Kegiatan liburan di desa wisata yang ada di Jogja saat ini menjadi pilihan para wisatawan, sehingga terdapat rekomendasi 5 lokasi outbound di Jogja yang dapat menjadi jadwal liburan. Untuk mengisi kegiatan liburan yang asik, Jogja selalu menawarkan beragam pilihan destinasi wisata yang sayang jika harus dilewatkan. Salah satunya yaitu seperti yang telah disebutkan di atas yaitu menikmati suasana pedesaan di Jogja dengan wahana outbound yang cocok untuk melepaskan penat, atau dengan kata lain untuk melakukan refresing.

Kegiatan outbound di desa wisata atau tur di tempat wisata dengan sebuah areal pedesaan umumnya juga akan dilengkapi dengan berbagai jenis kegiatan wisata lainnya. Seperti misalnya belajar membatik atau kerajinan tangan yang khas dari penduduk setempat, belajar alat musik tradisional seperti halnya gamelan, menangkap ikan di sungai, bahkan juga mandi di sana. Selain itu dapat juga melakukan kegiatan khas para petani seperti membajak sawah dengan kerbau, menanam padi, hingga ikut membantu atau membuat sajian kuliner dengan alat dan cara memasak yang biasanya juga masih tradisional.

Tentunya hal ini akan sangat menarik minat para wisatawan untuk melakukan perjalanan Libran ke desa wisata. Khususnya bagi para pecinta outbound, mereka akan selalu mencari tempat dengan suasana yang asik dan berbeda-beda dalam berburu kegiatan outbound tersebut. Sehingga Jogja yang memiliki panorama serta keindahan alam untuk sebagian tempat wisatanya selalu menjadi incaran para pecinta rekreasi tersebut.

Lokasi wisata outbond yang ada di Jogja

Berikut beberapa tujuan atau destinasi wisata yang bisa dijadikan tempat untuk berlibur yang ada di daerah istimewa Yogyakarta, yaitu di antaranya adalah;

Banyusumilir outbound

Source by: banyusumilir

Source by: banyusumilir

Atau dikenal juga dengan Banyu Sumilir Center yang terletak di kawasan Pasar Perjuangan Srowolan, di Dusun Srowolan. Tepatnya di Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini juga bahkan telah terkenal dan menjadikan metode dari outbound sebagai variasi untuk pembelajaran. Dengan kata lain, para wisatawan seperti siswa atau peserta didik akan diajak untuk melakukan kegiata belajar namun di alam terbuka. Pihak dari Banyu Sumilir Outbound Center ini meyakini dengan adanya menggunakan metode tersebut, akan memberikan kontribusi yang lebih positif khususnya untuk mendapatkan kesuksesan dalam belajar bagi para peserta didik. Selain itu juga, para peserta didik akan diajarkan atau menjalani pembelajaran yang dilakukan dengan cara-cara yang lebih kreatif dan juga atraktif. Sehingga selain menikmati suguhan khas dari suasana dan juga keindahan dari panorama alam, juga akan memiliki aktifitas yang lebih terasa nyaman dan juga menyenangkan.

Artikel Lain:  Huntan Mangrove Kulon Progo, Wisata Sekaligus Edukasi

Kali Boyong Camp Outbound

Source by: KaliBoyongCampOutbound

Source by: KaliBoyongCampOutbound

Tempat wisata dengan tawaran outbound ini memiliki sebuah kawasan atau area yang nyaman namun juga eksklusif. Umumnya, rombongan sekolah, perusahaan maupun keluarga menghabiskan waktu berlibur atau refresing di tempat ini. Terlebih bagi mereka yang menginginkan kegiatan di alam yang lebih terbuka dan juga sejuk. Berada di Jalan Turi Pakem, dengan pemandangan sungai Mboyong yang berlatar belakang gunung merapi. Tempat ini memang dirancang untuk beragam wahana outbound dengan alurnya yang dinamis. Tak heran jika tempat wisata ini memiliki wahana yang beralur seperti halnya sebuah cerita. Beragam jenis layanan yang diandalkan yaitu seperti paket outbound dengan puluhan wahana yang bisa dipilih, permainan yang menyenangkan di area terbuka sebagai layanan terbaik, perkemahan atau melakukan kegiatan kemping di sana, hingga layanan untuk para murid taman kanak-kanak dan juga sekolah dasar yang akan memberikan pelajaran inspiratif bagi anak-anak agar lebih berani dan juga akrab dengan alam.

Karangsari outbound

Source by: Karangsari

Source by: Karangsari

Berada di lokasi Dusun Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di sini merupakan agrowisata yang kemudian lebih dikenal sebagai Karangsari outbound dengan fasilitas atau wahana outbound-nya. Namun selain wahana tersebut, juga terdapat area perkemahan, pemancingan ikan, rumah penginapan, hingga restoran. meskipun terkesan modern, namun tempat wisata ini masih tetap memiliki suguhan dari alam, baik soal kesejukan maupun keasriannya. Tempat ini juga memiliki latar belakang gunung merapi dengan potensinya yang sangat beragam Sebagai salah satu desa wisata yang dimunculkan di Jogja, Karangsari outbound dengan latar belakang gunung merapi sebagai ikon dari wisata alamnya ini juga berada di kawasan atau wilayah bagian Utara dengan kawasan dari lereng gunung seperti halnya Tempel, Turi, Pakem, dan juga Cangkringan. Bukan hanya paket outbound saja, mulai dari susur sungai dan paket wisata khusus seperti paket pertanian yang akan mengajak para pengunjung untuk membajak sawah, memanen padi atau sayuran, hingga paket perkebunan yang meliputi cara pembudidaya salak dan juga memetik buah salak. Adapun paket peternakan, para pengunjung akan diajak untuk mengetahui cara beternak sapi, kerbau, maupun kambing, juga bagaimana mengurus para hewan ternak mulai dari memberi makan hingga memandikan hewan ternak tersebut. Adapun paket budaya yang ditawarkan di sana adalah belajar tentang karawitan dan alat musik gamelan. Bahkan para pecinta kuliner pun akan merasakan menu aneka olahan yang tradisional.

Artikel Lain:  Menguji Nyali di Pantai Timang

Brayut outbound

Source by: Yogyakarta.panduanwisata

Source by: Yogyakarta.panduanwisata

Berada di kawasan Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Desa ini memiliki basis di bidang pertanian, sehingga para pengunjung bisa menikmati sensasi tinggal di desa. Yaitu yang lengkap dengan segala rutinitas para penduduk setempat seperti halnya menanam padi, belajar untuk membatik, belajar alat musik tradisional yang biasanya berupa gamelan, menangkap ikan, hingga mandi di sungai yang tentunya masih sangat bersih. Dengan kentalnya suasana dan juga nuansa akan kehidupan masyarakat Jawa secara tradisional, paket wisata yang ada di Brayut outbound menjadi terkenal juga bagi para pecinta wisata secara alam. Umumnya, untuk melakukan gathering juga para rombongan wisatawan dapat memilih tempat wisata ini. Baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa cocok untuk melakukan kegiatan di alam terbuka, di sini.

Pindul adventure park

Source by: justgola

Source by: justgola

Terdapat goa Pindul yang dijadikan sebagai area untuk melakukan outbound. Goa ini berada di Gunung Kidul dengan tawaran dari pemandangannya yang sangat indah dan juga eksotis sehingga akan menjadi sebuah liburan yang sulit untuk dilupakan. Bermain outbound di sini pun akan menjadi suatu hal yang berbeda karena para pengunjung atau peserta outbound akan melakukan cave tubing. Yaitu para peserta akan berbaring di atas ban karet sambil menikmati pemandangan di dalam gua dan juga hanyut mengikuti arus sungai di bawah tanah yang tentunya dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok tanpa terlepas dari panduan instruktur yang telah berpengalaman.

Itulah 5 lokasi outbound di Jogja untuk menemani dan juga menghabiskan waktu liburan, baik bersama teman maupun bersama dengan keluarga.

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...