Seperti membantah kesan selama ini bahwa Gunungkidul adalah daerah yang kering, tandus, susah mendapatkan air, dan sebagainya. Di salah satu sudut Kabupaten Gunungkidul tepatnya di Desa Wisata Bleberan, terdapat air terjun dengan pemandangan indah yang tidak pernah kering atau berhenti mengalir di segala musim.

Sepanjang perjalanan menuju salah satu objek wisata alam andalan Kabupaten Gunungkidul ini kita akan disuguhi sejuknya udara dan hijaunya pemandangan area persawahan dan hutan kayu putih. Trek yang kita lalui beragam, mulai dari jalan aspal halus, sampai jalur cor.

Setiba di area parkiran yang sekaligus tempat pemancingan, kita bisa memilih antara dua cara menuju lokasi air terjun, cara pertama adalah dengan menelusuri jalan setapak melintasi sawah dengan pemandangan yang sejuk dan menenangkan, atau cara kedua yakni menggunakan rakit kayu melawan arus sungai Oya dengan ditemani indahnya pemandangan kanan-kiri sungai dengan hijaunya pohon-pohon dan kokohnya dinding-dinding tebing Karst.

Di ujung perjalanan kita akan disambut oleh gemuruh air terjun dengan susunan bebatuan yang tertata secara alami di bawah air terjun membentuk susunan berundak seperti air terjun buatan di kolam mewah.

Dinginnya air terjun terasa menyegarkan. Kita bisa mencoba berdiri tepat di bawah air terjun, menikmati sensasi pijatan air yang jatuh menghantam tubuh. Menurut penuturan warga setempat, air terjun Sri Gethuk ini selalu mengalir tanpa mengenal musim. Keindahan pemandangan air terjun dengan batu-batu alamnya, serta pemandangan hijau disekitar air terjun dan melimpahnya air membuat kita lupa bahwa kita sedang berada di Gunungkidul yang terkenal kering dan gersang.

Tidak jauh dari lokasi Air Terjun Sri Gethuk juga terdapat objek wisata menarik lain yang sayang dilewatkan, yakni Goa Rancang Kencono. Goa ini memiliki keunikan dengan adanya pohon besar menjulang seperti menembus area goa. Jika anda mengunjungi Goa ini, jangan lupa membawa alat penerangan berupa senter, karena kondisi bagian dalam goa yang gelap.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...