Pantai Pok Tunggal adalah pantai yang belum terkenal. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain, pantai yang baru dibuka sekitar setahun yang lalu ini relatif sepi. Jadi, jika Anda sedang mencari sebuah pantai yang cocok untuk bersantai sembari mendengarkan suara deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi, pantai ini adalah pilihan yang pas.

Pantai Pok Tunggal terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Wonosari, Gunungkidul. Lokasi Pantai Pok Tunggal cukup mudah untuk ditemukan, apalagi jika Anda sudah sering berkunjung ke pantai-pantai di Gunungkidul. Letak pantai yang indah ini di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Di dekat jalan masuk menuju ke pantai ini terdapat papan yang bertuliskan “Pantai Poktunggal,” jadi Anda dapat dengan mudah menemukannya. Jarak dari depan jalan masuk ke pantai ini sekitar 2 kilometer.

Tarif masuk ke Pantai Pok Tunggal Rp. 1000,- per orang. Sangat murah bukan? Tapi, justru tarif parkirnya yang cukup mahal. Untuk parkir sepeda motor, Anda harus membayar Rp. 2000,- dan untuk parkir mobil Rp. 5.000,-. Walaupun Pantai Pok Tunggal belum lama dibuka, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Di pantai ini tersedia kamar mandi umum, dan warung makan dengan menu yang beragam. Makanan yang dijual cukup murah, dengan harga antara Rp 5.000,- sampai dengan Rp 15.000,-. Jika Anda ingin menginap di pantai ini, Anda dapat menyewa tenda, atau tidur di penginapan yang tersedia disana. Tarif untuk menyewa tenda sekitar Rp. 60.000,-. Dan pada malam hari, Anda dapat menyalakan api unggun.

Menurut penduduk sekitar, pantai ini diberi nama Pok Tunggal karena disana terdapat sebuah pohon Duras yang berdiri sendiri. Walaupun kenyataannya, di sekitar pohon yang menjadi ikon tersebut ada beberapa pohon lain. Pantai Pok Tunggal menawarkan pemandangan pantai yang indah, dengan hamparan pasir putih yang menawan. Di tepi pantai ini, terdapat beberapa payung yang dapat Anda sewa, sehingga Anda dapat bersantai tanpa merasa khawatir akan terbakar sinar matahari yang terik. Tarif sewa payung cukup murah, yaitu Rp. 20.000,- dan Anda dapat bersantai di bawahnya sampai puas. Pantai Pok Tunggal adalah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam. Jadi, saat berkunjung kesana, sebaiknya Anda membawa sebuah kamera untuk mengabadikannya.

Artikel Lain:  Open Trip Karimunjawa 3 Hari 2 Malam (28-30 April 2017)

Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi. Tebing di pantai ini cocok untuk olahraga panjat tebing. Namun sayangnya, belum ada jalur pemanjatan yang dibuat disana. Saat Anda sedang berada di Pantai Pok Tunggal, jangan terkejut jika Anda menemui beberapa ekor monyet liar. Terkadang mereka melompat muncul dari balik tebing. Satu keunikan dari Pantai Pok Tunggal adalah adanya sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah. Sumber air inilah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warung-warung dan kamar mandi umum disana.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 4.14 out of 5)
Loading...