Sejak beberapa tahun terakhir mulai terekspos oleh media, Goa Pindul menjelma menjadi salah satu idola wisata di Jogja. Hal ini terlihat dari lonjakan pengunjung yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Apa saja sih yang menarik dari goa pindul sehingga banyak yang penasaran?

Wisata goa pindul masuk kedalam kategori wisata petualangan. Ada tiga paket wisata yang bisa kita pilih ketika kita mengunjungi objek  yang terletak di Karangmojo, Gunungkidul ini.

Paket Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Paket Wisata Cave Tubing Goa Pindul  Paket Wisata Goa Pindul

Yang pertama adalah Cave Tubing, di sini kita diajak untuk menyusuri sungai yang mengalir di dalam goa dengan menggunakan ban pelampung. Titik awal penelusuran adalah menelusuri sungai di area terbuka, soal keamanan jangan khawatir, karena pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan keamanan seperti ban pelampung, life vest atau jaket pelampung, helm pelindung, dan headlamp. Selain itu juga disediakan pemandu yang akan menemani rombongan dan memberi penjelasan mengenai spot-spot yang kita lintasi sepanjang penelusuran.

Tidak lama kemudian kita akan mulai memasuki goa pindul, goa ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter, dengan jarak langit-langit goa hingga permukaan air sekitar 4 meter dan kedalaman air antara 7-12 meter. Goa pindul memiliki 3 zona, zona terang, zona remang, dan zona gelap.

Di dalam goa kita dapat melihat stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar besar, stalagtit raksasa ini menempati peringkat 4 dunia.

Terdapat satu ruangan luas di dalam goa dengan lubang di langit-langit goa. Sinar matahari yang masuk dari atas memberi nuansa pemAndangan yang luar biasa unik.

Untuk menelusuri Goa Pindul dari ujung ke ujung kita membutuhkan waktu selama 45 menit. Waktu yang cukup untuk menikmati pemandangan goa dan merasakan sensasi petualangan yang berbeda.

Artikel Lain:  Hotel Dekat UGM Jogja

Paket Wisata Off Road

Paket Wisata Off Road  Paket Wisata Off Road di Pindul

Paket wisasta yang kedua adalah off road menyusuri sungai dan hujan di area seputar goa Pindul dengan menggunakan kendaraan khusus yang memang biasa dipakai untuk off road. Anda yang suka dengan petualangan dijamin bakal puas dengan paket wisata yang memakan durasi sekitar satu jam ini.

Paket Wisata River Tubing  Sungai Oya

River tubing Kali Oya  River tubing Kali Oya

Paket wisata Goa Pindul yang ketiga adalah river tubing sungai Oya. Sebaiknya jangan lewatkan paket yang satu ini. Dengan menggunakan ban dalam seperti pada penelusuran Goa Pindul serta kelengkapan keamanan lainnya, kita akan diajak mengarungi sungai Oya yang memiliki arus cukup deras ketika debit air tinggi namun cukup aman.

Selama menelusuri sungai sepanjang 1500m yang memiliki kedalaman 7-11 meter ini kita akan disuguhi pemAndangan tebing alami khas batuan karst Gunungkidul.

Relief alami tebing di sisi kiri dan kanan sungai membuat kita merasa betah berlama-lama menelusurinya. Setiap sudut rasanya tak ingin dilewatkan untuk berfoto bersama teman-teman.

Di tengah penelusuran kita akan diajak beristirahat sejenak di sebuah air terjun yang sangat indah. Kita bisa menikmati suasana alami di sekitar sungai dan air terjun. Dan jika Anda bernyali, Anda bisa mencoba melompat dari tebing setinggi kurang lebih 10 meter di pinggir sungai.

Waktu 1 hingga 2 jam penelusuran rasanya kurang, suasana alami di sekitar sungai Oya dengan tebing-tebing karst dan air terjunya membuat kita betah berlama-lama di sini.

Jika Anda ingin menikmati serunya petualangan di seputar goa Pindul silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Hubungi Kami

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.88 out of 5)
Loading...