Jika Anda sedang mencari Paket Wisata Gili Ketapang Probolinggo maka Anda sudah berada di halaman yang tepat 🙂 Bagi yang memiliki hobi snorkeling, anda harus berkunjung ke Probolinggo. Snorkeling merupakan olahraga air dimana kita dapat menikmati keindahan biota laut. Pulau Gili Ketapang  adalah pulau yang ada di Probolinggo yang memiliki pesona alam yang indah. Jika sebelumnya Probolinggo hanya terkenal dengan obyek wisata Gunung Bromo, maka wisata snorkeling di Pulau Gili ketapang menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri yang patut untuk dikunjungi kletika anda berada di Jawa Timur.  Pulau Gili Ketapang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau Gili Ketapang belum memiliki akses darat karena belum ada jembatan yang menghubungkan pulau kecil ini dengan pulau Jawa. Untuk mencapai pulau ini memerlukan persewaan kapal penumpang. Karena minimnya transportasi menuju pulau ini,  maka perlu booking terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan perahu menuju pulau ini. Selain itu, meskipun sebagian besar penduduk desa merupakan nelayan, namun tak semuanya menyewakan perahu untuk penyeberangan.

Menurut kepercayaan penduduk sekitar, Pulau Gili Ketapang dipercaya sebelumnya merupakan pulau yang ada di pulau Jawa, namun karena letusan dari Gunung Semeru, maka desa ini menjadi terpisah dan bergerak menuju tengah laut. Keindahan alam bawah laut yang ada di Pulau Gili Ketapang masih sangat alami, sehingga banyak wisawatan yang sangat menikmati snorkeling dan olahraga lain seperti diving di Pulau Gili Ketapang.  Terumbu karang yang ada di Pulau Gili Ketapang masih sedikit dan tidak sebanyak obyek wisata snorkeling lain yang sudah popular. Namun begitu, Pulau Gili Ketapang merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan lama biota laut tanpa terganggu dengan keramaian karena tempat ini masih sangat sedikit dikunjungi.

Artikel Lain:  Menikmati Sepuluh Obyek Wisata di Kawasan Dieng

Itinerary paket wisata Gili Ketapang Probolinggo

Terdapat dua jenis pantai di Pulau Gili Ketapang dengan kontur tanah yang berbeda.  Di pantai bagian timur Pulau Gili Ketapang, wisatawan akan menemukan area pantai dengan hamparan karang pantai. Pantai ini disebut dengan Pantai Yin-Yang. Pada pantai bagian Barat, maka akan dijumpai pantai dengan hamparan pasir. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki dermaga yang menghubungkan pelabuhan Pulau Gili Ketapang dengan pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.   Selain wisata snorkeling, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Pulau Gili Ketapang dengan mengeksplorasi Gua Kucing dan Pantai ekor.

  • Jam 07.00. wisatawan dijemput di tempat penjemputan yang telah ditentukan. Proses penjemputan bisa saja berada di titik bandara, stasiun, ataupun hotel yang ada di Surabaya atau Malang. Setelah proses penjemputan, rute berikutnya adalah Probolinggo. Waktu tempuh memakan hampir 2.5 jam
  • Setiba di pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal motor menuju pulau Gili Ketapang. Waktu tempuh menuju Gili ketapang adalah sekitar 1 jam perjalanan dengan ombak normal.
  • Setiba di Gili ketapang, wisatawan dapat menikmati pemandangan terumbu karang yang indah dan biota laut lainnya. Selain itu, wisatawan juga memperoleh waktu yang cukup untuk mengabadikan keindahan alam Gili ketapang. Waktu yang diberikan kepada wisatawan adalah hingga pukul 14.00 untuk berada di Pulau Gili.
  • Pukul 15.00. wisatawan ahrus sudah berada di pelabuhan Tanjung tembaga Probolinggo. Untuk sampai ke pelabuhan, menggunakan kapal bermotor kembali seperti pada waktu berangkat.
  • Tiba di pelabuhan,. Wisatawan akan diantar kembali menuju lokasi penjemputan semula.

Sudah termasuk:

  • Transportasi pribadi ( supir dan bahan bakar)
  • Biaya sewa perahu bermotor menuju dan ke Pulau Gili ketapang
  • Biaya menyewa peralatan untuk snorkeling.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 4.71 out of 5)
Loading...