Pantai Jungwok adalah salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi saat Anda berlibur di Yogyakarta. Letak pantai ini di sebelah timur pantai Wediombo, yang merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di deretan pantai Gunungkidul. Hanya saja, untuk sampai ke pantai yang tersembunyi ini, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan.

Biasanya, para pengunjung memarkir kendaraan mereka di areal parkir Pantai Wediombo, kemudian berjalan kaki menuju Pantai Jungwok. Dari Pantai Wediombo, Anda harus berjalan menuju ke daerah yang berbatu-batu. Biasanya, di daerah tersebut banyak orang yang sedang memancing. Disana Anda akan menemui jalan setapak kecil. Jika Anda kesulitan dalam menemukannya, Anda dapat bertanya kepada mereka yang sedang memancing. Setelah Anda menemukan jalan setapak menuju ke Pantai Jungwok, Anda tinggal berjalan menyusurinya. Anda akan melewati kebun dan pematang sawah. Setelah berjalan sejauh sekitar 1 kilometer (dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit), Anda akan sampai di Pantai Jungwok.

Berjalan kaki menyusuri jalan setapak sepanjang sekitar 1 kilometer mungkin terasa cukup melelahkan. Untungnya, pemandangan yang ada di sepanjang perjalanan sangat indah, sehingga Anda tidak akan merasa lelah. Dan yang jelas, saat Anda sampai di Pantai Jungwok, Anda tidak akan merasa kecewa. Pantai Jungwok adalah pantai terpencil yang menawarkan keindahan pemandangan pantai.

Di pantai ini terdapat daerah dengan air yang dangkal dan jernih, dimana Anda dapat bermain-main air sepuasnya. Hamparan pasir putih di pantai yang letaknya terpencil ini juga sangat menawan. Pantai Jungwok kaya akan biota laut, seperti ikan hias, bintang laut, dan algae. Selain itu, disana Anda dapat menjumpai berbagai jenis burung.

Satu hal yang cukup mencolok di Pantai Jungwok adalah adanya sebuah batu besar di tengah laut. Batu ini telah menjadi semacam ikon pantai ini. Batu besar ini dikenal dengan sebutan Watu Topi. Batu ini sering digunakan oleh warga sekitar maupun para pengunjung sebagai tempat memancing. Pantai Jungwok adalah pantai yang sangat indah, yang sangat cocok untuk dikunjungi saat Anda ingin bersantai di sebuah pantai yang tenang.

Artikel Lain:  Pantai Goa Cemara, Seperti Berada di Dunia yang Berbeda

Pantai ini jauh dari keramaian, dan pengunjungnya pun relatif sedikit. Hanya saja, pantai ini belum dikelola secara komersil. Jadi, Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun disana. Bahkan, untuk makan pun Anda harus membawa dari rumah karena disana belum ada yang berjualan makanan.

Sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai Jungwok saat cuaca cerah. Jika sedang hujan, jalan setapak yang harus Anda lalui menjadi licin dan berbahaya. Selain itu, jika sedang hujan, Anda tidak akan dapat menikmati keindahan pantai yang terpencil ini. Dan karena tidak ada fasilitas apapun, mencari tempat untuk berteduh juga tidak mudah. Selain Pantai Jungwok, ada beberapa pantai lain di sekitar Pantai Wediombo, yaitu Pantai Ngusalan, Pulutan, dan Sedahan.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...