Pasar Kebon Empring, Bintaran merupakan destinasi wisata yang mengombinasikan antara keindahan alam dengan wisata kuliner. Mayoritas masyarakat Bantul yang rumahnya dekat dari Pasar Kebon Empring, memilih pasar ini untuk membeli makanan sehari-hari. Harga makanannya terbilang murah dan rasanya lezat.

Keunikan Pasar Kebun Empring, Bintaran

Pasar Kebon Empring adalah ide cemerlang dari gerakan pemuda daerah. Berawal dari jembatan permainan yang roboh akibat badai cempaka, namun dengan bantuan warga jembatan gantung yang baru kembali berdiri. Melihat banyak wisatawan yang mengunjungi jembatan tersebut membuat warga sekitar memutuskan untuk mengembangkan area ini menjadi destinasi wisata sekaligus pasar tradisional.

Suasana yang tenang dan menyenangkan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini. Selain cocok untuk bersantai, menu makanan yang ditawarkan sangat lezat dan menggugah selera.

Fasilitas Pasar Kebon Empring

Melihat antusiasme warga sekitar bahkan wisatawan yang datang membuat warga memutuskan untuk membangun fasilitas umum agar pengunjung yang datang betah berlama-lama di area pasar, seperti:

  • Jembatan penyeberangan

Selain berfungsi sebagai jembatan penyeberangan, mayoritas pengunjung menggunakan jembatan ini sebagai spot foto terbaik.

  • Gazebo

Setelah puas berbelanja bahkan membeli jajanan pasar, pengunjung bisa menikmati jajanan atau beristirahat di gazebo. Pemandangan yang indah bisa diabadikan dengan kamera ponsel atau kamera profesional.

  • Mushola

Bagi umat muslim, ada mushola yang bisa digunakan untuk beribadah. Kondisi mushola cukup bersih dan terawat.

  • Toilet umum

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola sengaja menyediakan toilet umum.

  • Tempat Bermain Anak

Di tempat ini terdapat beberapa mainan tradisional yang bisa digunakan sesukanya alias gratis. Tempat bermain anak ini tidak pernah sepi dari pengunjung, umumnya anak-anak akan memilih untuk menggunakan enggrang atau memainkan permainan lainnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pasar Kebon Empring

Meskipun sekilas tampak seperti pasar tradisional, faktanya tempat ini termasuk tempat wisata yang cocok untuk melakukan banyak aktivitas lain selain belanja dan makan:

  1. Bermain di sekitar kebun dan sungai

Jika tujuan datang ke pasar ini bukan untuk belanja namun untuk liburan biasa, maka manfaatkan pemandangan indah yang tersaji di sekitar kebun dan sungai ada banyak sekali spot foto menarik dan terbaik di sini.

  1. Senam

Bila datang di saat yang tepat, bahkan bisa mengikuti senam yang sengaja diadakan oleh warga sekitar Pasar Kebon Empring dengan tujuan untuk menyehatkan jasmani.

  1. Pasar super lengkap

Ada banyak makanan yang bisa dinikmati di tempat ini bahkan pedagang makanan menyediakan tempat lesehan yang telah dialasi dengan tikar. Adapun jenis makanan favorit di pasar ini adalah soto gerabah, bakso, es camping, jenang, pecel lele, telur gulung dan lainnya.

Lokasi Pasar Kebon Empring

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjung hanya perlu pergi ke bantaran sungai Gawe yang berada persis di Dukuh Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Jika berada di sekitar objek wisata Kids Fun, maka cukup mudah untuk menemukan lokasi pasar ini, cukup ambil jalan ke arah selatan.

Harga tiket masuk Pasar Kebon Empring

Jika bicara tentang harga tiket masuk maka tidak ada patokan harga tetap, pengunjung hanya perlu membayar secara sukarela. Namun bila ingin membeli jajanan pasar atau makanan berat, maka siapkan dana mulai dari Rp 500-Rp 20.000.

Itulah pengenalan tentang wisata Pasar Kebon Empring, Bintaran. Apabila kebetulan menginap di sekitar lokasi pasar, tidak ada ruginya untuk datang berkunjung dan melihat sendiri suasananya.

Joglo Wisata mau bagi-bagi hadiah LIBURAN GRATIS tiap bulan. Masukkan email Anda untuk dapatkan informasi detailnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Comments

HP: 081231561811Chat via Whatsapp

Info Paket Wisata

Lagi nyari info paket wisata? Silakan klik tombol di bawah ini dan kami akan mengirimkan rincian info paket wisata termasuk itinerary, harga, includes, excludes dan detail lainnya.

Kontak Whatsapp