Paket Wisata Orangutan Tanjung Puting 3 Hari 2 Malam

  • Tujuan Wisata: Palangkaraya
  • Durasi: 3 days
  • Harga: Rp 2990000

Dalam Paket Wisata Orangutan Tanjung Puting 3 Hari 2 Malam ini Anda akan kami ajak untuk menikmati petualangan melihat kehidupan orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting.

Pertanyaan Testimoni Whatsapp
Hari 1
Pangkalan Bun, Kumai, Tanjung Harapan

Di hari pertama anda langsung kami ajak menuju Camp Tanjung Harapan, dimana anda dapat bertemu langsung dengan Orang Utan. Dan malamnya kita akan bermalam di Kapal.

Hari 2
Pondok Tanggui, Camp Leakey

Setelah bangun pagi disambut kicauan burung dan suara alam. Anda kami ajak menuju Camp Pondok Tanggui. Disana kita dapat menyaksikan proses feeding Orang Utan. Terakhir perjalanan diteruskan ke Camp Leakey.

Hari 3
Taman Nasional Tanjung Puting, Check Out

Setelah menikmati waktu santai terakhir di Taman Nasional Tanjung Puting, anda kami antar menuju dermaga Kumai untuk dilannjutkan penerbangan ke Kota asal.

Bila Banten punya Taman Nasional Ujung Kulon sebagai ujung tombaknya. Maka Kalimatan Tengah memiliki wisata Taman Nasional Tanjung Puting. Taman ini menjadi ikon pariwisata yang menonjolkan tiga unsur di dalamnya, yakni orang utan, sungai dan hutan tropis Kalimantan. Anda yang sejak lama ingin melihat orang utan atau memang sangat menyukai petualangan di alam bebas. Wajib menambahkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai daftar itinerary.

Wisata Taman Nasional Tanjung Puting

Ada banyak aktivitas menarik di objek wisata Tanjung Puting yang menanti para pengunjung seperti berikut:

  1. Menyusuri Sungai Sekonyer

Taman Nasional Tanjung Puting masih berada di kawasan Sungai Sekonyer. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda wajib berkendara menggunakan klotok. Klotok yang digunakan telah difasilitasi lengkap, Anda hanya perlu duduk santai sambil menikmati pemandangan.

  1. Menikmati sunset di Sungai Sekonyer

Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah menyelesaikan petualangan di Taman Nasional Tanjung Puting. Masih di atas klotok, Anda bisa melihat bias cahaya jingga di atas sungai yang menciptakan pemandangan indah.

  1. Menyaksikan aktivitas orang utan

Merupakan kegiatan utama yang banyak dinanti para pengunjung. Selain berkesempatan melihat orang utan secara langsung, Anda juga bisa melihat beragam primata lainnya. Tidak jarang pengunjung menemukan keberadaan bekantan atau babi hutan.

  1. Mempelajari sejarah konservasi orang utan

Sebagai tempat konservasi orang utan, Taman Nasional Tanjung Puting tentu difasilitasi dengan pusat informasi. Di tempat inilah, Anda bisa mengetahui sejarah perkembangan orang utan yang ada di taman nasional ini.

  1. Menelusuri Desa Tanjung Harapan

Menariknya, di bagian dalam Taman Nasional Tanjung Puting terdapat desa yang diberi nama Desa Tanjung Harapan. Mayoritas penduduk desa bekerja sebagai nelayan. Pengunjung yang ingin menjadi relawan taman nasional akan diberi tempat tinggal di desa tersebut.

  1. Bermain Sampan

Kegiatan lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah bermain sampan. Akan tetapi, aktivitas ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang mahir menggunakannya. Karena di bawah air sungai terdapat buaya.

Kawasan tempat pelestarian orang utan ini memiliki 3 feeding station yang bisa dikunjungi oleh para turis yang ingin melihat dan berinteraksi dengan orang utan. Untuk menjangkau semua station tersebut tersedia perahu klotok. Sayangnya, tidak ada fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan. Kabarnya, Taman Nasional Tanjung Puting berusaha mempertahankan keaslian habitat hingga tidak dibangun fasilitas tertentu.

Fasilitas yang diperoleh para pengunjung justru datang dari perahu klotok. Perahu tersebut telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas termasuk toilet. Pengunjung bahkan memiliki kesempatan untuk menikmati makanan yang diberikan sebanyak 3x.

Bicara tentang daya tarik, hal pertama yang bisa kita pastikan dari Taman Nasional Tanjung Puting adalah keberadaan orang utannya. Kawasan konservasi orang utan ini menjadi tempat tinggal dari berbagai flora dan fauna, Anda bahkan bisa melihat buaya air asin. Tidak hanya melihat mereka, Anda bahkan bisa mengabadikannya dengan kamera.

Daya tarik lainnya, para pengunjung bisa melakukan petualangan menelusuri hutan tropis alami. Hutan tropis di kawasan wisata ini masih sangat asli, dijamin Anda akan merasakan keseruan. Khusus bagi yang masih pemula, ada baiknya minta didampingi dengan guide tour atau warga desa.

Di beberapa kesempatan, para pengunjung terkadang diajak untuk mengikuti program menanam pohon. Tujuannya tentu untuk menunjang keindahan dan kuantitas flora di Taman Nasional Tanjung Puting.

Itulah gambaran singkat yang bisa Anda dapatkan tentang wisata Taman Nasional Tanjung Puting. Untuk merasakan sensasi seru yang sebenarnya, silahkan berkunjung ke sana dan lihat serta rasakan sendiri pengalamannya.

Itinerary Paket Orangutan Tanjung Puting 3H2M

Jadwal perjalanan dalam paket wisata ourangutan Tanjung Puting dari Joglo Wisata adalah sebagai berikut:

Hari 1: Pangkalan Bun – Kumai – Tanjung Harapan

Tour akan dimulai di siang hari menyesuaikan dengan Jadwal kedatangan di Pangkalan Bun. Guide Lokal akan menjemput peserta dari Bandara atau Hotel di Pangkalan Bun untuk langsung menuju pelabuhan di Kumai dan langsung naik kapal untuk menuju Camp Tanjung Harapan, bertemu langsung dengan Orangutan. Di sore Hari perjalanan dilanjutkan menyusuri sungai sambil mencari tempat yang pas untuk bermalam, malam harinya kita akan menginap di atas kapal dengan dengan disediakan kasur, bantal dan kelambu. Kapal juga dilengkapi dengan toilet dan kamar mandi. (L/D)

Hari 2: Pondok Tanggui – Camp Leakey

Ketika terbangun di pagi hari yang damai, kicauan burung dan suara alam akan membuat pagi pertama di Tanjung Puting akan berbeda dengan suasana pagi di kota yang penuh hiruk-pikuk kepenatan. Perjalanan hari kedua dilanjutkan menuju Camp Pondok Tanggui, bertepatan dengan feeding time Orangutan pada pukul 9 pagi peserta akan berjalan menuju tempat feeding yang ditempuh sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Selain melihat Orangutan,anda juga bisa melihat tumbuhan Kantong semar yang senang memakan serangga. Setelah puas bertemu dengan Orangutan, perjalanan dilanjutkan dengan Kapal menuju Camp Leakey, pos Orangutan terakhir yang akan kita kunjungi. Di sepanjang perjalanan di sungai yang berair hitam kita akan disuguhi panorama hutan yang masih alami.

Hari 3: Taman Nasional Tanjung Puting – Pangkalan Bun

Di hari terakhir setelah sedikit berleha-lehat menikmati hari terakhir di Taman Nasional Tanjung Puting maka kita akan melanjutkan perjalanan kembali ke Pelabuhan di Kumai menyesuaikan dengan jadwal penerbangan kembali ke kota masing-masing. (B) Dan tour berakhir setelah kami antarkan anda kembali ke Bandara atau hotel.

*Itinerary bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi di lapangan.

 

Harga Paket Orangutan Tanjung Puting 3H2M

Rp 2.990.000/org (Minimal 5 Orang, kurang dari 5 org dikenakan biaya minimal)

Fasilitas

Fasilitas dalam paket wisata Orangutan Tanjung Puting ini adalah sebagai berikut:

Sudah Termasuk:Belum Termasuk:Keterangan:
  • Kapal kayu dengan fasilitas MCK standar internasional
  • Perlengkapan tidur seperti Kasur, Bantal dan kelambu
  • Guide berbahasa Inggris (Bahasa Indonesia juga bisa kok)
  • Mobil penjemputan dari dan ke Bandara atau Hotel
  • Tiket Masuk Taman Nasional
  • Makan 6 kali (B=Breakfast, L=Lunch, D=Dinner)
  • Koki yang berpengalaman
  • Biaya Kamera
  • Air Mineral dan kopi/teh selama di Kapal
  • Donasi untuk Pelestarian Orangutan
  • Transportasi dari kota asal ke Pangkalan Bun
  • Tips Guide dan crew
  • Pengeluaran pribadi
  • Hal yang tidak disebutkan di atas
  • Private tour (tidak digabung dengan rombongan lain)

Info Penerbangan

Penerbangan yang di sarankan menuju dan dari Pangkalan Bun:

  • Jakarta ke Pangkalan Bun: Trigana Air (09.15 – 10.20)
  • Surabaya ke Pangkalan Bun: Kalstar (6.10-7.10)
  • Pangkalanbun ke Jakarta: Kalstar (09.55 – 11.00)
  • Pangkalan Bun ke Surabaya: Trigana Air (14.00 – 15.25)

Yang Perlu Disiapkan

  • Obat-obatan pribadi
  • Anti nyamuk
  • Sandal atau sepatu yang nyaman untuk trekking ringan
  • Snack buat ngemil
  • Camera untuk foto-foto (Tongsis kalau perlu)

Hubungi Kami

Anda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp dengan mengklik tombol di bawah ini:

   Tanya Paket Via Whatsapp

 


Kirim Whatsapp