Bencana alam tidak selalu merugikan, pastinya setelah bencana terjadi, ada beberapa hikmah yang bisa dipetik. Misalnya wisata Lereng Merapi di Yogyakarta. Wisata Lereng Merapi dibuat setelah terjadinya bencana alam meletusnya Gunung Merapi pada 2010. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi pada akhir pekan, akhir tahun, dan waktu-waktu liburan lainnya.

Wisata ini kerap menjadi favorti para wisatawan, tak sedikit wisatawan yang memiih destinasi ini dalam paket wisata Jogja. Terletak di utara Kota Yogyakarta, tepatnya di wilayah Kaliurang kilometer atas, wisata ini menyajikan berbagai jenis, misalnya wisata offroad menggunakan jeep, mengunjungi museum sisa hartaku, mengunjungi Stonehenge buatan, mengunjungi The Lost World, mengunjungi bunker Merapi, makam mbah maridjan, dan lain-lain. Bahkan, anda juga bisa berburu sunset dan sunrise dengan latar Gunung Merapi yang sangat indah.

Berbagai Wisata di Kawasan Lereng Merapi

Untuk dapat menyusuri Lereng Merapi dan mengunjungi wisata nya, anda bisa meyewa Jeep Tour, anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, sekedar memberi tips saja, medan jalan untuk sampai di lereng dan sampai di beberapa destinasi wisata Lereng Merapi belum menggunakan aspal, jadi jika ingin berkeliling menggunakan mobil pribadi, pakailah mobil SUV atau yang memang didesain untuk jalanan berbatu. Beberapa wisata yang bisa anda temui di Kawasan Lereng Merapi diantaranya,

  1. Museum Sisa Hartaku

Museum ini memperlihatkan barang-barang dan rumah akibat letusan Gunung Merapi. Bahkan, disini anda akan menemukan rangka sapi yang tersisa akibat bencana dahsyat tersebut. Banyak sekali benda-benda antic yang terkena lahar vulkanik dan masih tersisa, ada yang utuh, ada juga yang sudah tidak berbentuk. Benda-benda tersebut dipamerkan pada museum dengan sisa bangunan yang atapnya saja hanya beralaskan seadanya, membuat terbawa suasana seolah-olah merasakan kepedihan bencana alam deh!

  1. Batu Alien
Artikel Lain:  Keistimewaan Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Destinasi wisata ini disebut batu alien karena terdapat batu yang mirip wajah manusia. Batu ini merupakan hasil erupsi Gunung Merapi yang kebetulan saja terbentuk seperti wajah manusia meskipun tidak sedikit warga disana yang mengkaitkannya dengan berbagai mitos. Kawasan Batu Alien ini cocok untuk dijadikan spot foto.

  1. Bunker Kaliadem

Seperti halnya bunker, merupakan tempat yang sengaja dibuat untuk mendapat perlindungan pada saat terjadinya Gunung Meletus. Tapi, takdir berkata lain, para relawan dan pengungsi yang berlindung di bungker ini malah ikut terbakar hidup-hidup dan meninggal. Tak heran jika banyak orang-orang yang menyebut bunker ini adalah tempat yang angker karena banyak sekali kejadian-kejadian mistis yang ditemukan di tempat ini.

  1. Makam Mbah Maridjan

Nah, wisata yang satu ini bisa disebut sebagai kewajiban jika anda mengunjungi wisata Lereng Merapi. Siapa yang takt ahu Mbah Maridjan? Beliau adalah juru kunci Gunung Merapi yang meninggal terkena lahar panas pada letusan tahun 2010. Makam nya diabadikan oleh pemerintah setempat dan dibuka untuk umum jika ada wisatawan yang ingin mengunjunginya.

 

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...