Objek wisata di Yoyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain objek wisata alam, kini objek wisata yang lain mulai dikembangkan di Yogyakarta khususnya di kawasan Gunung Kidul dan Kulonprogo mulai melakukan pengembangan berbagai tempat wisata untuk menjadikan desa wisata di daerah itu, salah satu pembangunannya adalah pembangunan Embung. Berikut 5 Embung Cantik Di Yogyakarta:

Embung Gunung Panggung

Source by: kedaisusu01

Embung Gunung Panggung atau Embung Tambakromo terletak di Padukuhan Klepu Desa Tambakromo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Embung Gunung Panggung atau Embung Tambakromo ada di atas perbukitan perbatasan antara Kecamatan Semin di sebelah Utara, Kecamatan Ponjong di sebelah Barat dan Selatan, serta Kabupaten Wonogiri di sisi Timur. Di puncak dan sekitar kawasan embung, Waduk Gajah Mungkur maupun wilayah Wonogiri jaraknya terlihat sangat dekat dan indah. Menyenangkan, menikmati panorama alam kawasan di bawahnya dengan berbagai spot dan view menarik untuk didokumentasikan. Jalan menuju lokasi relatif mudah dijangkau dan aman. Perlu berjalan kaki ± 200 meter naik ke atas bukit dari area parkir.

Rute dari Jogja : Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Sambipitu » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun-alun Wonosari » Pertigaan Bangjo Branang » Selang » Wiladeg » Pertigaan Kelor lurus » Perempatan Srimpi lurus » Pertigaan Jalan Mati lurus » Proliman Ponjong belok kiri arah Sumbergiri » SMK Muh Ponjong » Balai Desa Sumbergiri » Pertigaan Sawahan ke kanan » Balai Desa Tambakromo » Pertigaan Sebelum Pasar Jimbaran ke kiri » Masjid Al Ikhlas Klepu » Embung Gunung Panggung atau Embung Tambakromo

Embung Jlamprong

Source by: krjogja

Embung Jlamprong ini dibangun di dataran rendah dan memanfaatkan tanah seluas 1,5 hektare. Akses menuju ke Embung Jlamprong pun sangat mudah karena dibangun di dataran rendah. Fasilitas yang berbeda akan dikembangkan oleh pihak desa,yaitu akan memfasilitasi wisatawan dengan memanfaatkan angkutan lokal berupa sewa sepeda dan ojek motor untuk menuju ke tempat wisata lainnya seperti Goa Jlamprong dan sumber mata air Ngreneng.

Embung Kleco

Source by: mandrapahlawa

Meski tidak sebesar Waduk Sermo, di Embung Kleco Anda bisa menikmati keindahan Kulon Progo dari ketinggian dengan hamparan pohon-pohon dan bukit. Selain itu, Embung di perbukitan Menoreh ini juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat sunset. Di Embung Kleco, Anda dapat melihat hamparan pohon-pohon dan bukit dari atas waduk. Saat pagi hari bisa melihat birunya langit dan pemandangan gunung berapi.

Akses menuju obyek wisata ini terbilang mudah berikut rute yang bisa Anda pilih:

Dari kota Yogyakarta : kota Jogja – Jln. Godean – sungai progo – Jln. Nanggulan – Janti-pertigaan belok kanan – balai desa Girimulyo – sebelum Jln. kiskendo belok kiri dan ikuti jalan sampai ke dusun ngesong.

Embung Nglanggeran

Source by: joglowisata

Embung Nglanggeran adalah objek wisata berupa waduk tampungan air buatan yang berada di kawasan ekowisata gunung api purba Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata ini berada kurang lebih 1,5 km dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Apabila suasana cukup terik pada siang hari maka pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil berteduh di pendopo yang sudah disediakan pengelola dibagian atas dari Embung.

Rute menuju Embung Nglanggeran bila Anda dari Jogja pastinya harus melewati Jalan Jogja-Wonosari. Silahkan ikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di Piyungan yang lokasinya sebelum naik ke gunung dan melewati Bukit Bintang.

Embung Batara Sriten

Source by: piknikasik

Embung Sriten ini terletak di kawasan wisata tirta Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Batara Sriten diambil dari singkatan nama lokasi embung ini yang terletak di Batur Agung tepatnya di daerah Padukuhan Sriten. Ketika memasuki kawasan Embung Sriten, Anda akan diajak untuk melihat keindahan telaga luas nan indah diatas ketinggian lebih dari 800 mdpl. Suasana pagi di Embung Sriten akan memanjakan wisatawan untuk menikmati sunrise dan udara segar pegunungan yang menyejukkan.

Lokasi Embung Sriten ini terletak di Bukit Sumilir, Sriten, Kabupaten Gunung Kidul. Akses menuju lokasi dari Yogyakarta mengambil arah ke Jalan Wonosari kemudian ke Piyungan dan belok kiri di Pertigaan Sambipitu untuk menuju ke arah Nglipar. Setelah menemui Perkebunan Hutan Kayu Putih, ambil arah ke Jalan Nglipar-Ngawen. Ambil kiri pada saat menemui pertigaan timur Kantor Desa Pilangrejo. Ikuti jalan aspal dan penunjuk arah menuju Embung Sriten dan Pegunungan Baturagung.