Banyak yang mengira bahwa bangunan yang satu ini adalah bangunan candi, namun sebenarnya Ratu Boko lebih menyerupai komplek istana dilihat jika dari beberapa bagian bangunan yang ditemukan. Namun hingga saat ini fungsi dari istana ini masih menjadi misteri. Terdapat beberapa bagian di komple Ratu Boko seperti gapura istana, ruang pembakaran, pemandian, dan arca. Terlepas dari sejarah yang belum terpecahkan Ratu Boko menawarkan keindahan arsitektur dan pemandangan alam disekitar, salah satu yang terbaik adalah sunset nya. Bahkan karena daya tariknya tersebut, situs ini menjadi salah satu spot pre wedding termahal di Jogja. Sunset di Ratu Boko juga menjadi pemandangan terbaik dan di buru oleh wisatawan. Istana Ratu Boko Terletak di bukit Boko di atas ketinggian 195.75 DPL dengan luas sekitar 160.898 m2. Dan secara administratif berada di dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan dusun Dawung (Desa Bokoharjo) kecamatan Prambanan, Kab Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Sumber Gbr : kanaljogja

Sumber Gbr : kanaljogja

Sedikit kita tinggalkan keindahannya sekarang beralih ke sejarah dari ditemukannya Istana Ratu Boko. Dikutip dari situs wikipedia, Ratu Boko diperkirakan sudah digunakan sejak abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton(istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa – sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.

Sumber Gbr : galuhdaridesa

Sumber Gbr : galuhdaridesa

Nama Ratu Boko berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko secara harafiah dalam bahasa jawa memiliki arti Raja Bangau, dan merupakan nama dari ayah Loro Jonggrang. Nama tersebut juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang. Situs Ratu Boko pertama kali dilaporkan oleh Van Boeckholzt pada tahun 1790, yang menyatakan terdapat reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko. Bukit ini sendiri merupakan cabang dari sistem Pegunungan Sewu, yang membentang dari selatan Yogyakarta hingga daerah Tulungagung. Seratus tahun kemudian baru dilakukan penelitian yang dipimpin oleh FDK Bosch, yang dilaporkan dalam Keraton van Ratoe Boko. Dari sinilah disimpulkan bahwa reruntuhan itu merupakan sisa-sisa keraton. Prasasti Abhayagiri Wihara yang berangka tahun 792 M merupakan bukti tertulis yang ditemukan di situs Ratu Baka. Dalam prasasti ini menyebut seorang tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran (746-784 M), serta menyebut suatu kawasan wihara di atas bukit yang dinamakan Abhyagiri Wihara. Rakai Panangkaran mengundurkan diri sebagai Raja karena menginginkan ketenangan rohani dan memusatkan pikiran pada masalah keagamaan, salah satunya dengan mendirikan wihara yang bernama Abhayagiri Wihara pada tahun 792 M.

Sumber Gbr : klikhotel

Sumber Gbr : klikhotel

Rute Menuju Kraton Ratu Boko

Untuk ke lokasi Istana / Keraton Ratu Boko jika anda dari arah Jogja cukup mudah, bisa langsung menuju arah Candi Prambanan melewati Jl. Solo, sesampainya di pertigaan lampu merah tepat di depan komplek Candi Prambanan belok ke kanan atau tepatnya ke Jalan Piyungan. Dari sini perjalan akan menempuh jarak sekitar 2 KM hingga tiba di gerbang masuk Istana Ratu Boko di sebelah kanan jalan. Dari situ anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan menuntun anda ke area parkir kendaraan. Dari parkiran perjalanan lanjut dengan berjalan kaki hingga tiba di Ratu Boko. Tips bagi anda yang memiliki rencana ke tempat ini, hindari kunjungan di siang hari karen terik matahari akan terasa sangat panas.

Artikel Lain:  Promo: Paket Wisata Jogja Pacitan 2 Hari 1 Malam

Harga Tiket Masuk Kraton Ratu Boko

Ratu Boko menyediakan tiket dalam dua kategori/paket. Untuk kategori reguler harganya Rp25.000 (sudah termasuk parkir berlaku dari mulai buka sampai pukul tiga sore. Setelah pukul tiga sore tiket akan masuk kategori kedua yakni sunset dengan harga Rp70.000.

Peta Lokasi Kraton Ratu Boko

Video Kraton Ratu Boko

Berikut ini video penampakan komplek Kraton Ratu Boko yang diambil dengan menggunakan drone.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...