Bagi Anda pecinta wisata alam, Telaga Warna Dieng akan menjadi destinasi menakjubkan. Di Telaga Warna ini Anda dapat melihat keunikan warna telaga yang berubah-ubah ini dikelilingi oleh Hutan dan bukit yang masih asri, udara yang segar, serta pemandangan pegunungan yang membuat Anda betah berlama-lama di sini. Telaga Warna masuk wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Jawa-tengah. Telaga warna Dieng adalah telaga paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. selain letaknya yang strategis dan dekat dengan obyek-obyek wisata lain.

Ketika berada di Telaga Warna, Anda akan melihat keunikan telaga yaitu warna permukaan telaganya yang kadang berubah sewaktu-waktu dengan dominasi warna hijau kebiruan serta putih yang merupakan refleksi endapan belerang didalamnya sehingga saat sinar matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni. Selain keindahan Telaganya yang natural dan eksotis, saat berkeliling menyusuri jalan setapak yang mengelilingi Telaga warna, Anda juga akan menjumpai Telaga lain yang letaknya tepat di Samping Telaga warna, yaitu Telaga Pengilon.

Meski Telaga Warna bersebelahan dengan Telaga Pengilon namun air di Telaga Pengilon ini sangat bening dan bersih tanpa ada campuran belerang, sangat berbeda dengan Telaga Warna. Selain berbeda kondisi airnya, perbedaan kedua telaga ini adalah akses ke tepi telaga. Menikmati Telaga Warna dalam paket wisata Dieng dari tepian memang sangat mudah, namun tidak dengan Telaga Pengilon.

Jika ingin mendekati Telaga Pengilon harus menyusuri rerumputan tinggi hingga sampai ke pinggir telaga, ditandai dengan tanah yang mulai gembur. Selain Telaga Pengilon, di sekitar Telaga Warna, Anda juga dapat mengunjungi keindahan goa-goa alam yang diselimuti aroma mistis seperti Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran dan lain-lain. Telaga-telaga lainnya yang bisa ditemui di sekitaran Dieng Diantaranya Telaga Cebong, Telaga Merdada dan Telaga Menjer. Setiap telaga memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Artikel Lain:  Lokasi Hunting Foto di Jogja Yang Keren

Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitarnya. Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, Telaga Warna juga menjadi salah satu sumber air bagi lahan-lahan pertanian di Dieng, dengan komoditas utama tanaman kentang. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Rute menuju Telaga Warna Dieng: Untuk menuju Dieng Anda bisa melalui beberapa jalur yaitu jalur Kebumen-Wonosobo, Banjarnegara-Wonosobo, Purworejo-Wonosobo, Temanggung-Wonosobo, maupun jalur Magelang-Wonosobo. Wonosobo memang kabupaten yang strategis karena diapit oleh berbagai daerah lain. Meskipun begitu, jalan yang harus Anda lalui berkelok-kelok, sesekali menanjak dan turun tajam karena memang Wonosobo merupakan daerah pegunungan. Untuk lebih mudahnya Anda bisa memilih paket wisata Jogja Dieng untuk liburan terbaik Anda 🙂

Dari kota Wonosobo, tepatnya melewati Alun-Alun Wonosobo, untuk menuju obyek wisata ini Anda harus mengambil arah menuju Dieng. Ketika Anda memasuki wilayah kawasan Dieng, Anda akan dikenakan tarif masuk lembah Dieng, setelah itu Anda masih harus mengemudi terus melewati jalanan yang naik dan turun tajam. Jadi jika Anda menggunakan motor, pastikan rem Anda bekerja dengan baik dan tentunya dibutuhkan keahlian yang cukup. Jika Anda menggunakan mobil sebaiknya berhati-hati karena jalanan di sana tidak begitu lebar, hanya cukup untuk satu mobil dan motor. Ketika musim liburan, kawasan wisata tersebut padat pengunjung.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.80 out of 5)
Loading...