Mungkin selama ini kita mengenal pantai-pantai dengan suasana yang hampir sama, hamparan pasir, ombak, batu karang, dan berenang. Namun jika kita berkunjung ke pantai Banyu Tibo Pacitan kita akan menemukan sesuatu yang berbeda dan sangat jarang ditemukan di pantai lain.

Sesuai dengan namanya, ‘Banyu’ artinya air dalam bahasa jawa, dan ‘Tibo’ artinya jatuh, jadi Banyu Tibo artinya air yang jatuh. Tidak seperti pantai-pantai lainnya, pantai Banyu Tibo berada di tengah cerukan yang dikelilingi oleh tebing karang. Di atas tebing terdapat anak sungai yang mengalir ke arah laut sehingga membentuk air terjun yang indah.

Untuk menuju pantai kita harus berhati-hati ketika menuruni tebing, pastikan juga air laut tidak sedang pasang.

Pantai Banyu Tibo memiliki pasir yang putih, dengan air yang bersih dan biru serta terdapat banyak batu karang. Namun anda harus berhati-hati ketika bermain air atau berenang mengingat ombak laut selatan yang besar. Sebagai gantinya kita bisa menikmati mandi di bawah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini. Pantai Banyu Tibo juga cocok untuk berfoto karena keunikan pemandangannya tersebut.

Untuk menikmati suasana pantai yang berbeda di pantai ini, pantai Banyu Tibo terletak di desa Widoro, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur, atau sekitar 7 Km dari Pantai Klayar. Akses menuju pantai ini berupa jalan sempit berbatu dengan kelokan-kelokan tajamnya, untuk itu pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.75 out of 5)
Loading...