Hamparan pasir putih yang lembut, batu-batu karang raksasa, air mancur alami, karang bolong, air terjun, dan seruling laut adalah kombinasi yang akan kita dapatkan ketika berada di pantai yang berjarak 40 KM dari kota Pacitan, Jawa Timur ini.

Pantai Klayar masih terbilang relatif sepi pengunjung, hal ini disebabkan minimnya informasi mengenai pantai yang memiliki sejuta keindahan ini. Kita akan menemui lebih banyak nelayan dari pada pengunjung di pantai ini pada hari biasa.

Salah satu keunikan fenomena alam pantai Klayar yang tidak ditemukan di pantai lain adalah adanya air mancur alami setinggi 10 meter. Air mancur ini merupakan hasil dari hantaman ombak pada batu karang, sehingga air laut yang menghantam karang tersebut memancar ke atas melalui celah kecil pada karang tersebut. Selain itu air mancur ini juga mengeluarkan suara unik yang mirip siulan, sehingga di sebut seruling laut.

Pantai Klayar bukan tipikal pantai yang cocok untuk berenang, karakter ombaknya yang besar sangat membahayakan. Namun meskipun demikian, sebagai gantinya kita bisa menikmati suasana dan pemandangan luar biasa perpaduan antara pasir, karang, dan ombak di pantai ini.

Bagi pecinta fotografi, pantai Klayar bisa dibilang surganya. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan objek foto. Selain lokasi pantai, kita juga bisa mengeksplor lokasi-lokasi menarik lainnya dari bukit-bukit di sekitar pantai Klayar.

Perjalanan menuju pantai Klayar memberikan sensasi petualangan tersendiri. Belum tersedianya alat transportasi umum menuju lokasi ini mengharuskan kita untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalan yang bergelombang, sempit, berkelok, berbukit dengan jurang di sisinya menuntut kita untuk konsentrasi dan sangat berhati-hati, tidak perlu memacu kendaraan terlalu cepat karena akan membahayakan diri sendiri.

Artikel Lain:  Museum Ullen Sentalu Jogja

Pantai Klayar berjarak sekitar 110 KM dari Jogja, atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Sedangkan jika kita berangkat dari kota Pacitan, hanya membutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan saja.

O ya, di Pantai Klayar kita juga bisa mengabadikan momen sunrise dan sunset. Dengan pemilihan lokasi yang pas maka kita akan mendapatkan hasil foto yang sempurna, hamparan pasir, ombak, dan batu-batu karang dengan latar belakang langit kemerahan ketika sunset atau kuning keemasan pada saat sunrise.

Jika kita ingin bermalam di sini, di sekitar pantai Klayar sudah tersedia beberapa homestay dengan tarif sewa kamar Rp 100.000 per malam. Juga sudah banyak warung yang menjajakan bakso, soto, mie ayam, dll.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.75 out of 5)
Loading...