Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan banyaknya pantai baru dengan tampilan yang masih asri dan alami. Gunungkidul memberikan keindahan semesta dengan deretan pantai yang tersembunyi di Jogja. Berikut 5 Pantai Rekomen di Gunungkidul:

Pantai Ngobaran

Source by: ceriwis

Pantai Ngobaran sangat menarik karena disana terdapat Pura, yaitu tempat ibadah untuk Agama Hindu. Di dekat Pura juga ada mushola kecil untuk beribadah Agama Islam, yang unik mushola ini menghadap ke selatan, tetapi para penduduk tetap melakukan sholat dengan menghadap ke arah kiblat. Di sebelah bawah atau pantai nya, juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawen. Jika kita ambil kesimpulan, pantai ngobaran ini memiliki simbol toleransi. Rute menuju ke Pantai Ngobaran adalah melewati Jalan Wonosari. Dari kota jogja menuju ke arah Jalan Wonosari, lalu naik ke arah Kota Wonosari, ambil arah ke Pantai Baron. sampai di pertigaan, ambil kanan, nanti di kiri jalan sudah ada petunjuk ke arah Pantai Ngobaran.

Pantai Nglambor

Source by: lookjogja

Pantai Nglambor menyajikan keindahan tersendiri. Pantai Nglambor terkenal dengan keindahan bawah laut yang harus dijaga oleh semua pihak khususnya para wisatawan. Di pantai ini Anda dapat melakukan penyelaman bawah laut dengan menggunakan peralatan snorkel. Jika Anda tidak mempunyai peralatan snorkel, Anda dapat menyewanya di penyewaan alat-alat selam yang ada di Pantai Nglambor. Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang dijadikan untuk konservatif flora dan fauna pantai. Saat Anda berenang atau bermain di Pantai Nglambor ini, Anda harus sangat berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang dan selalu menjaga kebersihan.

Pantai Nglambor berada di alamat Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai ini, dapat di tempuh dari jalan utama Jogja-Wonosari.

Artikel Lain:  Open Trip Karimunjawa 3 Hari 2 Malam

Pantai Sadranan

Source by: joglowisata

Tidak hanya Pantai Nglambor yang bisa digunakan untuk snorkling di Gunungkidul. Ada beberapa pantai lain di Gunungkidul yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan bawah laut, salah satunya adalah Pantai Sadranan. Untuk snorkeling di pantai ini, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling. Waktu yang cocok untuk snorkeling adalah pagi hari antara jam 06.00-08.00 pagi. Jika di sore hari antara jam 16.00 – 18.00. Kebanyakan wisatawan lebih memilih di sore hari sambil menikmati sunset yang sangat menawan.

Rute menuju pantai sadranan juga sangat mudah. Dari kota Jogja langsung saja menuju ke Gunungkidul melewati jalan Wonosari. Setelah sampai di kota wonosari, ambil kanan ke arah Pantai Baron. Setelah sampai di Pantai Baron masih ketimur lagi nanti di kanan jalan sudah ada papan nama menuju Pantai Sadranan.

Pantai Ngeden

Source by: arumkhasanna

Pantai Ngeden memiliki pasir yang luas dan cocok untuk bermain air. Di sini Anda tidak hanya bermain air di pantai, namun juga bisa menikmati panorama laut dan pegunungan karst Gunungkidul dari bukit-bukit di sekitar Pantai Ngeden.

Rute menuju Pantai Ngeden, dari Jogja ambil jalan menuju Jalan Wonosari, ikuti jalan Wonosari melewati Bukit Bintang, Hutan Bunder dan saat sampai di pertigaan lapangan terbang gading, ambil arah ke paliyan atau pantai Ngobaran. Ikuti jalan tersebut melewati Paliyan, Suaka Marga Satwa Paliyan, hingga sampai di jalan besar Gunungkidul­Imogiri. Ambil ke arah barat sampai menemukan jalan baru (seperti jembatan) yang sebelah kanannya berupa Makam Jeda, setelah melewati makam ada pertigaan, ambil kiri memasuki pertigaan, ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan tugu. Ambil kiri dan ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Pantai Ngedan.

Artikel Lain:  Berwisata ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wediombo

Source by: piknikasik

Ciri khas Pantai Wediombo adalah gugusan batu karang di beberapa titik sekitar pantai selain itu ada semacam kolam alami yang tidak jauh dari Pantai Wediombo dan Anda bisa menceburkan diri di sana untuk menyegarkan diri tanpa khawatir terseret ombak. Kolam renang alami ini terbentuk dari air laut yang menerjang masuk ke daratan dan terjebak di antara sekumpulan batu karang. Di sini Anda juga bisa melihat ikan-ikan kecil penghuni kolam berseliweran. Semua tampak jelas karena air kolam alami Pantai Wediombo ini jernih sekali dengan warna hijau kebiruan.

Rute menuju Pantai Wediombo adalah dengan menyusuri jalan penghubung pantai-pantai Gunungkidul, terus aja sampai Tepus, kemudian Girisubo. Kalau sudah melewati daerah Girisubo artinya Anda sudah hampir sampai di Pantai Wediombo.

Dapatkan Informasi Seputar Wisata di Jogja

Daftar ke mailing list dan dapatkan informasi wisata dan PROMO paket wisata dari kami.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...