Baru-baru ini, ada satu pantai di Gunungkidul yang namanya melejit dan menjadi terkenal di kalangan para wisatawan. Pantai ini adalah Pantai Indrayanti. Sebagian besar orang yang baru pertama kali mendengar nama pantai ini mempertanyakan asal usul nama tersebut, dan mengapa nama tersebut lebih mirip nama orang daripada nama pantai.

Memang, sebenarnya nama Indrayanti berasal dari nama sebuah cafe yang ada di dekat pantai itu. Mungkin karena dulunya nama resmi pantai tersebut belum banyak dikenal, orang-orang menyebutnya dengan Pantai Indrayanti agar lebih praktis. Sebenarnya pantai yang indah ini bernama Pantai Pulang Syawal.

Pantai Indrayanti menawarkan pemandangan pantai yang indah. Pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul, karena dihiasi dengan hamparan pasir putih. Selain itu, pantai ini juga dihiasi dengan bukit karang, dan air laut berwarna biru yang jernih dan sangat menggoda bagi siapapun untuk bermain-main di dalamnya. Selain pasirnya yang putih, ada satu lagi perbedaan Pantai Indrayanti yang cukup mencolok.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, pantai ini jauh lebih bersih dan terawat. Ternyata ini karena pantai ini pengelolaannya mendapat campur tangan pihak swasta. Pengelola pantai ini menerapkan aturan yang ketat. Para pengunjung tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan. Dan tidak tanggung-tanggung. Mereka yang melanggar harus membayar denda sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap sampah yang mereka buang secara sembarangan.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat mereka sedang berkunjung ke Pantai Indrayanti. Mereka dapat bermain pasir, bermain air, atau sekedar bersantai di tepi pantai dan menikmati angin khas daerah pantai. Agar tidak terbakar oleh teriknya sinar matahari pantai, para wisatawan dapat menyewa payung dengan harga Rp. 20.000,-. Para wisatawan yang ingin melakukan sesuatu yang menantang dapat mencoba naik jet ski. Di Pantai Indrayanti, tersedia beberapa jet ski yang dapat mereka sewa. Hanya saja, tarif sewa jet ski cukup mahal, sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk menonton saja. Keindahan Pantai Indrayanti dapat dinikmati saat pagi, siang, sore, dan malam hari. Di malam hari, para pengunjung dapat menikmati makan malam di tepi pantai yang romantis.

Artikel Lain:  Open Trip Karimunjawa 3 Hari 2 Malam (28-30 April 2017)

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Indrayanti, para pengunjung harus membeli tiket dengan harga yang sangat murah. Padahal, obyek wisata ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di Pantai Indrayanti tersedia kamar mandi umum, gazebo, dan pondok panggung. Bagi para pengunjung yang lapar, tersedia menu-menu yang lezat seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan bakar, ikan goreng, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk menu minuman, tersedia minuman khas daerah pantai yaitu kelapa muda, dan jenis-jenis minuman lainnya. Di Pantai Indrayanti juga tersedia pondok penginapan bagi para wisatawan yang ingin menginap.

 

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 4.36 out of 5)
Loading...