinya kenapa para traveller ini menjadikan kota dengan budaya yang kental ini sebagai destinasi wisatanya. Yang pertama adalah banyaknya potensi wisata yang memukau, baik wisata alamnya, wisata kulinernya, sampai dengan keunggulannya dari segi wisata budayanya sendiri.

Kita bisa melihat banyaknya deretan wisata alam yang memberikan pesonanya, sebut saja Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk, Air Terjun Grojogan Sewu, Pinus Pengger, dan sederet wisata alam lainnya.

Tidak kalah dengan wisata alamnya yang memberikan pesonanya, wisata kulinernya pun demikian. Selain kita kenal dengan kota gudeg, masih ada ragam pilihan kuliner lainnya, yang autentik juga modern. Terdapat sederer kuliner yang menggugah selera, seperti Mi Ayam Bu Tumini, Saoto Bathok Mbah Katro, Angkringan, Sate Klathak, dan lainnya.

Untuk wisata budaya rasanya kota Jogja masih memiliki andalan dengan berdirinya candi terbesar di dunia, Borobudur. Serta sederet candi lainnya yang menyimpan banyak kisah sejarah di masa lampau.

  1. Lombok

Foto Oleh: IG @balitopholiday

Mendengar nama Lombok, pastinya akan melekat dengan satu nama, yakni keindahan. Benar sekali dan itu tidak berlebihan karena Pulau Lombok ini memiliki banyak pesonan yang membuat para traveller jatuh hati padanya. Pulau yang indah, pantai yang bersih, pasir pantainya yang lembut, serta kondisi perairannya yang tidak mampu ditolak oleh siapapun yang hendak mengunjungi pulau yang satu ini.

Wisata alam memang menjadi andalan dari pulau yang berbatasan langsung dengan Bali ini. Sebut saja Pantai Tanjung Aan, Gunung Rinjani, Bukit Merese adalah sedikit wisata alam yang dihadirkan oleh pulau ini. Namun dari sekian banyaknya wisata alam yang menggoda, rasanya Kepulauan Gili masih tiada tandingannya. Di Lombok, Kepulauan Gili memang layaknya surga yang memberikan banyak kenyamanan bagi siapa saja yang datang.

Yang menarik dari Lombok adalah, meski berbatasan dengan Bali yang notabene sebagai pulau dengan masyarakat Hindu yang besar, namun bagi traveller yang beragama muslim, tidak akan kesulitan mencari tempat ibadah. Selain itu, banyak juga santapan enak nan lezat yang halal untuk dinikmati. Tidak hanya itu, masyarakatnya pun masih memegan adat serta agama yang kuat secara turun temurun.

  1. Bromo

Foto Oleh: IG @ucupzphotos

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dihuni oleh banyak gunung api yang masih aktif. Dari sekian banyaknya gunung tersebut, terselip satu nama gunung api aktif yang banyak dibicarakan oleh para traveller, yakni Bromo. Gunung menawan ini berada di Jawa Timur, yang sudah menjadi wisata utama kawasan tersebut.

Lalu apa menariknya wisata Bromo ini? Jika pertanyaan itu ditanyakan pada traveller maka jawabannya pasti terbitnya sinar matahari yang super indah. Ya dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan sebutan “the Famaous Sunrise”. Untuk melihat keindahan sinar matahari pagi itu diperlukan perjuangan dan waktu yang tepat. Namun hasilnya tentu akan setara dengan perjuangannya.

  1. Bandung

Foto Oleh: IG @explorebandung

Bandung menjadi satu dari banyaknya tempat di Indonesia yang jadi favorit para traveller. Kota yang dijuluki Parisj van Java ini memang cukup lekat dengan para penikmat wisata, termasuk dari mancanegara sekalipun. Kota ini memiliki banyak tempat wisata, termasuk wisata tematiknya.

Tidak hanya itu, sejumlah wisata yang melegenda pun dimilikinya, sebut saja Museum Asia Afrika yang selalu jadi magnet di jantung kota ini. Lalu tersaji pula wisata alamnya yang memesona di daerah Bandung Utara dan Bandung Selatan. Jika ingin berwisata kuliner, kota ini memili segudang kuliner enak dan legenda, sebut saja surabi, lotek, mi kocok, dan lainnya.

Namun rasanya tidak akan lengkap jika ke Bandung tanpa berwisata fashion. Sesuai dengan julukannya, Bandung memiliki banyak sentra fashion yang bisa kita datangi, salah satunya adalah factory outlet yang masih eksis.

  1. Pacitan

Foto Oleh: IG @thisiseastjava

Jika pada masa pemerintahan Presiden SBY, kita tentunya sering mendengar nama lokasi kelahiran beliau, yakni Pacitan. Selain menjadi tersohor karena sosok beliau, ternyata kabupaten yang ada di Jawa Timur ini menjadi destinaso favorit bagi para traveller lho. Mau tahu kenapa?

Di Pacitan ini memiliki sederet goa yang masih alami dan memberikan pesonanya, sebut saja Goa Gong, Goa Tabuhan, Goa Luweng Jaran yang semuanya memberikan sisi eksotis dari kabupaten kecil ini.

Tidak hanya itu, alasan kenapa Pacitan ini sering dikunjungi oleh para traveller karena tersajinya pantai yang masih asli, perawan, dan tentunya indah. Pantai-pantai tersebut di antaranya Pantai Srau, Pantai Klayar, juga Pantai Watu Karung, yang semuanya bisa dinikmati dengan nyaman.

  1. Dieng

Foto Oleh: IG @montside

Dieng atau yang bisa disebut dengan Dataran Tinggi Dieng atau juga dijuliki dengan “Negeri di Atas Awan” sudah menjadi lokasi favorit bagi pecinta wisata. Sesuai namanya, lokasi Dieng ini ada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, yang memiliki suhu cenderung dingin. Maka tidak salah jika para traveller amat menyukainya.

Di Dieng pun memiliki banyak tempat wisata terbaik, di antaranya yang bisa dikunjungi adalah Telaga Warna layaknya di Kelimutu, Candi Arjuna, Gunung Prau, atau Kawah Sikidang. Semuanya menarik untuk dinikmati pesonanya.

  1. Karimunjawa

Foto Oleh: IG @ygau89

Jika ada yang bertanya, wisata alam manakah yang harus dikunjungi di Indonesia? Rasanya menyebut nama Karimunjawa tidak salah. Maka dari itulah, kenapa banyak traveller yang seakan tidak pernah bosan untuk menikmati pesonanya.

Lokasi yang memiliki kawasan perairan indah seluas kurang lebih 110.000 hektare ini memang menawan dan layaknya surga dunia. Bagaimana tidak, Karimunjawa memiliki pantai serta lautnya yang teramat indah. Bahkan jika menyelam di kedalaman, kita akan diajak untuk melihat hamparan terumbu karang yang menakjubkan. Tidak hanya itu, di laut Karimunjawa pun kita bisa berenang dengan hiu jenis Blacktip Reef, yang memang mudah ditemui di sana. Menakjubkan tentunya!

  1. Padang

Foto Oleh: IG @yogakah

Kita tentunya tidak asing bukan dengan masakan padang? Namun kali ini bukan itu yang akan dibahas, melainkan kota dengan segudang wisatanya. Kota Padang yang berada di Sumatera Barat ini memiliki banyak potensi wisata, yang disukai oleh banyak traveller. Selain kulinernya yang mendunia, destinasi wisatanya pun demikian. Kita bisa menikmati Lembah Anai, Pantai Nirwana, Pulau Sikuai, dan masih banyak lagi yang menawarkan sejuta keindahan.

  1. Belitung

Foto Oleh: IG @indransyah_

Belitung menjadi lokasi terakhir yang menjadi destinasi favorit. Kenapa bisa demikian? Sudah tidak salah lagi karena Belitung memiliki wisata alam yang tidak bisa diungkapkan dengan kalimat.

Perairan pantai dan laut yang jernih, pasir pantainya yang putih dan bersih, batuan alam yang tertata indah, semua itu menjadi alasan kenapa Belitung layak dikunjungi.

Nah, dari 10 lokasi favorit para traveller itu, mana yang akan kita kunjungi lebih dulu?

Dapatkan ebook GRATIS Panduan Wisata Bali. Masukkan email Anda di form berikut ini:

Comments