Jalan-jalan ke Jogja tidaklah lengkap kalau belum menyusuri objek-objek wisata indah yang ada di kawasan Gunungkidul. Di kawasan Gunungkidul anda dapat menemukan berbagai objek wisata yang menyajikan panorama alam indah nan memukau. Sebut saja salah satunya Embung Sriten, pesona kolam di atas Awan. Telaga buatan yang terletak di perbukitan Batur Agung ini akan memanjakan para penggunjung dengan berbagai keistimewaan alamnya.

Keistimewaan Embung Sriten

Meski Embung Sriten merupakan telaga atau kolam perairan buatan, akan tetapi keindahan embung ini sangatlah cantik. Embung Sriten yang dibuat di atas perbukitan ini disinyalir sebagai embung buatan tertinggi di Jogjakarta.  Embung yang  berada di atas ketinggian 896 mdpl ini merupakan sebuah penampungan air raksasa yang pada mulanya difungsikan sebagai kolam yang membantu pengairan kebun buah dan daerah setempat ketika terjadi kemarau atau krisis air. Dan seiring berjalannya waktu Embung Sriten akhirnya juga difungsikan sebagai objek wisata alam yang memukau.

Source by: superadventure

Source by: superadventure

Di sekitaran embung anda akan melihat hamparan kebun buah seperti klengkeng dan manggis yang termasuk dalam proyek Argowisata Gunungkidul ini. Di sini anda dapat pula menghirup udara sejuk khas perbukitan dan dimanjakan dengan pemandangan telaga yang dikelilingi hamparan awan serta perkebunan yang menghijau. Selain itu, tak lupa panorama indah dari Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur juga akan anda dapati dari kejauhan. Ditambah lagi udara dingin saat malam menjelang akan memberikan pemandangan luar biasa yang romantis, saat anda menatap kerlipan lampu kota Klaten dan Nglipar di bawah perbukitan layaknya taburan bintang.

Masih ada lagi keindahan yang disajikan Embung Sriten, pesona kolam di atas Awan ini, yakni anda dapat pula menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam di atas bukit tanpa terhalau apapun. Pada pagi hari anda akan dibuat takjub dengan pemandangan gumpalan kabut yang menutupi hamparan hutan hijau. Lalu saat petang menjelang cahaya keemasan juga akan memantul di permukaan embung dan menciptakan pemandangan epic nan romantis yang sayang untuk anda lewatkan.

Source by: mandrapahlawa

Source by: mandrapahlawa

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Embung Sriten

Pemandangan embung dan hamparan hutan di bawah perbukitan yang indah tentunya dapat membuat Embung Sriten menjadi objek wisata yang tepat bagi anda penyuka fotografi. Alangkah baiknya jika anda datang saat matahari akan terbit maupun terbenam, sehingga hasil foto yang anda dapat akan semakin menakjubkan.

Artikel Lain:  Gunung Api Purba Nglanggeran

Bukan hanya dapat memanjakan mata fotografer, Embung Sriten juga dapat menjadi tujuan para pendaki yang ingin menikmati sensasi berkemah di sekitaran embung. Kegiatan berkemah di Embung Sriten ini tentunya tak kalah seru dan tidak membutuhkan pendakian yang sulit, sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin merasakan berkemah dan mendekatkan diri dengan alam.

Source by: embungbatara

Source by: embungbatara

Bagi anda yang menyukai fotografi kekinian, anda juga dapat membawa hammock kesayangan anda dan membentangkannya pada bagian cabang di sebuah pohon besar yang fonogenik. Aktifitas hammocking ini juga akan memeberikan objek foto yang menakjubkan serta memberikan sudut pemandangan yang tak terlupakan. Anda sudah dapat menikmati beragam aktifitas keren di Embung Sriten hanya dengan membayar tiket masuk 3000 rupiah per orang.

Source by: ridiculoustravel

Source by: ridiculoustravel

Tips Berkunjung ke Embung Sriten

Untuk menuju ke kawasan Embung Sriten memang masih cukup sulit, karena kawasan embung berada di daerah perbukitan yang cukup terjal. Oleh karena itu ada beberapa tips yang perlu diingat jika anda tertarik pergi ke Embung Sriten ini, antara lain:

  1. Usahakan menggunakan kendaraan yang tangguh seperti mobil offroad atau motor trail untuk mengoasai medan, dan tentunya sangat tidak disarankan berkendara dengan motor matic.
  2. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima serta rem yang berfungsi dengan baik.
  3. Jika hujan turun atau kondisi jalanan becek sehabis hujan, ada baiknya anda tidak melanjutkan perjalanan menuju puncak karena kondisi jalanan akan semakin terjal dan licin akibat lumpur pekat. Hal ini akan membahayakan anda karena potensi terpeleset saat berkendara akan semakin besar.
  4. Datanglah ketika saat matahari akan terbit dan terbenam, karena pemandangan dari atas embung akan semakin indah.
Artikel Lain:  Pantai Goa Cemara, Seperti Berada di Dunia yang Berbeda

Demikian ulasan lengkap mengenai Embung Sriten, pesona kolam di atas Awan yang dapat menjadi rekomendasi bagi anda untuk menikmati liburan yang tak terlupakan di Jogjakarta. Jangan lupa untuk membawa serta kamera anda untuk mendokumentasikan perjalanan yang tak terlupakan ini dan selamat berlibur.

Peta Embung Sriten

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...