Kalibiru adalah obyek wisata yang letaknya cukup dekat dengan kota Yogyakarta. Obyek wisata ini sangat menarik, tapi sayangnya belum banyak dikenal oleh masyarakat. Kalibiru masuk dalam kategori wisata alam. Obyek wisata ini merupakan hutan wisata, yang terletak di perbukitan Menoreh, yang masuk dalam wilayah Kulonprogo.

Dari kota Yogyakarta, jarak ke obyek wisata ini sekitar 40 km. Sedangkan dari kota Wates yang merupakan ibukota Kulonprogo, jarak ke obyek wisata ini sekitar 10 km. Dulunya, tempat tersebut adalah hutan milik negara yang kondisinya memprihatinkan. Tapi kemudian, masyarakat berinisiatif untuk membuat hutan tersebut hijau dan subur. Kalibiru memang belum lama diresmikan sebagai obyek wisata. Ijin untuk memanfaatkan hutan milik negara ini keluar pada tahun 2008.

Hutan Wisata Kalibiru masuk dalam wilayah kecamatan Kokap, Kulonprogo. Untuk mengunjungi obyek wisata ini dari kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalan selama sekitar 90 menit. Kalibiru cukup mudah untuk ditemukan karena jalan yang menuju kesana tidak membingungkan. Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju ke arah kota Wates. Anda bisa melewati Jl Wates, atau Jl Godean. Kemudian, dari kota Wates, Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju ke Waduk Sermo, dan Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Kalibiru. Sebaiknya Anda memakai kendaraan pribadi saja. Sebenarnya ada kendaraan umum yang menuju kesana, tapi tidak praktis karena Anda harus berganti kendaraan umum beberapa kali.

Kalibiru termasuk obyek wisata yang terkelola dengan baik. Jadi, disana, terdapat beragam fasilitas bagi para pengunjung. Di Kalibiru terdapat areal parkir yang memadai, kios-kios penjual makanan, mushola, dan kamar mandi untuk umum. Pemandangan yang indah yang dapat dilihat dari gardu pandang bukanlah satu-satunya hal yang dapat dinikmati di obyek wisata ini.

Artikel Lain:  5 Lokasi Outbound Rekomendasi di Jogja

Di Kalibiru, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik, seperti mencoba flying fox yang tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa, mengunjungi perpustakaan yang memiliki koleksi buku tentang pertanian dan kehutanan yang lengkap, atau melakukan outbound. Bahkan, di obyek wisata ini terdapat sebuah ruang pertemuan berbentuk joglo. Jadi, perusahaan ataupun organisasi dapat mengadakan pertemuan disana, sembari bersantai dan menjalin keakraban diantara para anggotanya.

Tiket masuk ke Hutan Wisata Kalibiru sangat murah, hanya Rp. 2.000,- saja. Tapi tentunya, bagi mereka yang ingin melakukan flying fox, ada biaya tambahan yang harus dibayar. Biaya untuk flying fox anak-anak Rp. 5.000,- sedangkan biaya untuk orang dewasa Rp. 10.000,- . Di obyek wisata ini juga tersedia berbagai paket wisata, seperti wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan terapi alam. Para pengunjung yang ingin menginap dapat menginap di salah satu pondok wisata yang ada di Kalibiru. Disana terdapat 6 pondok wisata yang masing-masing dapat menampung antara 10-15 orang.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...