Puncak Suroloyo merupakan destinasi wisata di jogja yang memiliki pesona alam luar biasa indahnya. Puncak Suroloyo ini berada di gugus perbukitan menoreh oleh sebab itu puncak suroloyo memiliki pemandangan alam yang hijau asri dan sejuk.

Adanya suasana hijau di kelilingi dengan perkebunan teh, Puncak suroloyo memiliki keunikan alam tersendiri. Puncak suroloyo ini memiliki beberapa puncak yang masing-masing pucak memiliki pemandangan yang berbeda. Oya untuk ke Puncak Suroloyo ini waktu yang paling tepat adalah ketika pergantian antara musim hujan ke musim kemarau. Karena di musim inilah kita bisa menikmati keindahan alam puncak dengan sempurna, apalagi jika Anda suka dengan sunrise dan sunset. Waktu-waktu itu adalah keadaaan dimana cuaca di Puncak Suroloyo sangat cerah tanpa awan dan kabut sedangkan untuk menyusuri jalannya juga tidak licin dan aman.

Di Puncak suroloyo terdapat tiga pertapaan yang terdapat di kawasan tersebut. Yang pertama yaitu pertapaan Suroloyo, di sini bisa melihat candi Borobudur dari ketinggian. Kemudian yang kedua yaitu pertapaan Sariloyo, dari pertapaan ini Anda bisa melihat gunung sumbing dan gunung Sindoro. Pertapaan yang terakhir adalah pertapaan Kaendran, pada tempat ini anda bisa melihat kawasan Kulon Progo dan indah pantai Glagah dari kejauhan. Pada waktu tertentu juga kawasan ini dipadati oleh pengunjung, terutama pada setiap tanggal 1 sura. Di sana terdapat upacara “jamasan” pusaka tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo berlokasi di sendang Kawidodaren yang terletak 300 meter dari puncak.

Untuk Rute menuju puncak suroloyo sangat mudah di jangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta langsung menuju ke arah kulonprogo melewati jalan godean. Sampai di perempatan nanggulan ambilah arah kanan menuju arah kalibawang kira-kira sekitar 15 kilometer. Nanti di kiri jalan sudah ada papan pentujuk untuk menuju ke arah puncak suroloyo.

Artikel Lain:  Paket Wisata Karimunjawa Start Dari Jogja

Tips untuk pengendara kendaraan ketika akan berkunjung ke wisata alam puncak suroloyo dalam paket wisata Jogja, pastikan kendaraan pribandi Anda dalam keadaan oke. Selain kendaraan dalam kondisi oke, Anda sebagai pengendara juga harus dalam keadaan fit.Karena jalan menuju puncak suroloyo dari jalan kabupaten menuju puncak banyak kelokan dan tanjakan.

Letak Puncak Suroloyo secara administratif berada di desa gerbosari, kecamatan samigaluh, kabupaten kulonprogo. Puncak suroloyo sendiri berada di gugus perbukitan menoreh dengan ketinggan 1.019 mdpl. Ketinggian yang cukup untuk mengabadikan keindahan sunset dan sunrise serta alam menghijau di atas bukit. Di Puncak Suroloyo ini Anda bisa menikmati keindahan 4 gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing dari Puncak Suroloyo.

Dari Puncak suroloyo Anda juga dapat melihat wisata candi borobudur dari atas ketinggian, Hanya saja candi borobudur dapat terlihat ketika cuaca benar-benar cerah. Dari pncak suroloyo candi borobudur terlihat sangat kecil. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise. Karena puncak suroloyo memiliki pandangan yang lapang, sehingga pas untuk berburu foto matahari terbit atau sunrise dan matahari tenggelam atau sunset. Waktu yang paling tepat untuk berburu foto-foto terbaik di puncak suroloyo berada di bulan juni sampai bulan september. Selain memiliki fenomena sunrise yang indah dengan latar belakang gunung berapi, Puncak suroloyo juga memiliki fenomena sunset yang tidak kalah indah dengan berlatar belakang pegunungan menoreh.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...