Kabupaten Gunungkidul memiliki beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu diantaranya adalah Pantai Siung. Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini jaraknya sekitar 75 kilometer dari kota Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jarak ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Menurut penduduk sekitar, pantai ini diberi nama Pantai Siung karena disana terdapat sebuah batu karang berukuran besar yang bentuknya seperti siung (gigi taring).

Di Pantai Siung, para wisatawan dapat menikmati indahnya hamparan pasir putih. Dan tentunya, air laut yang jernih menambah keindahan pantai ini. Di tepi pantai, para wisatawan dapat bersantai di rumah-rumah kayu dan menikmati hembusan angin khas daerah pantai.

Pantai Siung bukanlah pantai biasa. Ada beberapa hal yang membuat pantai ini unik. Contohnya, selain bersantai di tepi pantai, para wisatawan juga dapat berkemah di area ground camp yang terletak di sebelah timur pantai ini. Mereka dapat menikmati indahnya malam bersama keluarga ataupun teman-teman, dan membuat api unggun. Di saat malam tiba, terkadang ada beberapa ekor kera ekor panjang yang turun ke pantai. Tentunya, ini merupakan pemandangan yang tidak dapat ditemui di setiap pantai, dan para wisatawan yang berkemah di Pantai Siung tidak boleh melewatkannya. Kera-kera berekor panjang tersebut tidak berbahaya, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di Pantai Siung. Mereka dapat bermain ombak dan pasir, bermain voli pantai, memancing, atau sekedar bersantai. Selain cocok untuk para penggemar wisata pantai, Pantai Siung juga cocok untuk para penggemar panjat tebing. Bahkan, menurut para penggemar panjat tebing, pantai ini diberi julukan “the best rock climbing site in Yogyakarta.” Tebing di Pantai Siung mulai dimanfaatkan untuk panjat tebing mulai tahun 1989. Di pantai yang indah ini terdapat batu karang berukuran raksasa yang terletak di sebelah barat dan timur. Saat ini sudah terdapat 250 jalur pemanjatan di pantai ini, dan menurut mereka yang hobi memanjat tebing, sebenarnya jumlah jalur pemanjatan ini masih dapat ditambah. Tebing di Pantai Siung cocok untuk pemanjat dari berbagai tingkat keterampilan karena jalur-jalur yang ada disana tingkat kesulitan dan karakteristiknya bervariasi.

Artikel Lain:  Menikmati Keindahan Desa Wisata Kalibiru KulonProgo

Untuk masuk ke Pantai Siung, para wisatawan hanya perlu membayar Rp. 3000,- saja, dan biaya parkir sebesar Rp. 2000,- untuk sepeda motor. Sebagai obyek wisata yang cukup terkenal, Pantai Siung dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti areal parkir yang luas, toilet, serta beberapa warung yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman. Dan walaupun di sekitar Pantai Siung tidak ada hotel, para pemanjat yang ingin bermalam di pantai ini dapat memanfaatkan pondok pemanjat yang tersedia disana. Pondok sederhana ini dapat menampung 15 orang.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...