Suasana dan detik-detik fenomena terbenamnya matahari di garis horizon selalu menjadi daya tarik tersendiri. Semburat cahaya matahari berwarna jingga kemerahan dengan latar langit yang membiru pekat membuat suasana menjadi syahdu dan romantis. Tidak salah jika banyak orang yang rela pergi ke tempat-tempat eksotis sekedar untuk menikmati pemandangan tersebut.

Di Jogja sendiri kita bisa menemukan beberapa spot yang menarik untuk menikmati sunset, dan berikut ini adalah 5 tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja :

Kraton Ratu Boko

Lokasi eksotis pertama untuk menikmati sunset di Jogja adalah Kraton Ratu Boko. Selain menawarkan wisata sejarah, situs yang merupakan peninggalan Keraton Ratu Boko ini juga menyajikan pemandangan alam yang eksotis. Di sebelah utara candi kita bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah menjulang.

Spot terbaik untuk menikmati senja Candi Boko adalah di Plaza Andrawina. Di sini Kita bisa menikmati detik-detik peristiwa terbenamnya matahari dengan langit keemasannya sambil menikmati minuman teh hangat.

Setelah puas menjelajahi komplek candi dan menikmati suasana sunset. Kita bisa melanjutkan dinner romantis di Plaza Andrawina. Dari sini kita bisa menikmati suasana malam yang tak kalah indahnya, dengan Candi Prambanan yang kokoh berdiri bermandikan cahaya lampu sorot.

Untuk masuk ke objek Candi Boko kita dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 35.000. Di sini juga tersedia musholla dan toilet.

Embung Nglanggeran

Sunset Embung Nglanggeran

 Tempat menarik kedua untuk menikmati sunset di Jogja adalah Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Embung Nglanggeran merupakan telaga buatan yang berada di atas bukit bernama Gunung Gandu. Puncak bukit tersebut dipotong dan dikeruk dijadikan sebagai telaga tadah hujan untuk mengairi kebun buah seluas 20 ha di sekitarnya.

Artikel Lain:  Menengok Legenda Kawah Sikidang Dieng Wonosobo

Ada dua lokasi menarik di sini untuk menikmati sunset. Yang pertama tentunya di sekitaran Embung ini sendiri. Disini kita bisa berfoto atau sekedar menikmati pemandangan terbenamya matahari dengan pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran di sebelah utara. Cahaya matahari yang memantul di atas air embung memunculkan keindahan tersendiri yang susah didapat di tempat lain di Jogja.

Atau jika kita ingin sedikit menikmati sensasi petualangan mendaki gunung, kita bisa menikmati pemandangan sunset dari gardu pandang atau bahkan dari puncak Gunung Purba Nglanggeran.

Jangan khawatir karena tinggi gunung ini hanya 700 mdpl dan dibutuhkan waktu antara 45 menit sampai 1 jam untuk mencapai puncaknya.

Jika dari embung kita bisa menikmati sunset dengan hamparan telaga dan Gunung Purba Nglanggeran, maka dari puncak Gunung Purba kita bisa menikmati pemandangan sunset dengan hamparan bukit-bukit dan kota Jogja di sebelah barat.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang paling populer di Jogja. Terletak 27 KM di selatan pusat kota Jogja, pantai ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati sunset berikutnya.

Jika kita beruntung dengan cuaca yang cerah dan matahari yang berada agak ke selatan, maka kita akan mendapatkan sunset yang sempurna. Matahari akan tampak menghilang perlahan di garis horizon menyisakan cahaya jingga keemasan yang memancar memerahkan langit.

Bukit Bintang

 

Bukit bintang, atau juga dikenal dengan bukit cinta adalah spot kece selanjutnya untuk menikmati sunset di Jogja. Bukit bintang berada di jalur utama Jogja-Wonosari, tepatnya di bukit Patuk Gunung Kidul.

Tempat ini dinamakan Bukit Bintang karena lokasinya yang berada di tepi bukit dan jika kita menghadap ke barat maka kita akan disuguhi hamparan kota Jogja di bawah yang akan terlihat makin indah dengan kelap-kelip lampunya ketika malam hari.

Artikel Lain:  Keistimewaan Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Dari sini jika cuaca mendukung kita dapat melihat matahari yang tenggelam tanpa terhalang oleh apa pun.

Di sini juga terdapat banyak pedagang kuliner, mulai dari jagung bakar, sampai restoran yang siap menemani kita menikmati malam di atas hamparan kota Jogja yang tampak berkelap-kelip seperti bintang.

Tempat ini bisa menjadi alternatif menikmati sunset yang murah meriah. Dengan ditemani jagung bakar dan segelas teh hangat kita bisa menikmati suasana sunset dan malam yang romantis.

Candi Prambanan

Objek candi Hindu terbesar di Jawa ini menjadi tempat eksotis berikutnya untuk menikmati sunset di Jogja. Candi Prambanan tidak lepas dari kisah cinta penuh intrik di belakangnya, tentang Bandung Bondowoso yang diminta membuat 1000 candi demi mendapatkan cinta Roro Jonggrang namun gagal karena tipu daya Roro Jongg

Berbeda dengan kisah legenda di belakangnya yang berselimut kemarahan dan kekecewaan, sebaliknya Candi Prambanan malah memberikan nuansa yang romantis dan indah luar biasa ketika sunset.

Bagi pecinta fotografi atau penikmat sunset, kita akan dimanjakan dengan suguhan suasana remang terbenamnya matahari dengan langit yang kemerahan berlatar depan (fore ground) siluet Candi Prambanan.

Keindahan Candi Prambanan akan makin tampak ketika malam hari dimana bangunan-bangunan candi utama tampak mencolok bermandikan lampu sorot.

Jogja sebagai kota wisata memang banyak menawarkan alternatif wisata yang eksotis dan unik. Salah satunya adalah berburu sunset. Selain 5 contoh di atas juga masih banyak tempat-tempat menarik untuk menikmati sunset yang mungkin belum terlalu terekspos.

Untuk menikmati sunset dengan murah meriah kita bisa langsung menuju bukit bintang, atau jika kita suka berpetualang maka bukit dan embung Nglanggeran bisa jadi pilihan yang menarik. Atau anda penggemar wisata pantai? Nikmati sunset yang indah dari pantai Parangtritis tentu saja. Sedangkan untuk anda yang ingin menikmati sunset sekaligus berwisata sejarah, objek candi Prambanan atau candi Boko bisa dimasukkan ke dalam list tempat kunjungan anda.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.88 out of 5)
Loading...