Pantai Wediombo adalah pantai di Gunungkidul yang cukup terkenal. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini hampir berbatasan dengan pantai lain yang masuk dalam wilayah kabupatan Wonogiri. Dari Kota Wonosari, jarak pantai ini sekitar 40 kilometer.

Untuk mengunjungi pantai ini, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil. Hanya saja, walaupun jalan yang harus dilalui cukup lebar, para pengunjung harus ekstra hati-hati. Jalan menuju ke pantai ini naik turun serta berkelok-kelok. Ada dua jalur yang dapat dilalui. Jalur yang pertama adalah melalui jalur selatan, yaitu Tepus – Girisubo – Wediombo. Sedangkan jalur kedua adalah Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.

Walaupun nama Pantai Wediombo sudah terkenal, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, pengunjung yang datang ke pantai ini relatif sedikit. Mungkin ini disebabkan oleh letak pantai ini yang cukup terpencil. Saat tiba di Pantai Wediombo, para pengunjung dapat memarkir kendaraan mereka di areal parkir yang letaknya di atas bukit. Dari atas bukit tersebut, para pengunjung dapat melihat keindahan bentangan Samudera Hindia. Untuk menuju ke pantai, mereka harus berjalan menuruni puluhan anak tangga. Pantai Wediombo memiliki hamparan pasir putih. Menurut para ahli, pasir putih pantai ini merupakan hasil dari gempuran ombak terhadap perbukitan karst. Sesuai dengan nama Wediombo, hamparan pasir di pantai ini cukup luas.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para pengunjung saat mereka sedang berada di Pantai Wediombo. Mereka yang hobi memancing dapat memancing dari atas bukit karang yang ada di pantai ini. Memancing di pantai ini sangat menantang karena para pemancing harus berhadapan dengan ombak ganas yang tiada hentinya menghempas bukit karang. Beberapa jenis ikan yang dapat dipancing di daerah ini adalah kerapu, tenggiri, cucut, dan kakap batu. Para pengunjung yang datang ke Pantai Wediombo juga dapat berselancar karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Hanya saja, memang tidak banyak yang berselancar di pantai ini karena olahraga selancar itu sendiri kurang populer di daerah ini.

Artikel Lain:  Pantai Pok Tunggal, Pantai Indah yang Tersembunyi

Di sekitar Pantai Wediombo terdapat banyak pohon yang rindang. Jadi, para pengunjung dapat berteduh sembari menikmati indahnya pemandangan pantai. Walaupun jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul pantai ini relatif sepi pengunjung, fasilitas yang tersedia cukup memadai. Di pantai ini tersedia mushola dan kamar mandi umum. Bagi para pengunjung yang lapar, tersedia kios-kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Beberapa dari kios-kios tersebut juga menjual hasil tangkapan laut. Memang di Pantai Wediombo tidak tersedia penginapan. Tapi, para pengunjung yang ingin menginap dapat mendirikan tenda di tempat parkir yang letaknya di atas bukit, atau berkemah di dekat perumahan nelayan.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...